Mengenal National University of Singapore (NUS)

Berminat untuk kuliah di perguruan tinggi kelas dunia di negeri yang tidak terlalu jauh dari Indonesia?

Tidak ada salahnya kalau kamu mencoba melihat National University of Singapore (NUS), yang merupakan perguruan tinggi terbaik di negara tetangga Indonesia, Singapura. Apa saja program studi yang ditawarkan oleh NUS dan bagaimana cara mendaftar ke salah satu universitas terbaik di Asia dan dunia ini? Simak berbagai informasi menarik tentang NUS di bawah ini.

General Info Tentang National University of Singapore (NUS)  

National University of Singapore (NUS) merupakan salah satu universitas tertua yang pernah berdiri di Singapura. Universitas negeri berorientasi riset ini sudah berdiri sebagai sekolah medis sejak tahun 1905, sebelum kemudian mengalami transisi dan berubah nama menjadi National University of Singapore (NUS) pada tahun 1962.

Saat ini, NUS berhasil menjadi perguruan tinggi terbaik di Singapura dan Asia berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2023. Tidak hanya itu – masih berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS 2023, NUS juga berhasil menduduki peringkat 11 dalam deretan perguruan tinggi terbaik di dunia.

Salah satu hal menarik lain yang bisa dijumpai di NUS adalah kemampuan riset yang kuat. Beberapa fasilitas yang dimiliki NUS yang mendukung kegiatan riset antara lain 35 research institutes and centres, 5 (lima) research centres of excellence dan 4 (empat) corporate laboratories. Hingga Januari 2023, NUS sudah menghasilkan kurang lebih 12.011 publikasi akademik dari hasil penelitian yang dilakukan di universitas.

Baca Juga: Ingin Kuliah Gratis di Singapura? Coba Cek Beasiswa Satu Ini

Program Studi Yang Ditawarkan National University of Singapore (NUS)

Saat ini, NUS menawarkan berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan yang tersebar di 16 divisi akademik (colleges, faculties dan schools). Beberapa program studi terbaik yang dibuka di NUS antara lain :

  1. Architecture/Built Environment
  2. Computer Science and Information Systems
  3. Engineering – Chemical
  4. Engineering – Civil & Structural
  5. Engineering – Electrival & Electronic
  6. Engineering – Mechanical, Aeronautical & Manufacturing
  7. Environmental Sciences
  8. Pharmacy & Pharmacology
  9. Social Policy and Administration
  10. Statistics & Operational Research

Selain program studi regular, NUS juga menawarkan program studi khusus seperti Concurrent Degree Programme yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan gelar di jenjang S1 dan S2 sekaligus, Joint Degree Programme yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan 2 (dua) gelar dari 2 (dua) institusi berbeda serta Double Degree Programmes yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan 2 (dua) gelar di bidang studi berbeda dari NUS.

Tertarik melanjutkan pendidikan di National University of Singapore (NUS) dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert?

Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di National University of Singapore (NUS), beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

Persyaratan Masuk National University of Singapore (NUS)

Untuk mendaftar masuk ke NUS, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi sesuai dengan jenjang pendidikan yang dituju.

Persyaratan Masuk Jenjang Sarjana

Untuk jenjang sarjana, berikut adalah beberapa persyaratan umum yang diperlukan untuk mendaftar NUS :

  1. Untuk pelajar Indonesia, memiliki hasil Ujian Nasional atau Ijazah SMA atau hasil rapot SMA Kelas 11 Semester 2 dan Kelas 12 Semester 1 dengan hasil memuaskan. Pendaftar juga dapat menyertakan kualifikasi akademik lainnya yang setara dan diakui NUS seperti A Level atau International Baccalaureate (IB) Diploma.  
  2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris baik yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil IELTS dengan skor minimal 6.5/TOEFL iBT dengan skor minimal 92-93/PTE Academic dengan skor minimal 62 atau tes bahasa Inggris lainnya yang setara.

Persyaratan Masuk Jenjang Pasca Sarjana

Untuk jenjang pasca sarjana, persyaratan masuk yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung program studi yang dituju. Namun beberapa persyaratan umum yang biasanya dibutuhkan antara lain :

  1. Lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya dengan hasil memuaskan.
  2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris baik yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil IELTS, TOEFL iBT, PTE Academic atau tes bahasa Inggris lainnya yang setara.
  3. Untuk program studi Master by Research tertentu, calon mahasiswa yang bukan berasal dari NUS, NTU, SMU atau SUTD bisa jadi diminta untuk menyertakan hasil GRE (Graduate Record Examinations).
  4. Seluruh pendaftar program PhD harus menyertakan hasil GRE (Graduate Record Examinations).
  5. Pendaftar program Master Research atau PhD juga disarankan untuk mencari Thesis Advisor di NUS terlebih dahulu sebelum mendaftar ke universitas.    

Tertarik dengan beasiswa National University of Singapore (NUS) dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silakan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Beasiswa Yang Dapat Dicoba

Berikut adalah program beasiswa yang bisa kamu coba kalau kamu tertarik melanjutkan studi di NUS.

Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Indonesia kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang pasca sarjana, baik Master maupun Doktoral, di berbagai universitas di luar negeri, termasuk NUS.

ASEAN Undergraduate Scholarship

Program beasiswa ini dibuka oleh NUS untuk pelajar internasional jenjang S1 dari negara-negara ASEAN yang berminat melanjutkan studi penuh waktu di NUS. Selain itu, program ini juga dibuka untuk pelajar internasional yang mendaftar di program Double Degree, Joint Degree dan beberapa Concurrent Degree Programme.

Science and Technology Undergraduate Scholarship

Program beasiswa ini dibuka oleh NUS untuk pelajar internasional jenjang S1 yang berminat mendaftar program studi di bidang science and technology.

Baca Juga: Lihat 5 Daftar Universitas Terbaik di Singapura Buat Referensi Kamu

NUS Research Scholarship

Program beasiswa yang dibuka oleh NUS ini ditawarkan kepada pelajar internasional yang mendaftar di program studi graduate research di NUS.

NUS-Singa Scholarship

Program beasiswa yang dibuka oleh NUS dan Agency for Science, Technology and Research Singapore ini ditawarkan kepada pelajar internasional jenjang Doktoral di beberapa divisi akademik NUS berikut :

  1. Faculty of Engineering
  2. Faculty of Science
  3. School of Computing
  4. NUS Yong Loo Lin School of Medicine
  5. Duke – NUS Medical School

President’s Graduate Fellowship

Program beasiswa ini ditawarkan kepada mahasiswa jenjang Doktoral di seluruh program studi di NUS. Kandidat penerima beasiswa akan ditentukan langsung oleh universitas berdasarkan potensi riset atau pencapaian di bidang riset sebelumnya.

LKY School of Public Policy PhD Scholarship

Program beasiswa ini ditawarkan kepada mahasiswa jenjang Doktoral yang mendaftar di Fakultas Lee Kuan Yew School of Public Policy.

Kuok Foundation Scholarship

Program beasiswa ini dibuka untuk mahasiswa jenjang S1 yang berminat melanjutkan studi penuh waktu di NUS. Meskipun terbuka untuk seluruh program studi, prioritas pemberian beasiswa akan ditujukan kepada program studi terkait Science.

Rekomendasi Bimbingan Lolos National University of Singapore (NUS)

Ingin lolos masuk ke National University of Singapore (NUS)? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus National University of Singapore (NUS)? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester