Universitas New South Wales: Simak Informasi Lengkapnya Disini!

Universitas New South Wales adalah salah satu universitas ternama di Australia yang menyediakan banyak beasiswa. Bernama lengkap The University of New South Wales (UNSW Sydney) ini didirikan oleh pemerintah Australia pada 1 Juli 1949, UNSW Sydney menduduki peringkat 4 universitas terbaik di Australia dan 45 di dunia menurut pemeringkatan yang dilakukan oleh QS World University Rankings. Berkampus utama di Kensington, Sydney, UNSW juga memiliki dua kampus lainnya yakni Paddington & CBD Campuses untuk fakultas Art & Design dan Business, dan di Canberra untuk Australian Defence Force. 

 

Informasi Umum Universitas New South Wales

UNSW memiliki sejarah yang cukup panjang. Universitas ini awalnya adalah 2 sekolah mekanik dan teknik yang berbeda. Kedua sekolah tersebut adalah the Sydney Mechanics’ School of Arts yang didirikan pada tahun 1833 dan the Sydney Technical College yang didirikan pada tahun 1878. 

Selepas Perang Dunia II, pemerintah Sydney makin menyadari pentingnya peran sebuah universitas untuk memajukan ilmu pengetahuan terutama di bidang teknik. Kemudian didirikanlah sebuah universitas bernama New South Wales University of Technology. Nama ini bertahan hingga tahun 1958 yang mana akhirnya pemerintah New South Wales berencana untuk mengembangkan universitas ini untuk tak hanya berfokus pada ilmu teknik saja namun juga pada ilmu-ilmu lainnya. 

 

Baca Juga: Cek Perbedaan Kuliah di Singapura dan Australia Disini

 

Fakultas dan Jurusan di Universitas New South Wales

Sejak saat itu hingga sekarang, the University of New South Wales terus berkembang dan bergabung dengan banyak aliansi universitas terkemuka dunia seperti Group of Eight, Universitas 21, APRU, ADFA, ACU, Global Alliance of Technological Universities, dan PLuS Alliance. Tercatat, UNSW kini memiliki 6 fakultas dan sebuah institusi militer di Canberra. Berikut adalah daftar fakultas dan jurusan yang ditawarkan di UNSW:

1. Arts, Design & Architecture

a. School of Art & Design

b. School of the Arts & Media

c. School of Built Environment

d. School of Education

e. School of Humanities & Languages

f. School of Social Sciences

2. Law & Justice

a. Bachelor of Criminology & Criminal Justice

b. Bachelor of Laws

c. Juris Doctor

d. Practical Legal Training

e. Master of Laws

3. Science

a. Aviation

b. Biological, Earth & Environmental Sciences

c. Biotechnology & Biomolecular Sciences

d. Chemistry

e. Materials Science & Engineering

f. Mathematics & Statistics

g. Physics

h. Psychology

4. Medicine & Health

a. Exercise science & Exercise physiology

b. Global health

c. Health data science

d. Health Leadership and management

e. Infectious diseases

f. Medicine

g. Nutrition, dietetics & Food innovation

h. Optometry

i. Orientation & mobility

j. Pharmacy

k. Physiotherapy

l. Psychiatry & mental health

m. Public health

n. Vision science

o. Women’s health & reproductive medicine

5. Engineering

a. Australian Graduate School of Engineering (AGSE)

b. Biomedical Engineering

c. Chemical Engineering

d. Civil and Environmental Engineering

e. Computer Science and Engineering

f. Electrical Engineering and Telecommunications

g. Mechanical and Manufacturing Engineering

h. Minerals and Energy Resources Engineering

i. Photovoltaic and Renewable Energy Engineering

6. Business School

a. Australian Graduate School of Management (AGMS)

b. School of Accounting, Auditing & Taxation

c. School of Banking & Finance

e. School of Economics

f. School of Information Systems & Technology Management

g. School of Management & Governance

h. School of Marketing

i. School of Risk & Actuarial

7. UNSW Canberra at the Australian Defence Force Academy

a. Aerospace, Civil & Mech Engineering

b. Business

c. Humanities & Social Sciences

d. Information Technology & Electrical Engineering

e. Physical Environmental & Mathematical Science

f. Chemistry

g. Civil Engineering

h. Computer Science

i. Cyber Security

j. Economics & Management

k. Electrical Engineering

l. English

m. Geography

n. History

o. International & Political Studies

p. Mathematics & Statistics

q. Oceanography

r. Physics

s. Project Management

u. Southeast Asian Social Inquiry

v. Systems Engineering

 

Biaya Kuliah di Universitas New South Wales

Untuk biaya kuliah per tahun sebagai mahasiswa internasional di UNSW dapat berbeda-beda tergantung pada jurusan dan jenjang kuliah yang kalian ambil. Namun, rata-rata biaya kuliah di UNSW adalah A$ 23.000 atau sekitar Rp.230.000.000 per tahun. 

