Persyaratan Jalur Mandiri untuk Daftar Universitas Impian

Selain jalur masuk reguler yang terdiri dari SNBP (Seleksi Nasional Berbasis Prestasi) dan SNBT (Seleksi Nasional Berbasis Tes), terdapat juga jalur masuk PTN yang dilaksanakan oleh masing-masing universitas yang bernama jalur mandiri. Persyaratan jalur mandiri juga sedikit berbeda dari seleksi jalur reguler. Di artikel ini, kita akan bahas persyaratan jalur mandiri pada universitas terkemuka di Indonesia agar kalian memiliki gambaran umum, ya!

Jalur mandiri pada universitas memiliki nama yang berbeda-beda. Di Universitas Indonesia bernama SIMAK UI, di UGM bernama UM-UGM, di Universitas Airlangga bernama SMUA, dan di Universitas Brawijaya bernama SELMA UB. Karena seleksi ini dilakukan oleh masing-masing universitas, maka tiap universitas juga memiliki jadwal dan persyaratan jalur mandiri yang berbeda-beda. Untuk itu, penting bagi kalian membaca pengumuman resmi pada universitas yang kalian tuju. Namun, sebagai gambaran, berikut adalah persyaratan pada jalur mandiri di Universitas Gadjah Mada. 

 

Gambaran Umum Jalur Mandiri UM-UGM

Ujian Masuk-Computer Based Test UGM (UM-CBT UGM) adalah jalur seleksi yang menggabungkan skor UM-CBT UGM yang diselenggarakan oleh UGM dan skor UTBK-SNBT. Jalur seleksi ini memberikan kesempatan kepada lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C untuk mengikuti seleksi dengan memilih 2 (dua) program studi pada Program Sarjana dan/atau Program Sarjana Terapan. 

Kelompok ujian UM-CBT UGM terdiri dari 3 (tiga) jenis, yaitu kelompok ujian sains dan teknologi (saintek), kelompok ujian sosial dan humaniora (soshum), atau kelompok ujian campuran (saintek dan soshum). Setiap calon mahasiswa hanya dapat mengikuti satu kelompok ujian, yaitu saintek, soshum, atau campuran.

 

Baca Juga: Ketahui Perbedaan Jalur Mandiri dan Reguler untuk Seleksi Masuk PTN

 

Persyaratan Jalur Mandiri UM-UGM

Pada UM-UGM, terdapat 2 jenis persyaratan untuk mendaftar. Berikut ini penjelasannya:

Persyaratan Jalur Mandiri UM-UGM Secara Umum

1. Membuat akun pendaftaran melalui laman Pendaftaran UM-UGM dan login ke laman tersebut untuk mengisi formulir pendaftaran secara daring.

2. Sedang menempuh kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang akan lulus pada tahun berjalan dengan umur maksimal 25 (dua puluh lima) tahun (per 1 Juli pada tahun berjalan)

3. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat 2 (dua) tahun terakhir atau lulusan Paket C dalam 2 (dua) tahun terakhir dengan umur maksimal 25 (dua puluh lima) tahun (per 1 Juli pada tahun berjalan)

4. Memiliki prestasi akademik baik dan konsisten

5. Memiliki surat keterangan sedang menempuh kelas 12 (dua belas) atau surat keterangan lulus bagi calon peserta yang berada di kelas terakhir SMA/MA/SMK/sederajat atau Paket C yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara Paket C yang sah atau memiliki ijazah bagi calon peserta lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C dalam 2 (dua) tahun terakhir.

Persyaratan Jalur Mandiri UM-UGM Secara Khusus

1. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C dalam 2 (dua) tahun terakhir dengan umur maksimal 25 (dua puluh lima) tahun per 1 Juli pada tahun berjalan dengan dibuktikan ijazah;

2. Lulusan SMA/MA/SMK/sederajat atau lulusan Paket C pada tahun berjalan, dengan umur maksimal 25 (dua puluh lima) tahun per 1 Juli pada tahun berjalan, telah memiliki Surat Keterangan Lulus (SKL) yang sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan foto terbaru yang dibubuhi cap/stempel dari sekolah/lembaga penyelenggara Paket C yang sah dan mengikuti dan memiliki skor UTBK-SNBT pada tahun berjalan.

 

Baca Juga: Simak Info Beasiswa Kuliah di Malaysia Untuk Jenjang S1 disini!

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri

Sambil mempersiapkan ujian mandiri, kamu ingin mencari alternatif universitas di luar negeri sebagai cadangan?? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

persyaratan jalur mandiri