10 Besar Universitas Terbaik di Amerika Versi QS Tahun 2023

Kuliah di Luar Negeri, 17 Jan 2023

Amerika Serikat terus menjadi destinasi studi favorit bagi pelajar internasional dari seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia. Kualitas pendidikan kelas dunia, lingkungan multikultural yang ramah pelajar serta peluang besar untuk mendapatkan pekerjaan di banyak perusahaan global membuat Amerika Serikat menjadi negara yang ideal untuk melanjutkan pendidikan di berbagai jenjang, baik dari S1, S2 maupun S3. Setidaknya terdapat 4000 Universitas di Amerika Serikat yang dapat dipilih oleh pelajar internasional yang tertarik untuk melanjutkan studi di negara adidaya dengan perekonomian terbesar di dunia. Lalu dari 4000 universitas yang ada di Amerika Serikat, universitas mana saja yang menjadi universitas terbaik di Amerika Serikat?

Simak daftar 10 besar universitas terbaik di Amerika versi QS 2023 yang dapat menjadi pilihan studi di Amerika Serikat di bawah ini.  

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Universitas terbaik di Amerika Serikat sekaligus universitas terbaik di dunia berdasarkan versi yang dirilis oleh QS Tahun 2023 adalah Massachusetts Institute of Technology (MIT), sebuah universitas berorientasi riset yang berlokasi di Cambridge, Massachusetts. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1861 membuka setidaknya 114 program sarjana dan 50 program pascasarjana yang tersebar di berbagai bidang studi termasuk di antaranya anthropology, architecture, biology, business analytics, chemistry, economics, comparative media studies dan masih banyak lagi.  

Selain program studi yang beragam, MIT juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang yang mendukung proses belajar mengajar di MIT termasuk di antaranya 12 museum dan galeri seni yang tersedia di kampus MIT, lebih dari 60 klub mahasiswa hingga lebih dari 60 laboratorium dan pusat penelitian yang juga bekerjasama dengan 800 perusahaan untuk mendukung berbagai penelitian yang dilakukan fakultas dan mahasiswa.

MIT juga telah melahirkan banyak sekali alumni kenamaan yang juga tokoh berpengaruh di Amerika Serikat termasuk di antaranya Kofi Annan, Sekretaris Jenderal United Nations, Andrea Wong, Presiden Sony Internasional Production dan juga Richard Feymann, peraih Nobel di bidang Fisika berkat penelitiannya di bidang quantum electrodynamics.  

2. Stanford University

Universitas terbaik selanjutnya di Amerika Serikat adalah Stanford University, yang juga menduduki peringkat ke-3 universitas terbaik di dunia versi QS 2023. Salah satu universitas terluas di Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1891 ini membuka berbagai program studi di seluruh jenjang pendidikan untuk bidang studi seperti business, education, engineering, humanities and sciences, law, medicine dan sustainability. Banyak tokoh berpengaruh di dunia dan Amerika Serikat dulu bersekolah di Stanford University, termasuk di antaranya Larry Page dan Sergey Brin (pendiri Google), Marrisa Myer (CEO Yahoo), Peter Thiel (pendiri PayPal) dan Kevin Systrom (pendiri dan CEO Instagram).

Lokasi Stanford University berada di tengah-tengah Silicon Valley, sebuah area di California yang terkenal sebagai pusat teknologi dan inovasi global yang menjadi markas banyak perusahaan teknologi dunia seperti Yahoo, Google, Hewlett Packard dan masih banyak lagi. Perkembangan Silicon Valley sendiri tidak terlepas dari peran besar Stanford University yang terus menyalurkan investasi kepada perusahaan start up di bidang teknologi. Hingga saat ini, Stanford University terus konsisten memberikan investasi dalam jumlah besar untuk berbagai kegiatan kewirausahan mahasiswa.

