7 Profesi Paling Dicari di Jerman Tahun 2024, Apa Saja?

Pada 2024 ini, ada beberapa profesi paling dicari di Jerman. Profesi-profesi ini sangat dibutuhkan guna memenuhi permintaan tenaga kerja domestik di sana. 

Lantas, apa saja, sih, profesi paling dicari di Jerman pada 2024 ini? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya pada artikel Schoters berikut ini! 

Daftar 7 Profesi Paling Dicari di Jerman

1. Insinyur metalurgi

Insinyur metalurgi menjadi salah satu profesi paling dicari di Jerman pada 2024. Insinyur metalurgi sendiri merupakan seorang profesional yang bertugas menganalisis dan mengolah bahan-bahan mineral menjadi barang setengah jadi atau barang jadi. Profesi ini biasanya banyak ditemui di industri pertambangan atau di industri mineral.

2. Insinyur elektro 

Insinyur elektro juga menjadi salah satu profesi paling dicari di Jerman pada 2024. Insinyur elektro sendiri merupakan seorang profesional yang bertugas menganalisis, merawat, dan merancang sistem kelistrikan. Profesi ini biasanya banyak ditemui di perusahaan listrik, perusahaan teknologi, dan di perusahaan elektronik.

3. Dokter

Selain insinyur metalurgi dan insinyur elektro, dokter juga menjadi profesi paling dicari di Jerman pada 2024 ini. Sebab, Jerman kini sedang mengalami kekurangan dokter yang cukup banyak. 

Dilansir Euro News, hal tersebut disebabkan lantaran dokter di Jerman banyak yang sudah memasuki masa pensiun. Tercatat, saat ini, ada 80 ribu dokter yang sudah berumur lebih dari 60 tahun sehingga mereka akan segera pensiun.

 

Baca Juga: Peluang Kerja di Jerman

  

4. Perawat rumah sakit

Perawat rumah sakit juga menjadi salah satu profesi yang saat ini paling dicari di Jerman. Sebab, Jerman saat ini sedang mengalami kekurangan sekitar 150 ribu perawat rumah sakit. 

Oleh karena itu, dilansir laman Deutschland, Jerman pada 2024 ini membutuhkan sekitar 150 ribu atau lebih perawat rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan di rumah sakit terdekat.

5. Perawat lanjut usia

Perawat lansia juga menjadi salah satu profesi yang saat ini paling dicari di Jerman. Perlu diketahui, perawat lansia berbeda dengan perawat rumah sakit. 

Perawat rumah sakit bertugas di rumah sakit untuk merawat pasien dari berbagai kalangan. Sementara itu, perawat lansia bertugas di panti jompo untuk merawat orang-orang lanjut usia.

6. Programmer

Programmer merupakan seorang yang bertugas untuk membuat pemrograman komputer untuk berbagai kebutuhan, seperti pembuatan website, aplikasi, gim, dan lain sebagainya.

Programmer juga menjadi salah satu profesi paling dicari di Jerman pada 2024 ini, mengingat industri teknologi di Jerman yang kini sedang berkembang pesat.

7. Chef 

Chef juga termasuk salah satu profesi paling dicari di Jerman pada 2024. Profesi chef sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan hotel berbintang yang tersebar di kota-kota besar di Jerman.

Cara Kerja di Jerman Lewat Program Ausbildung

Jika Hunters ingin kerja di Jerman, kamu bisa mengikuti program Ausbildung. Ausbildung sendiri merupakan program pendidikan dan pelatihan vokasi yang diselenggarakan oleh Pemerintah Jerman. 

Program  ini berdurasi selama 2,5 sampai 3 tahun. Setelah dinyatakan lulus, Hunters bisa melamar pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang ada di Jerman atau melamar di perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia.

Untuk mengikuti program Ausbildung, ada beberapa persyaratan yang tentu harus Hunters penuhi. Untuk rinciannya adalah sebagai berikut:

  1. Sertifikat kompetensi bahasa Jerman B1 atau B2 dari Goethe Institute.
  2. Motivation letter yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  3. CV yang ditulis dengan bahasa Jerman.
  4. Surat lamaran yang ditulis dalam bahasa Jerman.
  5. Ijazah pendidikan terakhir dan transkrip nilai yang diterjemahkan ke dalam bahasa Jerman oleh penerjemah tersumpah.

 

Baca Juga: Keuntungan Ikut Program Ausbildung

 

Nah, itu dia, Hunters, tujuh profesi paling dicari di Jerman pad 2024 ini. Dari daftar di atas, adakah profesi yang menjadi impianmu? Tulis di kolom komentar, ya!

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jerman

Ingin kerja di Jerman? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu makin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.