Siapa Saja Sih Orang yang Cocok Masuk Jurusan Manajemen?

Jurusan manajemen yang umumnya berada di fakultas ekonomi, merupakan salah satu jurusan yang paling diminati oleh calon mahasiswa dari SMA, SMK, maupun MA. Hal ini karena lulusan jurusan manajemen memiliki prospek kerja yang dapat diterima di banyak tempat. Namun, ternyata ada beberapa ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan manajemen dibanding dengan yang lain. Kita akan bahas ciri-cirinya di artikel ini!

Namun sebelumnya, perlu kalian ketahui bahwa banyak pekerjaan yang memerlukan lulusan manajemen yang baik. Mulai dari restoran, kantor jasa, penjualan, kantor pemerintah, hingga sekolah memerlukan pegawai yang mampu mengatur manajemen agar perusahaan berada di jalur yang tepat untuk terus bertahan dan mendapat profit. Berikut adalah beberapa prospek kerja lulusan manajemen:

  1. Manajer;
  2. Analis;
  3. Sales;
  4. Pebisnis.

 

Untuk itulah, berbagai ilmu manajemen diajarkan dalam berbagai mata kuliah. Universitas yang menawarkan jurusan manajemen biasanya membagi konsentrasi jurusan kepada beberapa bidang. Beberapa bidang konsentrasi yang umumnya tersedia adalah:

  1. Manajemen Keuangan;
  2. Manajemen Pemasaran;
  3. Manajemen Manajemen SDM dan Organisasi;
  4. Manajemen Operasi;
  5. Manajemen Operasional;
  6. Manajemen Bisnis;
  7. Manajemen Perbankan.

Beberapa contoh mata kuliah yang ada di jurusan manajemen adalah:

  1. Dasar Logika Matematika;
  2. Wawasan Kewirausahaan;
  3. Pengenalan Bisnis & Manajemen;
  4. Pengenalan Akuntansi;
  5. Ekonomi Mikro dan Makro;
  6. Kewirausahaan Dasar;
  7. Hukum Bisnis;
  8. Statistika Bisnis;
  9. Pembangunan Berkelanjutan;
  10. Manajemen Pemasaran, dan masih banyak lagi.

 

Dari berbagai informasi di atas, apakah kalian makin tertarik untuk belajar manajemen? Jika belum, berikut adalah beberapa ciri-ciri orang yang cocok masuk jurusan manajemen. Coba kalian cek, apakah kalian masuk didalamnya?

 

Baca Juga : 10 Daftar Universitas Manajemen Terbaik yang Ada di Indonesia

 

Karakteristik orang yang cocok masuk jurusan manajemen

1. Mampu berkomunikasi publik maupun personal

Ciri-ciri ini diperlukan bagi mahasiswa jurusan manajemen karena di pekerjaan yang akan kalian miliki kelak, kalian akan dituntut untuk bekerja dengan banyak orang. Baik itu klien, rekan kerja, pimpinan perusahaan, dan lainnya.

2. Berpikir kritis

Kemampuan ini sangat diperlukan karena kalian harus melakukan manajemen berdasarkan hasil analisa data di lapangan dan untuk mengambil keputusan. Sebagai pegawai yang wajib mengatur banyak hal, kemampuan ini adalah wajib hukumnya untuk dipelajari dan dikembangkan.

3. Dapat belajar secara mandiri

Ilmu manajemen dapat berubah-ubah tergantung pada bidang pekerjaan yang kalian ambil. Untuk itulah fleksibilitas diri untuk terus belajar mutlak diperlukan agar kalian bisa menjadi manajer yang handal.

4. Memiliki kemampuan berhitung yang baik dan teliti

Jika kalian mengambil fokus manajemen akuntansi, maka kalian akan menghadapi banyak hal yang memerlukan kemampuan berhitung dengan cepat dan teliti.

5. Dapat bekerjasama

Dalam mengatur sebuah perusahaan, kalian tidak dapat bekerja sendiri. Untuk itulah, kalian harus dapat menjadi pegawai yang dapat bekerjasama dengan pegawai lain agar tercapai tujuan-tujuan perusahaan.

Untuk mengembangkan keahlian manajemen, belajar ilmu manajemen di dalam negeri saja mungkin tidak cukup. Jika kalian ingin mendapatkan kesempatan untuk membuka wawasan dan perspektif yang lebih luas pada ilmu manajemen, melanjutkan studi ke luar negeri adalah jawabannya. Selain itu, kalian juga bisa mendapatkan relasi dari berbagai negara di dunia yang kuliah di kampus yang sama.

 

Baca Juga : Penting! 8 Fakta Menarik Mengenai Jurusan Manajemen

 

Rekomendasi Persiapan Masuk Kuliah Jurusan Manajemen di Luar Negeri

Belajar di luar negeri gratis dengan beasiswa bukanlah hal yang sulit di jaman yang serba modern seperti sekarang. Schoters telah dipercaya ribuan calon mahasiswa karena memiliki pengalaman, mentor yang terpercaya, serta beragam produk yang membantu calon mahasiswa mulai dari persiapan pendaftaran, melengkapi dokumen-dokumen syarat pendaftaran ke universitas luar negeri maupun beasiswa, hingga persiapan keberangkatan kuliah.

Untuk itu, segera hubungi Schoters dan kejar mimpimu kuliah di jurusan manajemen di luar negeri!

Banner K2 - Mau StudyAbroad 800x400 px (1)