10 Tips Ujian JLPT, Simak Informasi Lengkapnya!

Tips Ujian JLPT atau Japanese Language Proficiency Test merupakan sebuah tes yang berfungsi untuk mengukur kemampuan berbahasa Jepang, terutama para pelajar asing yang menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa utamanya. Tes ini terdiri dari lima level yang disebut N1 sampai N5. Level paling rendah (N1 dan N2) merupakan level paling sulit. Dimana, N1 harus menguasai 2000-10.000 kosa kata dan mengerti percakapan berbagai kondisi. Level N2 harus harus menguasai 1000 – 6000 kosa kata yang berhubungan dengan konteks rumit.

Level paling tinggi (N5 dan N4) merupakan level yang paling mudah untuk pemula. Untuk N5, peserta menguasai 100 – 800 kosa kata serta kemampuan membaca dan menulis (hiragana, katakana, dan kanji). Selanjutnya, N4 harus menguasai 300 – 1500 dalam konteks kehidupan sehari-hari. Sedangkan level N3 merupakan level menengah. Level N3 dianggap sebagai jembatan antara level N4 dan N2, dimana peserta harus menguasai setidaknya 650 kanji dan 3750 kosakata yang konteksnya sudah mengerti artikel Jepang dan kehidupan sehari-hari yang lebih kompleks.

Jika kamu merasa tertarik untuk melanjutkan kuliah di Jepang, maka kamu perlu mengikuti tes JLPT ini. Negara Indonesia merupakan salah satu negara yang menyediakan tes JLPT di 12 tempat, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Yogyakarta, Padang, Denpasar, Manado, Malang, Semarang, Makassar, dan Palembang. Selain itu, kamu perlu mempersiapkan diri jika sudah mendaftar tes JLPT di tempat kamu melaksanakan tes. Berikut tips untuk menghadapi tes JLPT agar dapat mengerjakan dengan baik dan lulus!

 

Berikut 10 Tips Ujian JLPT

 

1. Menguasai huruf dan kosakata

Kunci utama untuk menghadapi tes JLPT adalah menguasai huruf dan kosakata Bahasa Jepang. Kamu harus memperbanyak kosakata agar dapat mengerti ketika membaca atau mendengarkan bahasa Jepang. Langkah pertama kamu perlu memahami huruf Hiragana, Katakana, dan Kanji. Sebagai pemula, kamu dapat memulai dengan huruf Katakana dan Hiraga. Jika merasa sudah bisa, kamu dapat melanjutkan huruf Kanji yang cenderung lebih sulit.

2. Tips ujian JLPT mempelajari pola kalimat

Perbanyak latihan membuat kalimat dalam bahasa Jepang. Pelajari dari tingkat level dasar (N5) hingga tingkat yang lebih sulit (N1). Hal ini akan membantu kamu untuk mengerjakan tes sesuai dengan level yang kamu pilih.

3. Mengelompokkan kosakata

Mengelompokkan kosakata akan mempermudah kamu untuk memahami bahasa Jepang. Seperti mengelompokkan waktu, pekerjaan, hewan, makanan, dan sebagainya.

4. Mengatur waktu pengerjaan

Berlatih mengatur waktu pengerjaan sesuai dengan target yang diinginkan. Misal, satu jam kamu sudah selesai sampai nomor 30 dari 50 soal.

5. Latihan soal beragam

Kamu dapat menemukan soal tes JLPT di internet. Hal ini akan memudahkan kamu untuk terbiasa dengan tipe soal yang akan dihadapi pada saat tes berlangsung.

 

Baca Juga: Pelajari Kosakata Bahasa Jepang

 

6. Tips ujian JLPT eliminasi jawaban

Eliminasi jawaban merupakan hal yang sangat membantu kamu ketika kamu mengerjakan latihan soal JLPT. Jika kamu menjawab soal yang tidak yakin benar, kamu bisa mencoret lembar ujian dan memberikan tanda silang pada jawaban yang kemungkinan salah. Cara ini belum tentu kamu mendapatkan jawaban yang benar, tetapi cara ini memperkirakan kamu dapat menjawab jawaban yang memiliki peluang benarnya lebih besar.

7. Hati-hati saat mengerjakan tes

Wajar saja ketika kamu merasa deg-degan pada saat tes akan dimulai. Namun, ketika kamu sedang mengerjakan tes, sebaiknya harus berusaha untuk rileks dan jangan gugup agar tidak mengganggu konsentrasi ketika mengerjakan soal.

8. Mendengarkan lagu atau video YouTube

Mendengarkan lagu dan menonton video YouTube dapat memudahkan kamu untuk berlatih mendengarkan dan memperbanyak kosakata. Kamu dapat melatih kemampuan sejauh mana kamu memahami lagu dan video yang kamu tonton. Jika merasa kesulitan, gunakan subtitle bahasa Indonesia.

9. Jangan ter-distract oleh satu pertanyaan

Jika tes sedang berlangsung, jangan cemas ketika kamu menemukan sebuah pertanyaan yang sulit untuk di jawab. Sebaiknya jangan hanya terpaku oleh satu pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Kamu dapat melewati pertanyaan tersebut dan jika sudah selesai menjawab seluruh pertanyaan, maka bisa kembali ke pertanyaan sulit yang belum dijawab.

10. Tips ujian JLPT fokus dan berdoa

Langkah terakhir yang perlu kamu lakukan adalah berdoa sebelum memulai tes agar mendapatkan kemudahan dan fokus untuk menjawab pertanyaan.

 

Baca Juga: Belajar Percakapan Bahasa Jepang

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Tips Ujian JLPT

Ingin bimbingan ke Tips Ujian JLPT? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Tips Ujian JLPT