Mengenal Berbagai Universitas Jurusan Bisnis Terbaik di Dunia

Jurusan bisnis bisa jadi merupakan salah jurusan atau program studi yang paling diminati di seluruh dunia, khususnya bagi calon mahasiswa yang memiliki rencana karier di bidang bisnis atau manajemen. Kalau kamu ingin melanjutkan studi ke Jurusan Bisnis di luar negeri, kualitas pendidikan tentu saja harus menjadi pertimbangan utama saat memilih universitas tujuan. Lalu di mana saja universitas Jurusan Bisnis terbaik di dunia yang bisa kamu jadikan pilihan? Kenali berbagai universitas luar negeri dengan Jurusan Bisnis terbaik di dunia di bawah ini.

Rekomendasi universitas Jurusan Bisnis terbaik di dunia

1. The University of Chicago

Salah satu universitas Jurusan Bisnis terbaik di dunia adalah The University of Chicago yang berlokasi di Chicago, Amerika Serikat. Universitas yang juga berhasil menduduki peringkat 10 dalam daftar universitas terbaik di dunia ini menawarkan program studi atau jurusan bisnis melalui The University of Chicago Booth Business School, yang sudah berdiri selama 125 tahun.

Meskipun berpusat di Chicago, Booth Business School juga membuka berbagai program studi di bidang bisnis melalui kampus global di 3 (tiga) negara berbeda, termasuk di antaranya Amerika Serikat, London, Hongkong, yang memudahkan mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di The University of Chicago. Yang menarik, Booth Business School juga memiliki jajaran pengajar kelas dunia, termasuk 10 (sepuluh) pemenang Nobel Prize.

Saat ini, Booth Business School di The University Chicago menawarkan program studi bisnis di jenjang pasca sarjana, baik Master maupun Doktoral.

Jurusan bisnis di jenjang pascasarjana   

Terdapat beberapa jenis program studi atau jurusan bisnis yang dibuka oleh The University of Chicago, termasuk di antaranya :

  1. Program Master of Business Administration, sebuah program yang akan mempelajari berbagai konsep yang berdampak pada manajemen bisnis termasuk di antaranya akuntasi, ekonomi, psikologi, sosiologi dan statistik. Program MBA di The University of Chicago kemudian dibagi lagi menjadi 4 (empat) kategori yang bisa dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan kebutuhan dan rencana karier, yaitu:

    1. Full Time MBA, yang umumnya diselenggarakan dalam durasi waktu kurang lebih 21 bulan. Untuk bisa mendaftar masuk ke dalam program studi ini, mahasiswa membutuhkan minimal 3-7 tahun pengalaman kerja.
    2. Part Time MBA, yang umumnya diselenggarakan dalam durasi waktu 2.5 – 3 tahun. Untuk bisa mendaftar masuk ke program studi ini, mahasiswa membutuhkan waktu minimal 2-11 tahun pengalaman kerja
    3. Evening MBA, sebuah program studi yang ditujukan terutama bagi pekerja yang tidak memiliki waktu bekerja pada hari-hari kerja sehingga kelas dilaksanakan hanya pada hari Sabtu. Program studi ini biasanya akan berlangsung selama 2.5 – 3 tahun dan mahasiswa membutuhkan minimal 3-12 tahun pengalaman kerja untuk dapat diterima di program ini.  
    4. Global Executive MBA, sebuah program studi yang ditawarkan di 3 (tiga) kampus global di bawah The University of Chicago yang berlokasi di Chicago, London dan Hongkong. Program studi ini berlangsung selama kurang lebih 22 bulan dan mahasiswa membutuhkan minimal 8-20 tahun pengalaman kerja untuk dapat diterima di program ini.
  1. Program Doktoral (PhD). Program Doktoral yang ditawarkan oleh The University of Chicago merupakan salah satu program yang paling kompetitif di Amerika Serikat, dengan hanya 20-25 orang kandidat PhD diterima setiap tahunnya, Menurut data yang dirilis oleh The University of Chicago, rata-rata mahasiswa yang diterima sebagai kandidat PhD di universitas ini memiliki GPA yang mencapai 3.76 serta skor GRE rata-rata 168.

2. Tsinghua University

Universitas Jurusan Bisnis terbaik di dunia selanjutnya adalah Tsinghua University, salah satu universitas terbaik di Cina dan dunia, yang berlokasi di Beijing, China. Berdasarkan daftar peringkat perguruan tinggi terbaik dunia yang dirilis oleh QS Tahun 2023, universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1911 ini berhasil menduduki peringkat 2 universitas terbaik di Cina dan peringkat 14 universitas terbaik dunia.

