Nadhira Afifa: Sosok Inspiratif Lulusan Harvard University

Pernah mendengar nama Nadhira Afifa?

Nadhira Nuraini Afifa atau yang kerap disapa atau Nadhira ini adalah salah satu content creator Indonesia yang cukup dikenal namanya di media sosial. Itu lantaran berbagai video unggahannya di platform berbagi video, Youtube.

Namun, tahukah kamu, kalau selain menjadi content creator, Nadhira Afifa juga adalah seorang dokter lulusan salah satu universitas terbaik di Indonesia dan dunia, lho? Lantas, di mana saja Nadhira dulu menempuh studinya? Simak biografi Nadhira Afifa dan latar belakang pendidikan sosok inspiratif yang terpilih menjadi commencement speaker di Harvard University pada tahun 2020 di bawah ini.

Biografi Nadhira Afifa

Di usianya yang masih tergolong muda, Nadhira Afifa memiliki pengalaman karier dan pendidikan yang cukup panjang. Perempuan kelahiran 14 Maret 1995 ini menyelesaikan pendidikan jenjang menengahnya di SMPN 1 Bekasi dan SMAN 1 Bekasi sebelum kemudian melanjutkan studi di jurusan Kedokteran di salah satu universitas terbaik di Indonesia, Universitas Indonesia.

Sebagai seorang dokter, Nadhira tercatat pernah membuka praktek dokter umum di daerah Nusa Tenggara Barat dan secara konsisten memberikan berbagai penyuluhan tentang kesehatan di berbagai kesempatan. Selain itu, Nadhira juga pernah bekerja sebagai salah satu executive staff di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia pada 2021.

Selain kesibukannya sebagai tenaga kesehatan, Nadhira juga cukup aktif di berbagai media sosial dengan membagikan banyak informasi seputar kesehatan dan pengalaman menjadi pelajar internasional di luar negeri. Saat ini, kanal Youtube Nadhira Nuraini Afifa tercatat sudah memiliki lebih dari 263 ribu subscribers, dengan puluhan video yang telah ditonton oleh ribuan hingga ratusan ribu penonton.

Terakhir, Nadhira juga aktif sebagai pendiri Limitless Foundation (Yayasan Gapai Tanpa Batas), sebuah organisasi nirlaba yang memiliki tujuan memberikan akses informasi dan finansial untuk mencapai kesetaraan pendidikan bagi seluruh pelajar di Indonesia.

 

Baca Juga: Kulik 4 Universitas Dengan Jurusan Kedokteran Terbaik

Latar belakang pendidikan Nadhira Afifa

Selain karier yang sukses sebagai seorang dokter, content creators dan pendiri yayasan nirlaba, Nadhira juga memiliki latar belakang pendidikan yang membanggakan. Tidak hanya lulus dari salah satu universitas terbaik di Indonesia, Nadhira juga melanjutkan studi jenjang S2 di salah satu universitas terbaik dunia, Harvard University, dengan menggunakan beasiswa LPDP dari Pemerintah Indonesia. Nadhira sendiri mengambil jurusan public health yang berada di bawah Harvard T.H Chan School of Public Health dengan fokus konsentrasi di bidang nutrisi.

Harvard University

Harvard University barangkali adalah nama universitas yang paling akrab di telinga semua pelajar di seluruh penjuru dunia. Universitas yang berlokasi di Cambridge, Massachussets ini sudah berdiri sejak tahun 1636 dan merupakan salah satu instansi perguruan tinggi tertua di Amerika Serikat.

Harvard University juga secara konsisten terus berada dalam deretan perguruan tinggi terbaik di dunia. Berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS di tahun 2023, Harvard University berhasil menduduki peringkat 5 dalam deretan universitas terbaik dunia.

Saat ini, Harvard University membuka berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan baik sarjana maupun pascasarjana. Beberapa program studi paling populer di Harvard University antara lain:

  1. Political Science and Government;
  2. Economics;
  3. Social Sciences;
  4. Evolutionary Biology;
  5. Psychology.

 

Harvard University dikenal sebagai salah satu universitas di dunia yang paling sulit ditembus dengan tingkat penerimaan mahasiswa baru yang hanya berkisar sekitar 3.19% (dengan kata lain, dari 100 pelamar, hanya 3 orang saja yang diterima masuk ke Harvard University).

Meskipun demikian, tentu saja Harvard University juga menawarkan pengalaman belajar yang tidak bisa ditemukan di universitas lainnya di dunia. Selain kesempatan untuk berada dalam satu almamater dengan tokoh terkenal dunia seperti mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, George W. Bush, John F. Kennedy dan masih banyak lagi, kamu juga bisa memiliki kesempatan untuk menikmati berbagai fasilitas pendidikan kelas dunia di Harvard University.

Beberapa di antaranya, seperti Widener Memorial Library, sebuah perpustakaan yang memiliki koleksi hingga mencapai lebih dari 3.5 juta koleksi buku yang tersebar di 10 lantai dan 92 kilometer rak perpustakaan, 450 organisasi kemahasiswaan yang bisa diikuti hingga tenaga pengajar yang terdiri dari pemenang Nobel Prize, dan anggota Academy of Sciences.

Tentu saja, kuliah di Harvard University berarti berada di tengah-tengah banyak peluang membangun network dengan tidak sedikit orang berpengaruh di bidang studi masing-masing. Lulusan Harvard University sendiri memiliki employability rate (kemampuan lulusan universitas untuk mendapatkan pekerjaan sesuai spesialisasi yang mereka miliki) cukup tinggi yang berkisar di angka 86% pada tahun 2021.

 

Baca Juga: Ingin Masuk ke Harvard University? Simak Ulasan Ini Untuk Mengetahui Panduan Masuknya

 

Rekomendasi bimbingan lolos ke universitas luar negeri seperti Nadhira Afifa

Ingin lolos masuk ke universitas luar negeri atau menembus beasiswa LPDP seperti Nadhira Afifa? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Nadhira Afifa