Selain biaya kuliah, kalian juga harus membayar biaya lain yang masih terkait dengan biaya akademik, seperti:

1. Biaya pendaftaran: A$ 125 atau sekitar Rp.1.250.000 per pendaftaran. 

2. Asuransi kesehatan: sebagai seorang mahasiswa internasional, kalian wajib memiliki asuransi kesehatan bernama Overseas Student Health Cover (OSHC). Kalian bisa menghubungi agen asuransi di Medibank, BUPA Australia Health, Allianz, nib, dan Australian Health Management untuk mendapatkan asuransi jenis ini. 

3. Biaya buku dan kelas: beberapa program studi memiliki biaya ekstra kelas di luar biaya kuliah yang kalian bayarkan tiap tahunnya. Biaya ini untuk membayar alat laboratorium, peralatan lain, dan studi lapangan. Besarnya biaya ini sekitar A$ 1.000 atau Rp. 10.000.000 per tahunnya. 

4. Biaya hidup: terdapat beberapa hal yang terkait biaya hidup selama kalian menjadi mahasiswa di Australia, diantaranya adalah:

a. Biaya sewa apartemen/kamar: A$ 200-550 atau Rp. 2.0000.000 hingga Rp. 5.500.000 per bulan

b. Internet: A$ 20-50 atau Rp. 200.000 hingga Rp. 500.000 per bulan

c. Makanan (belanja dan di restoran): A$ 80-200 atau Rp. 800.000 hingga Rp. 2.000.000 per kali belanja atau makan

d. Gas dan listrik: A$ 35-140 atau Rp. 350.000 hingga Rp. 1.400.000

e. Transportasi ke kampus A$ 40 atau Rp. 400.000

Maka tiap minggu kalian memerlukan A$ 445-700 atau sekitar Rp. 4.450.000 hingga Rp. 7.000.000. Jika dihitung dalam satu tahun, kalian memerlukan biaya hidup sebesar A$ 23.140 hingga A$ 36.478. Jika dikonversikan ke rupiah, biaya hidupnya adalah Rp. 231.000.000 hingga Rp. 360.500.000 per tahun. 

 

Fakta Menarik tentang Universitas New South Wales

Berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang UNSW Sydney yang mungkin dapat membuatmu lebih tertarik untuk kuliah di sana:

1. Berinovasi Canggih: UNSW adalah pusat inovasi dan telah menjadi rumah bagi beberapa penemuan penting. Misalnya, komputer kuantum pertama di dunia dibuat di UNSW.

2. Inovasi Fotovoltaik: Sekolah Fotovoltaik dan Teknik Energi Terbarukan UNSW diakui secara internasional karena kemajuan mereka dalam teknologi sel surya.

3. Keragaman Budaya: UNSW adalah universitas yang beragam dan dinamis dengan mahasiswa dari lebih dari 120 negara. Mereka bangga akan komunitas multikultural mereka.

4. Jaringan Global: UNSW adalah bagian dari “Group of Eight” di Australia dan Universitas 21, keduanya adalah asosiasi universitas yang berfokus pada penelitian. Hal ini selaras dengan misi mereka untuk meningkatkan jaringan globalnya.

5. Kampus Seni: UNSW memamerkan koleksi seni yang sangat beragam di kampusnya, termasuk lebih dari 1.000 karya seni penduduk Aborigin dan Torres Strait Islander.

6. Komitmen Lingkungan Hijau: UNSW berdedikasi pada keberlanjutan dan perlindungan lingkungan. Mereka memiliki visi dan misi untuk memindahkan penggunaan bahan bakar fosil dan menjalankan berbagai inisiatif energi hijau di kampus.

7. Keberhasilan Tim Olahraga: Tim olahraga UNSW telah cukup sukses selama bertahun-tahun. Fasilitas olahraga di UNSW sangat mendukung dalam keberhasilan ini. UNSW memiliki tim olahraga yang sangat disegani. Tim itu adalah tim polo air UNSW Wests Killer Whales.