Saat ini, Tsinghua University menawarkan berbagai program studi yang tersebar di bawah 20 Schools dan 57 Departments yang mencakup beragam bidang studi yang bisa dipilih mahasiswa sesuai dengan minat, termasuk di antaranya program studi atau jurusan bisnis.

Jurusan bisnis di Tsinghua University berada di bawah Schoool of Economics and Management (SEM) yang sudah berdiri sejak tahun 1984. Jurusan atau program studi bisnis di universitas ini kemudian tersebar di bawah 7 (tujuh) departemen yang berbeda, termasuk di antaranya: Accounting, Economics, Finance, Innovation, Entrepreneurship and Strategy, Leadership and Organization Management, Management Science and Engineering serta Marketing.

Yang menarik adalah beberapa program studi di Tsinghua University juga memiliki beberapa akreditasi yang diakui di tingkat global termasuk di antaranya akreditasi dari The Association to Advance Collegiate School of Business (AACSB) untuk program studi akuntasi serta akreditasi dari EFMD Quality Improvement System (EQUIS). Tsinghua University menjadi satu-satunya universitas di Cina yang menerima akreditasi dari kedua lembaga internasional ini.

Saat ini, Tsinghua University membuka beragam program studi terkait di bisnis di semua jenjang pendidikan baik S1, S2 maupun S3.

Jurusan bisnis di jenjang sarjana

Beberapa program studi atau jurusan bisnis di jenjang sarjana (undergraduate) yang dibuka di Tsinghua University antara lain :

  1. Program studi bisnis yang terkait dengan information management dan information systems;
  2. Program studi bisnis yang terkait dengan economics and finance;
  3. Program studi bisnis yang terkait dengan economics;
  4. Program studi bisnis yang terkait dengan accounting;
  5. Program studi bisnis yang terkait dengan computer and finance.

 

Selain program studi di atas, Tsinghua University juga membuka program studi kolaborasi di jenjang S1 bersama dengan Chinese University of Hong Kong. Dengan mengikuti program studi ini, mahasiswa berkesempatan untuk lulus dengan 2 (dua) gelar sekaligus 2 (dua) universitas yang berbeda ini, yaitu Bachelor Degree in Economics dari Tsinghua University dan Bachelor of Social Science in Economics dari Chinese University of Hong Kong. Program studi ini menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama dengan durasi studi selama 4 (empat) tahun –2 (dua) tahun di Tsinghua University dan 2 (dua) tahun di The Chinese University of Hong Kong.  

 

Baca Juga: Kenali Lebih Dekat Tsinghua University

 

Jurusan bisnis di jenjang pascasarjana

Untuk jenjang pasca sarjana, Tsinghua University menawarkan beragam program studi bisnis termasuk di antaranya :

  1. Master of Finance;

  2. Master of Management;

  3. Master Program in Advanced Financial Management and Big Data;
  4. Program Doktoral (PhD).

 

Sama seperti jenjang sarjana, Tsinghua University juga membuka beberapa program kolaborasi (joint degree) yang menarik sebagai berikut:

  1. Program Tsinghua – Columbia Dual Master Degree Program in Business Analytics, sebuah program yang diselenggarakan bersama-sama oleh Tsinghua University dan Columbia University di Amerika Serikat. Mahasiswa yang lulus dari program ini akan mendapatkan 2 (dua) gelar Master sekaligus yaitu Master of Management dari Tsinghua University dan Master of Science dari Columbia University. Program ini berdurasi selama kurang lebih 2-3 tahun.

  2. Program Tsinghua UniversitySingapore Management University MCFO & MPAcc Dual Degree, sebuah program yang diselenggarakan bersama oleh Tsinghua University dan Singapore Management University. Mahasiswa yang lulus dari program ini akan mendapatkan Master of Accounting dari Tsinghua University dan Master of Science in CFO Leadership dari Singapore Management University
  3. Program Tsinghua UniversityThe Chinese University of Hong Kong MBA Program in Finance, sebuah program Master of Business Administration yang diselenggarakan bersama-sama oleh Tsinghua University dan The Chinese University of Hong Kong.

