Simak Cara Mendapatkan Sertifikat IELTS Disini!

Sertifikat IELTS adalah dokumen yang akan kalian dapatkan setelah menyelesaikan tes IELTS. Dokumen ini berfungsi menjadi bukti kecakapan kalian dalam berbahasa Inggris. Sertifikat IELTS memuat informasi tentang identitas peserta, skor yang didapat, dan informasi tentang lembaga yang menyelenggarakan tes. Sertifikat IELTS ini berlaku selama 2 tahun dan menjadi salah satu standar internasional untuk pengakuan kemampuan bahasa Inggris.

Komponen pertama dari sertifikat IELTS adalah informasi identitas, yang mencakup nama lengkap, tanggal lahir, foto, nomor paspor, dan tanggal tes.

Komponen kedua adalah informasi mengenai hasil tes, yang mencakup skor masing-masing komponen tes dan skor keseluruhan. Skor yang didapat oleh peserta akan tergantung pada kemampuan bahasa Inggris peserta, dengan rentang skor dari 0 hingga 9.

Komponen ketiga adalah informasi tentang lembaga penyelenggara tes IELTS, yang mencakup nama lembaga, alamat, dan nomor telepon. Lembaga-lembaga ini menjadi penting karena mereka bertanggung jawab untuk mengeluarkan sertifikat IELTS sehingga nama dan alamat mereka harus jelas dan akurat. Sertifikat tes IELTS juga mencantumkan tanggal pembuatan sertifikat.

 

Cara mendapatkan sertifikat IELTS

Terdapat beberapa tahapan yang harus kalian lalui untuk mendapatkan sertifikat IELTS. Pertama, kandidat harus mendaftar untuk mengambil tes IELTS yang diadakan oleh lembaga resmi seperti IDP Education, British Council, IALF maupun lembaga lainnya. Setelah mendaftar, kandidat dapat memilih jadwal tes yang tersedia. Kemudian, kandidat harus hadir tepat waktu di lokasi tes yang telah ditentukan.

Saat tes dilakukan, kandidat akan mengikuti empat bagian tes, yaitu mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Setelah tes selesai, para ahli akan menilai hasil kandidat dan memberikan skor. Skor IELTS berkisar dari 0 hingga 9 dan akan memberikan indikasi kemampuan bahasa Inggris kandidat dalam keempat aspek tes tersebut.

Setelah para ahli telah menentukan skor IELTS kandidat, kandidat akan menerima IELTS certificate yang menunjukkan hasil tes mereka. Sertifikat ini berisi informasi tentang identitas kandidat, seperti nama lengkap, tanggal lahir, nomor paspor, dan informasi lainnya. Selain itu, sertifikat tes IELTS juga menunjukkan skor kandidat untuk setiap bagian tes serta skor keseluruhan.

 

Baca Juga: Simak Cara Meningkatkan Skor IELTS Speaking

 

Sertifikat dapat diambil beberapa hari hingga 14 hari kerja setelah jadwal tes IELTS. Waktu penerbitan sertifikat tes IELTS dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi cabang tes IELTS. Jika kandidat berhalangan untuk mengambil sertifikat, sertifikat IELTS ini dapat dikirimkan ke alamat kandidat beberapa waktu setelah tes selesai dan skor diumumkan dengan biaya tambahan.

Kandidat juga dapat meminta lembaga tes IELTS untuk mengirimkan salinan sertifikat tes IELTS ke universitas atau tempat kerja sesuai dengan permintaan dengan biaya tambahan. Kandidat dapat menggunakan sertifikat ini untuk keperluan seperti melamar pekerjaan atau pendaftaran di universitas di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

 

Baca Juga: Pelajari Tipe Soal IELTS Serta Pembahasannya

 

Rekomendasi bimbingan mendapatkan sertifikat tes IELTS

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program bimbingan persiapan tes bahasa Inggris? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Sertifikat IELTS