3. Harvard University

Universitas yang berhasil menduduki peringkat ke-3 terbaik di Amerika Serikat sekaligus peringkat ke-5 terbaik di dunia versi QS 2023 adalah Harvard University, universitas yang reputasi akademiknya barangkali paling terkenal di seluruh dunia. Universitas yang juga berlokasi di Cambridge, Massachussets ini adalah salah satu universitas terus di Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1636. Saat ini, Harvard University membuka program studi di seluruh jenjang pendidikan untuk bidang-bidang seperti anthropology, applied mathematics, business, linguistics, literature, mathematics, mechanical engineering, physics, dan masih banyak lagi.

Dalam 400 tahun sejarah panjang Harvard University, banyak lulusan Harvard University yang mendapatkan penghargaan bergengsi di berbagai bidang seperti Nobel Prize, Pulitzer Prize serta Academy Award. Beberapa tokoh dunia yang pernah menempuh pendidikan di Harvard University antara lain mantan Presiden Amerika Serikat, George W. Bush dan Barack Obama, penulis Margaret Atwood, Ralph Waldo Emerson dan T.S Elliot.

          Baca juga: Ingin Kuliah Gratis di Amerika? Yuk Daftar Beasiswa Berea College    

4. California Institute of Technology (Caltech)

California Institute of Technology atau yang biasa disingkat dengan sebutan Caltech adalah universitas terbaik di Amerika Serikat selanjutnya. Universitas yang juga menduduki peringkat ke-6 dalam daftar universitas terbaik dunia versi QS 2023 ini berlokasi di Pasadena, California.  Sebagai salah satu universitas terbaik di Amerika dan dunia, Caltech terkenal sebagai salah satu universitas yang paling susah ditembus, dengan tingkat penerimaan mahasiswa baru hanya berkisar 3.9% dari jumlah keseluruhan calon mahasiswa yang melamar. Saat ini, Caltech membuka 28 jurusan untuk jenjang sarjana serta 30 jurusan lainnya untuk jenjang pascasarjana baik Master maupun Doktoral.

Selain program studi yang berkualitas, Caltech juga memiliki banyak kegiatan penelitian yang didukung oleh berbagai fasilitas pendukung kelas dunia termasuk di antaranya Jet Propulsion Laboratory (yang dimiliki oleh NASA), Caltech Seismological Laboratory dan International Observatory Network. Tidak heran kalau Caltech memiliki banyak lulusan terbaik di bidang teknologi seperti Linus Pauling yang mendapatkan Nobel Prize di bidang kimia pada tahun 1954, Thomas Hunt Morgan yang mendapatkan Nobel Prize di bidang kedokteran pada tahun 1933 dan Kip S. Thorne yang mendapatkan Nobel Prize di bidang fisika pada tahun 2017.

5. University of Chicago

Universitas selanjutnya dalam daftar universitas terbaik di Amerika Serikat adalah University of Chicago yang berlokasi di kota Chicago, salah satu kota paling ramai di Amerika Serikat. Pelajar yang berminat untuk melanjutkan studi di University of Chicago dapat memilih 53 spesialisasi utama di jenjang sarjana dan berbagai pilihan jurusan jenjang pasca sarjana yang tersebar di 4 (empat) divisi akademik dan 7 (tujuh) professional schools termasuk di antaranya Prizker School of Medicine, Booth School of Business dan Harris School of Public Policy Studies.

Universitas yang menduduki peringkat ke-10 dunia ini tidak hanya menawarkan program studi kelas dunia, namun juga membuka lebih dari 400 organisasi mahasiswa di berbagai bidang seperti politik, kewirausahaan, olahraga, musik, teater, komedi dan lain sebagainya. University of Chicago juga melahirkan banyak sekali pemenang Nobel Prize dan Pulitzer Prize di banyak bidang termasuk pemenang Nobel Prize di bidang kimia pada tahun 2019, John B. Goodenough, di bidang fisika pada tahun 2020, Andrea Ghez serta pemenang Pulitzer Prize di bidang drama pada tahun 2001, David Auburn.