 

Tertarik melanjutkan studi di universitas jurusan bisnis terbaik di dunia dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

 [Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

3. National University of Singapore

Universitas Jurusan Bisnis terbaik di dunia lainnya adalah National University of Singapore (NUS) yang berlokasi di Singapura. Universitas negeri berorientasi yang sudah berdiri sejak tahun 1905 ini adalah salah satu universitas terbaik di Singapura, yang berhasil menduduki peringkat 1 (satu) universitas terbaik di Singapura dan peringkat 11 dunia berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2023. NUS menawarkan banyak program studi di seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana, kepada pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan di NUS, termasuk jurusan bisnis.

Program studi atau jurusan bisnis di NUS berada di bawah NUS Business School, yang sudah berdiri sejak tahun 1945. Berbagai program studi yang dibuka di bawah NUS Business School sudah cukup terkenal sebagai program studi kelas dunia yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menggali ilmu dan pengetahuan di bidang business global dengan pendekatan Asia. Saat ini, NUS Business School membuka berbagai program studi di jurusan bisnis untuk seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pasca sarjana.

Jurusan bisnis di jenjang sarjana

Untuk jenjang Sarjana (undergraduate), NUS Business School membuka beberapa program studi jurusan bisnis sebagai berikut 

  1. Bachelor of Business Administration dengan spesialisasi di bidang akuntansi;
  2. Bachelor of Science dengan spesialisasi di bidang real estate.

 

Selain program studi reguler di atas, NUS Business School juga menawarkan banyak program double degree di jenjang Sarjana dimana mahasiswa memiliki kesempatan untuk mempelajari pengetahuan dan keterampilan dari 2 (dua) disiplin ilmu yang berbeda, serta mendapatkan 2 (dua) gelar yang berbeda pada saat studi diselesaikan. Beberapa program studi double degree tersebut antara lain:

  1. Bachelor of Business Administration + Business Analytics;
  2. Bachelor of Business Administration + Communications and New Media;
  3.  Bachelor of Business Administration + Computing;
  4. Bachelor of Business Administration + Economics;
  5. Bachelor of Business Administration + Engineering;
  6. Bachelor of Business Administration + Law;
  7. Bachelor of Business Administration + Master in Public Policy;
  8. Bachelor of Business Administration + Master of Science in Management.

 

Jurusan bisnis di jenjang pascasarjana

Untuk jenjang pasca sarjana, NUS Business juga membuka berbagai program studi untuk jurusan bisnis antara lain :

  1. Master of Business Administration, yang ditawarkan untuk para professional atau senior executives dengan pengalaman manajerial yang ingin mengembangkan bisnis serta membangun keterampilan di bidang manajemen dan leadership. Program studi ini kemudian dibagi lagi menjadi beberapa jenis termasuk antara lain:
  2. Program The UCLA – NUS Exectuive MBA yang diselenggarakan bersama-sama dengan UCLA Anderson di Amerika Serikat. Di akhir studi, mahasiswa akan mendapatkan 2 (dua) gelar MBA dari 2 (dua) universitas tersebut.
  3. Program The NUS Executive MBA (Chinese) yang diselenggarakan dengan menggunakan bahasa Mandarin sebagai bahasa pengantar utama. 
  4. Master of Science in Accounting;
  5. Master of Science in Finance;
  6. Master of Science in Management;
  7. Master of Science in Business Analytics;
  8. Master of Science in Real Estate;
  9. Master of Science in Supply Chain Management;
  10. Master of Science in Human Capital Management and Analytics;
  11. Master of Science in Management + CEMS MIM, sebuah program studi yang memberikan tambahan gelar Master di bidang International Management (CEMS MIM);
  12. Master of Science in Marketing Analytics and Insights;
  13. Master of Science in Marketing Analytics and Insights + CEMS MIM, sebuah program studi yang memberikan tambahan gelar Master di bidang International Management (CEMS MIM);
  14. Master of Science in Sustainable and Green Finance;
  15. Master of Science in Strategic Analysis and Innovation;
  16. PhD in Management.

 

Baca Juga: Raih Gelar S2 dari Beasiswa NUS!

 

Nah, itu dia, Hunters, beberapa universitas Jurusan Manajemen terbaik di dunia. Jadi, dari daftar di atas, mana nih universitas yang impianmu?

 

Rekomendasi bimbingan lolos universitas Jurusan Bisnis terbaik di dunia

Ingin lolos masuk ke berbagai universitas jurusan bisnis terbaik di dunia? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas jurusan bisnis terbaik di dunia? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

universitas jurusan bisnis terbaik di dunia