6 Syarat Kerja di Jepang Yang Perlu Kamu Ketahui!

Bekerja di Jepang adalah impian bagi banyak individu yang ingin merasakan budaya yang kaya, teknologi mutakhir, dan lingkungan kerja yang teratur. Namun, sebelum dapat meraih impian tersebut, calon pekerja perlu memahami dan memenuhi berbagai syarat kerja di Jepang yang diperlukan oleh pemerintah Jepang dan perusahaan tempat mereka ingin bekerja. Artikel ini akan membahas syarat-syarat penting yang perlu dipenuhi untuk bekerja di Jepang.

 

6 Syarat kerja di Jepang yang perlu dipenuhi

1. Visa kerja

Visa kerja merupakan persyaratan utama bagi warga negara asing yang ingin bekerja di Jepang. Ada beberapa jenis visa kerja yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang akan dilakukan, seperti “Engineer/Specialist in Humanities/International Services” untuk pekerjaan di bidang teknologi dan jasa internasional, “Skilled Labor” untuk pekerjaan fisik, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan visa kerja, calon pekerja perlu memiliki tawaran pekerjaan dari perusahaan di Jepang dan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

2. Kemampuan bahasa Jepang

Sebagian besar perusahaan di Jepang mengharapkan karyawan mereka memiliki kemampuan bahasa Jepang yang baik, terutama dalam situasi kerja sehari-hari. Beberapa pekerjaan memerlukan kemampuan bahasa Jepang tingkat tinggi, sementara yang lain mungkin lebih fleksibel. Penguasaan bahasa Jepang akan membantu berkomunikasi dengan rekan kerja dan klien setempat, serta memahami aturan dan kebijakan perusahaan dengan baik.

3. Keterampilan dan pengalaman kerja

Banyak perusahaan Jepang mencari karyawan dengan keterampilan dan pengalaman kerja yang relevan dengan posisi yang ditawarkan. Calon pekerja perlu memiliki portofolio yang kuat dan rekam jejak yang baik untuk dapat bersaing di pasar kerja Jepang yang kompetitif.

4. Pendidikan dan sertifikasi

Tingkat pendidikan dan sertifikasi juga dapat menjadi faktor penting dalam memenuhi syarat-syarat pekerjaan di Jepang. Beberapa pekerjaan mungkin memerlukan gelar universitas atau sertifikasi tertentu yang relevan dengan bidang pekerjaan. Pendidikan dan sertifikasi dapat memberikan keuntungan tambahan dalam mencari pekerjaan yang diinginkan.

5. Perizinan kerja

Beberapa pekerjaan tertentu, seperti di bidang kesehatan atau pendidikan, memerlukan perizinan khusus untuk bekerja di Jepang. Calon pekerja perlu memastikan bahwa mereka memenuhi persyaratan perizinan yang ditetapkan oleh otoritas terkait sebelum mulai bekerja.

6. Kesesuaian dengan budaya kerja Jepang

Budaya kerja di Jepang memiliki norma-norma yang unik, seperti etika bisnis, disiplin, dan hierarki yang ketat. Calon pekerja perlu siap untuk beradaptasi dengan budaya kerja ini agar dapat sukses dan berkontribusi secara maksimal dalam lingkungan kerja Jepang.

 

Baca Juga: Kerja di Jepang dengan Tokutei Ginou

 

Kesimpulan

Bekerja di Jepang dapat menjadi pengalaman yang sangat memuaskan, tetapi juga menantang. Memenuhi syarat-syarat yang telah disebutkan di atas akan membantu calon pekerja mempersiapkan diri dengan baik dan meningkatkan peluang mereka untuk meraih pekerjaan yang diinginkan di negeri Matahari Terbit. Dengan pemahaman yang baik tentang visa, kemampuan bahasa, keterampilan, pendidikan, dan budaya kerja Jepang, calon pekerja dapat meraih kesuksesan dalam karier mereka di negara ini.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja di luar negeri

Ingin kerja di luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.