 

Alumni Universitas New South Wales yang Mendunia

Sebagai salah satu universitas terbaik di dunia, UNSW tentu telah melahirkan banyak alumni yang berkontribusi pada global. Namun beberapa alumni UNSW dari Indonesia di bawah ini juga tak kalah reputasi dan pencapaiannya pada kontribusi global. Mereka adalah: 

1. Sri Mulyani Indrawati: Seorang alumni dari UNSW, Sri Mulyani Indrawati telah menjabat sebagai Menteri Keuangan Indonesia sejak 2016, dan juga pernah menjabat pada posisi yang sama antara tahun 2005 sampai 2010. Selain itu, ia juga pernah menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia. Sri Mulyani adalah lulusan Master of Science in Economics dari UNSW dan dikenal sebagai sosok yang berkontribusi besar dalam reformasi ekonomi dan kebijakan di Indonesia.

2. Mari Elka Pangestu: Lulusan Master of Commerce dari UNSW, Mari Elka Pangestu adalah seorang akademisi dan politikus Indonesia. Dia menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia antara 2011 dan 2014, dan juga Menteri Perdagangan antara 2004 dan 2011. Ia juga dikenal karena perannya dalam meningkatkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia.

3. Dr. Boediono: Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini memperoleh gelar Master of Economics dari UNSW. Selama karirnya, Boediono telah memainkan peran penting dalam pembangunan dan reformasi ekonomi Indonesia.

 

Persyaratan Masuk Universitas New South Wales

Sebagai mahasiswa internasional, kalian dapat mendaftar secara langsung di sistem pendaftaran mahasiswa baru UNSW Sydney atau melalui agen yang terdaftar. Beberapa syarat yang wajib kalian penuhi saat mendaftar adalah:

1. Pastikan kalian telah memilih program studi yang ditawarkan oleh UNSW Sydney pada laman Search Degrees mereka.

2. Mendaftar secara langsung dengan membuat akun di laman penerimaan mahasiswa baru UNSW Sydney

3. Mendaftar melalui agen yang terdaftar

4. Sertifikat kecakapan berbahasa Inggris:

a. IELTS 6.5

b. TOEFL iBT 90

5.  Memiliki ijazah dari sekolah atau universitas yang diakui oleh UNSW Sydney

6. Telah menyelesaikan Foundation Studies (jika diperlukan)

7. Motivation letter

8. Portofolio (untuk program studi tertentu)

9. Surat rekomendasi

 

Baca Juga: Lihat Info Kuliah Sambil Kerja di Australia Untuk Mahasiswa

 

Beasiswa di Universitas New South Wales

Jika kalian ingin kuliah di UNSW Sydney dengan beasiswa, kalian dapat mempertimbangkan untuk mendaftar pada beberapa beasiswa yang tersedia bagi mahasiswa Indonesia berikut ini:

1. UNSW Indonesia Global Impact Scholarship

Jenjang: S1, S2, dan S3

Persyaratan: Merupakan warga negara Indonesia dan memenuhi persyaratan akademik untuk program studi yang dipilih. Tidak berlaku untuk program studi dengan pembatasan kuota.

2. UNSW Business School International Pathways Award

Jenjang: S1 dan S2 (Bisnis)

Persyaratan: Harus memiliki latar belakang akademik yang kuat dan telah menyelesaikan program Pathway yang relevan dengan program studi di UNSW Business School.

3. Scientia PhD Scholarships

Jenjang: S3

Persyaratan: Merupakan pelamar domestik atau internasional dan memenuhi persyaratan masuk untuk gelar PhD di UNSW. Pelamar harus memiliki rekam jejak penelitian yang kuat atau potensi penelitian yang signifikan.

4. Australia Awards Scholarships

Jenjang: S2 dan S3

Persyaratan: Merupakan warga negara Indonesia, berumur minimal 18 tahun pada saat menerima beasiswa, dan memenuhi semua persyaratan lain yang ditetapkan oleh Australia Awards.

5. Endeavour Leadership Program

Jenjang: S2 dan S3

Persyaratan: Merupakan warga negara dari negara yang memenuhi syarat, termasuk Indonesia, dan memenuhi semua persyaratan lain yang ditetapkan oleh Endeavour Leadership Program.

6. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)

Jenjang: S2 dan S3

Persyaratan: Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Usia maksimal 40 tahun. Memiliki Surat Perjanjian Kerja atau Surat Keterangan Kerja (jika sudah bekerja). Memiliki rencana studi atau riset yang jelas dan dapat diimplementasikan untuk pembangunan Indonesia. Memiliki komitmen untuk kembali ke Indonesia dan berkontribusi bagi pembangunan negara setelah menyelesaikan studi.

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Beasiswa Universitas New South Wales

Ingin bimbingan lolos beasiswa Universitas New South Wales?  Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Universitas New South Wales