6 Bidang Peluang Kerja di Jepang dengan Prospek Menjanjikan!

Jepang adalah salah satu negara maju di dunia. Hal ini dibuktikan dengan peringkat negara Jepang sebagai negara dengan ekonomi terkuat kedua di Asia dan peringkat ketiga di dunia jika dilihat dari PDB pada tahun 2023. Berdasarkan dari fakta tersebut, dapat dilihat bahwa ada berbagai peluang kerja di Jepang bagi para pencari kerja untuk dapat bekerja di negara sakura tersebut. Simak bidang peluang kerja di Jepang yang menjanjikan.

 

6 Bidang peluang kerja di Jepang yang menjanjikan

1. Careworker

Perbedaan antara jumlah populasi usia produktif dan usia lanjut di Jepang cukup tinggi sehingga Jepang memerlukan banyak tenaga kerja careworker yang dapat membantu merawat lansia. Pekerjaan jenis ini tidak hanya terbatas pada menyuapi makan lansia saja, tetapi juga memonitor kesehatan lansia, melakukan terapi, dan rutinitas minum obat.

2. Industri mesin

Pekerjaan di industri permesinan di Jepang adalah bidang kerja yang banyak dibutuhkan seiring dengan perkembangan teknologi di Jepang yang semakin maju. Pekerjaan yang dilakukan di industri ini adalah memonitoring inspeksi dan maintenance mesin, serta ada juga yang mengurus packaging.

3. Industri konstruksi

Industri konstruksi menjadi salah satu bidang kerja yang banyak dibutuhkan di Jepang. Pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan di bidang ini hampir serupa dengan pekerjaan kuli bangunan di Indonesia, seperti contohnya adalah melakukan pemasangan material bangunan. Para pekerja di bidang ini wajib mengikuti 11 ujian keterampilan spesifik, dan visa kerja di bidang ini dikelola oleh Menteri Pertahanan.

4. Food service industry

Bidang kerja selanjutnya adalah food service industry yang bekerja untuk industri makanan, terutama di restoran-restoran Jepang. Beberapa pekerjaan yang dilakukan adalah menyiapkan makanan, melayani pelanggan, dan manajemen restoran. Selain itu, para pekerja juga harus memiliki kemahiran berbahasa Jepang agar bisa berkomunikasi dengan para pelanggan.

 

Baca Juga : Simak Informasi Terkini untuk Bekerja di Industri Pengolahan Makanan Jepang

 

5. Pertanian

Di Jepang, bidang pertanian adalah bidang yang terkenal dengan pemanfaatan teknologi canggih di dalam proses pekerjaannya. Hal ini juga menyediakan peluang kerja yang bagus di Jepang. Pekerjaan yang dilakukan meliputi manajemen kultivasi, pemanenan, penyortiran, dan pengiriman produk.

6. Perikanan dan akuakultur

Industri perikanan dan akuakultur di Jepang memiliki prospek kerja yang baik karena konsumsi ikan di negara Jepang yang sangat tinggi. Pekerjaan yang dilakukan diantaranya adalah eksplorasi hewan laut, pengoperasian mesin industri, dan penangkapan ikan. Ada juga peluang kerja yang hanya berkaitan dengan budidaya ikan.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja di Jepang

Ingin lolos kerja di Jepang? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.