Simak 8 Tips Kerja di Korea Sebelum Kerja di Negeri Ginseng

Sebagai negara maju, Korea menjadi salah satu negara yang diminati banyak orang untuk mengembangkan karier. Jika di negara-negara lain pekerja dari Indonesia terkadang dihargai lebih murah dari tenaga kerja lainnya, maka hal tersebut tidak berlaku di Korea karena perusahaan akan menghargai semua pekerja di sana tanpa membeda-bedakan latar belakang. Artikel ini akan membahas tips-tips kerja di Korea yang wajib diketahui agar dapat beradaptasi dengan baik selama bekerja di negeri ginseng.

 

8 Tips kerja di Korea yang wajib diketahui

1. Jangan mengkritik atasan

Ketika bekerja di Korea, jangan pernah mengkritik atasan di depan umum. Jika Hunters memiliki ide hebat tentang cara meningkatkan tempat kerja baru di sana, maka lebih baik menunggu sampai atasan menanyakan pendapat karyawan atau catat ide-ide yang dipikirkan dan kirimkan ke atasan.

2. Terkadang terlalu menonjol di depan banyak orang bukan hal baik

Orang-orang yang dibesarkan di luar Korea memiliki karakteristik tertentu yang terkadang berbeda dengan orang Korea. Contohnya, berbicara dengan logat yang terlalu keras dapat membuat Hunters dianggap menjengkelkan. Gesture yang terlalu berlebihan juga umumnya kurang disukai oleh karyawan di sana.

3. Membangun hubungan yang baik dengan orang Korea

Membangun hubungan dengan rekan kerja adalah salah satu cara agar Hunters bisa nyaman bekerja di perusahaan tersebut. Jangan merasa ragu untuk menjalin pertemanan dengan rekan kerja. Hunters dapat berteman atau meminta kontak personal mereka, berbagi makanan ringan di tempat kerja, atau ikut makan-makan bersama dengan rekan kerja.

4. Menghargai hierarki yang ada

Nilai-nilai di masyarakat Korea sangat menghargai hierarki yang ada. Contohnya adalah ketika makan, maka yang lebih muda atau status sosialnya yang lebih rendah akan mengatur meja untuk yang lain, memberikan peralatan makan kepada orang yang lebih tua, dan lain-lain. Hal ini tidak selalu terjadi, tetapi secara umum ini adalah cara menghormati hierarki yang ada. 

5. Menyapa orang secara individu dengan urutan yang benar

Ketika orang Korea memasuki ruangan, mereka jarang menyapa sekaligus untuk kelompok, tetapi melakukannya secara terpisah mulai dari yang tertua atau jabatannya yang tertinggi di kelompok tersebut. Saat menyapa, biasakan untuk tidak berjabat tangan, tetapi membungkuk seperti yang dilakukan orang-orang Korea.

 

Baca Juga : Pahami Budaya Kerja dan Syarat untuk Bisa Bekerja di Korea!

 

6. Pahami budaya Korea

Memahami budaya kerja di Korea juga menjadi penting agar dapat beradaptasi dengan baik selama bekerja di Korea. Dengan memahami budaya di Korea, Hunters akan mudah untuk bersosialisasi dan diterima oleh masyarakat atau rekan kerja di sana.

7. Jangan menganggap orang akan berbicara bahasamu

Tidak semua karyawan di perusahaan Korea bisa berbahasa Inggris. Jadi, jangan menganggap semua orang akan mau berbicara dengan Hunters menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, penting bagi Hunters untuk belajar dan mulai berbicara menggunakan bahasa Korea. Meskipun pelafalan maupun bahasa yang digunakan belum sempurna, jangan khawatir karena rekan kerja di sekitar pasti akan membantu dan tentunya menghargainya.

8. Persiapkan fisik dan mental dengan baik

Tips selanjutnya adalah persiapkan fisik dan mental Hunters dengan baik. Tidak dapat dipungkiri bahwa ketika bekerja di luar negeri akan ada banyak perbedaan budaya, gaya hidup, dan musim di sana. Oleh karena itu, jaga kesehatan fisik dan mental Hunters dengan baik agar bisa menjalani hari-hari di Korea dengan baik.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja di Korea

Ingin lolos kerja di Korea? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.