Universitas Barcelona: Kuliah di Universitas terbesar di Spanyol

Universitas Barcelona adalah salah satu universitas top di Spanyol. Universitas yang didirikan pada 1450 ini adalah institusi pendidikan tinggi komprehensif yang menyajikan tradisi akademis yang mendalam dengan pengetahuan ilmiah. Universitas ini terletak di Kota Barcelona, salah satu pusat kosmopolitan utama di Mediterania dan Eropa. Enam belas pusat Universitas Barcelona, dikelompokkan menjadi enam kampus utama, tersebar di seluruh kota dan sepenuhnya terintegrasi ke dalam kehidupan perkotaan.

Menjadi salah satu universitas terbesar di Spanyol, Universitas Barcelona menyambut sejumlah besar pelajar dari universitas Spanyol dan luar negeri setiap tahunnya. Memiliki lebih dari 44.000 mahasiswa sarjana dan hampir 19.000 mahasiswa magister dan pascasarjana serta kandidat doktor. Hampir 15% pelajar berasal dari luar negeri dan lebih dari 122 kebangsaan yang berbeda.

Sebagai institusi publik, University of Barcelona berkomitmen untuk melatih dan mempersiapkan generasi sekarang dan generasi mendatang menjadi profesional, peneliti, wirausahawan, serta pemimpin, dengan kapasitas untuk bekerja di tingkat tertinggi di manapun di dunia.

Pada saat yang sama, komitmen Universitas Barcelona untuk penelitian telah menempatkannya di peringkat pertama di Spanyol dalam peringkat Internasional dan sebagai salah satu universitas paling bergengsi di dunia terkait dampak penelitian.

Lebih lanjut, Universitas Barcelona merupakan anggota jaringan universitas dunia terkemuka, termasuk Liga Universitas Riset Eropa (LERU), grup COIMBRA (CG) dan koordinasi Konferensi Arab-Euro tentang Pendidikan Tinggi (AECHE). Universitas Barcelona memiliki lebih dari 2.800 perjanjian internasional, termasuk perjanjian dengan 82 dari 200 universitas terbaik di dunia (Times Higher Education Supplement).

Layanan dan fasilitas mahasiswa

Mahasiswa di University of Barcelona memiliki akses ke layanan terbaik dan materi pendukung untuk setiap aspek kehidupan akademis mereka, sebagai berikut:

  1. Fasilitas perpustakaan, jaringan enam belas pusat perpustakaan berbeda yang terletak di dalam kampus di fakultas dan sekolah UB.

  2. Belajar bahasa, UB menawarkan berbagai pilihan pembelajaran untuk lebih dari tiga puluh bahasa.
  3. Olahraga, fasilitas olahraga seluas 100.000 meter persegi yang menampung berbagai kegiatan terarah dan menyediakan serangkaian instalasi untuk penggunaan masyarakat, di antaranya adalah kolam renang, lapangan tenis, ruang aktivitas dan kebugaran terarah, lapangan sepak bola dan rugby, pusat olahraga dan trek atletik.
  4. Fasilitas IT, kegiatan mengajar di University of Barcelona didukung penuh oleh Virtual Campus, sebuah lingkungan belajar online yang disesuaikan dengan kebutuhan model pembelajaran tatap muka, campuran dan jarak jauh. Mahasiswa UB juga memiliki akses ke banyak ruang komputer Universitas di seluruh kampusnya. UB juga menyediakan jangkauan Wi-Fi di semua kampus.
  5. Akomodasi, University of Barcelona menawarkan berbagai pilihan akomodasi, memungkinkan Hunters menemukan yang paling cocok untuk kebutuhan dan harapan kamu.
  6. Asrama UB, University of Barcelona adalah satu – satunya universitas negeri di Catalonia yang mengoperasikan asrama sendiri. Asrama Universitas Barcelona menyediakan akomodasi dan makanan tujuh hari seminggu. Universitas ingin kamu yang memilih untuk tinggal bersama mereka mengalami kehidupan universitas terbaik, bersama mahasiswa lain yang kemungkinan besar akan menjadi teman seumur hidup.
  7. Kediaman universitas UB, University of Barcelona juga memiliki kediaman universitas sendiri, yang dioperasikan oleh perusahaan swasta.
  8. Asrama afiliasi, mahasiswa dapat memilih dari berbagai asrama yang berafiliasi dengan Universitas Barcelona.
  9.  Tempat tinggal universitas swasta, kediaman pribadi menawarkan harga khusus dan keuntungan lainnya bagi mahasiswa Universitas Barcelona.

 

Jurusan yang Tersedia

1. Jenjang S1

  1. Arts and Humanities;
  2. Engineering;
  3. Health Science;
  4. Science;
  5. Social Science.

2. Jenjang S2

  1. Arts and Humanities;
  2. Engineering and Architecture;
  3. Health Science;
  4. Science;
  5. Social Science and Law.

3. Jenjang S3

  1. Humanities;
  2. Engineering and Architecture;
  3. Health Science;
  4. Science Life;
  5. Science.

 

Beasiswa untuk studi di Universitas Barcelona

1. Beasiswa Erasmus Mundus

Beasiswa Erasmus Mundus, atau yang kini sudah berubah nama menjadi program Erasmus+, adalah program pembiayaan yang ditawarkan oleh Uni Eropa untuk mendukung berbagai kegiatan pendidikan, pelatihan, kepemudaan dan olahraga di berbagai institusi pendidikan luar negeri di Uni Eropa.

Melalui program beasiswa yang dibuka oleh Erasmus+, pelajar internasional dari seluruh penjuru dunia bisa mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman kerja di berbagai negara di Eropa sambil mengejar gelar di jenjang sarjana maupun pascasarjana.

Program Erasmus+ membuka berbagai program beasiswa dengan persyaratan dan target peserta yang berbeda – beda. Meskipun demikian, pelajar internasional dari regional ASEAN termasuk Indonesia dapat mengikuti 2 (dua) jenis program beasiswa yaitu Erasmus Mundus Joint Master Degree dan Erasmus Mundus Partnerships.

 

Baca Juga: Kupas Tuntas Informasi Beasiswa Erasmus+

 

2. Beasiswa IRB Barcelona International PhD

IRB Barcelona menawarkan hingga 9 beasiswa PhD untuk ilmuwan muda dari komunitas nasional dan internasional yang ingin mengambil gelar doktor di bidang biomedis. Beasiswa ini mendorong aplikasi dari lulusan bermotivasi tinggi dengan kualifikasi luar biasa dalam biologi, kimia, biokimia, fisika, farmakologi, biologi komputasi atau bidang terkait. Kandidat yang berhasil akan bergabung dengan kelompok penelitian yang dipimpin oleh ilmuwan tingkat atas dan akan melakukan penelitian di bidang biomedis mutakhir dalam lingkungan.

 

Baca Juga: Tips Motivation Letter Untuk Beasiswa Luar Negeri

 

Rekomendasi bimbingan lolos ke Universitas Barcelona

Ingin lolos masuk ke Universitas Barcelona? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Universitas Barcelona? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Universitas Barcelona