3 Universitas Islam Terbaik di Yordania, Simak Informasi Lengkapnya!

Ingin mengetahui universitas islam terbaik di Yordania? Nama Yordania barangkali bukan nama yang paling populer sebagai negara tujuan studi ke luar negeri. Meskipun demikian, kalau kamu berminat melanjutkan pendidikan ke universitas Islam di luar negeri serta mempelajari berbagai bidang studi terkait Arabic, Islamic dan Middle East Studies, Yordania bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu peroleh ketika belajar di Yordania, termasuk di antaranya kesempatan untuk menikmati pendidikan berkualitas tinggi di tengah-tengah lingkungan yang multikultural dan kaya sejarah. Saat ini, setidaknya terdapat 44.000 pelajar internasional dari 107 negara di seluruh penjuru dunia yang menempuh studi di 32 universitas yang ada di Yordania.

Tertarik untuk ikut bergabung dan kuliah di universitas Islam terbaik di Yordania namun tidak tahu harus kuliah dimana? Simak informasi menarik tentang beberapa universitas islam terbaik di Yordania di bawah ini.

 

Universitas Islam Terbaik di Yordania: University of Jordan

Salah satu universitas Islam terbaik di Yordania adalah University of Jordan atau yang biasa disingkat UJ, universitas tertua dan terbesar di Yordania. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1962 ini berlokasi di Kota Amman, ibukota Yordania dan saat ini, menduduki peringkat 591-600 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis oleh QS Tahun 2023. Tidak hanya itu, University of Jordan juga masuk ke dalam 10 besar perguruan tinggi terbaik yang berada dalam area Saudi Arabia.

University of Jordan membuka beragam program studi di berbagai jenjang pendidikan, termasuk di antaranya science, medicine, pharmacy, nursing, rehabilitation science, art and design, business administration hingga shari’a dengan bahasa pengantar yang berbeda-beda (Inggris atau Arab), tergantung program studi yang dituju. Beberapa program studi di Universitas Yordania pun masuk dalam Top 300 program studi untuk bidang studi yang sama di dunia, termasuk di antaranya pharmacy, computer information system, accounting finance, linguistics dan nursing.

 

Baca Juga: Tips Belajar Bahasa Arab dengan Mudah

 

Universitas Islam Terbaik di Yordania: Jordan University of Science and Technology

Universitas Islam terbaik di Yordania berikutnya adalah Jordan University of Science and Technology (JUST), yang berlokasi di daerah Irbid di bagian utara Yordania. Universitas yang awalnya merupakan bagian dari Yarmouk University yang juga sama-sama berlokasi di Irbid, mendapatkan status mandiri pada tahun 1986. Saat ini, JUST memiliki 13 fakultas yang menawarkan berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan, termasuk afiliasi dengan King Abdullah University Hospital, sebuah rumah sakit pendidikan, yang berada di dalam area kampus. Pada tahun 2023, JUST berada di peringkat 801-1000 perguruan tinggi terbaik dunia berdasarkan versi QS dan memiliki setidaknya 27 ribu mahasiswa yang kini tengah menempuh studi di JUST.

Beberapa bidang studi yang ditawarkan di JUST antara lain :

1. Engineering

2. Medicine

3. Dentistry

4. Pharmacy

5. Nursing

6. Veterinary Medicine

7. Science and Arts

8. Computer and Information Technology

9. Applied Medical Sciences

10. Architecture and Design

Total seluruh program studi yang ada di JUST mencapai 46 program studi untuk jenjang sarjana dan 115 program studi untuk jenjang pasca sarjana.

 

Universitas Islam Terbaik di Yordania: Al-Balqa Applied University

Universitas Islam terbaik di Yordania selanjutnya adalah Al-Balqa Applied University, yang berlokasi di Kota Salt, Yordania. Universitas yang berdiri sejak tahun 1997 ini memiliki spesialisasi di berbagai program studi untuk jenjang diploma, sarjana dan sarjana terapan di bidang studi science dan engineering. Saat ini, Al-Balqa Applied University berada di peringkat 1201-1400 perguruan tinggi terbaik dunia berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS Tahun 2023. Meskipun memiliki spesialisasi di jenjang sarjana dan sarjana terapan, universitas ini juga memiliki program studi di jenjang pascasarjana, baik Master maupun Doktoral. Terdapat setidaknya 184 program studi jenjang Diploma, 112 program studi jenjang Sarjana dan 34 program studi jenjang pascasarjana. Hinggat saat ini, Al-Balqa Applied University sudah meluluskan lebih dari 196.000 alumni dari seluruh penjuru dunia.

Al-Balqa Applied University menawarkan berbagai program studi dari banyak disiplin ilmu, termasuk di antaranya business management, human resource management, library and information management, disaster management, computer science, data science, Islamic studies dan masih banyak lagi.   

 

Baca Juga: Ketahui 10 Universitas Islam Terbaik di Dunia!

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Universitas Islam Terbaik di Yordania

Ingin lolos masuk ke berbagai universitas Islam terbaik di Yordania? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas Islam terbaik di Yordania? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Universitas Islam Terbaik di Yordania