 6. University of Pennsylvania

Universitas terbaik di Amerika Serikat selanjutnya adalah University of Pennsylvania yang berada di peringkat 13 universitas terbaik dunia versi QS 2023. Universitas yang berlokasi di Kota Philadelphia dan biasanya disingkat menjadi UPenn ini didirikan oleh Benjamin Franklin, salah satu founding fathers Amerika Serikat pada tahun 1740. Saat ini, University of Pennsylvania menawarkan berbagai program studi untuk seluruh jenjang pendidikan di banyak bidang studi seperti Accounting, Anthropology, Business, Data Science, Finance, Fine Arts, Management, Marketing dan masih banyak lagi. Selain itu, Wharton School, salah satu departemen di University of Pennsylvania yang menangani berbagai program studi di bidang business, juga dianggap sebagai sebagai salah satu business schools terbaik di dunia.

Tidak hanya belajar, mahasiswa yang menempuh studi di University of Pennsylvania juga memiliki kesempatan untuk mengikuti berbagai kegiatan olahraga, sosial, keagamaan serta kebudayaan yang beraneka ragam yang diselenggarakan oleh universitas. Salah satu acara kebudayaan yang terus menjadi tradisi di universitas ini adalah Spring Fling, sebuah festival universitas yang diisi dengan konser dan berbagai aktivitas menarik lainnya di Penn Park.

Sama seperti universitas terbaik di Amerika Serikat lainnya, University of Pennsylvania juga melahirkan banyak tokoh terkenal sepanjang masa termasuk di antaranya bilioner Warren Buffet, pendiri Tesla dan Space X – Elon Musk serta pendiri merk kosmetik dunia, Estee Lauder – Leonard Lauder.   

7. Princeton University

Universitas berikutnya dalam daftar universitas terbaik di Amerika Serikat adalah Princeton University, salah satu universitas tertua dan paling prestisius di Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1746. Universitas yang berlokasi di New Jersey ini kini membuka 36 departemen yang menawarkan setidaknya 54 program studi jenjang S1, 18 program studi jenjang Master dan 75 program studi di jenjang Doktoral. Selain itu, Princeton University juga memiliki banyak kegiatan non-akademik yang bisa diikuti seluruh mahasiswa yang kuliah di universitas ini termasuk di antaranya 500 organisasi kemahasiswaan, lebih dlari 400 peluang magang di perusahaan internasional dan 37 tim olahraga universitas.

Hal lain yang menarik dari Princeton University adalah berbagai bangunannya yang memiliki arsitektur yang ikonik, termasuk Lewis Library yang didesain oleh salah satu arsitek terbaik dunia, Frank Gehry. Selain itu, Princeton University juga memiliki museum seni yang menyimpan lebih dari 100.000 koleksi seni.

Beberapa tokoh penting dunia dan Amerika Serikat yang pernah mengenyam pendidikan di Princeton University adalah Woodrow Wilson (Presiden Amerika Serikat ke-28), Steve Forbes (CEO dari Forbes Incorporation), Meg Whitman (CEO Hewlett Packard), Jeff Bezos (CEO Amazon) hingga Michele Obama, mantan Ibu Negara Amerika Serikat.  

8. Yale University

Universitas terbaik di Amerika Serikat berikutnya adalah Yale University, yang berlokasi di New Haven, Connecticut. Universitas yang sudah berdiri sejak tahun 1701 ini kini menduduki peringkat 18 dalam daftar universitas terbaik dunia versi QS 2023. Saat ini, Yale University memiliki lebih dari 100 akademik dan program studi untuk seluruh jenjang pendidikan untuk banyak disiplin ilmu termasuk di antaranya arts and humanities, engineering and technology, life sciences and medicine, natural sciences serta social sciences and management.

Salah satu program studi utama yang paling terkenal di Yale University adalah program studi di bidang drama dan musik yang didukung oleh berbagai klub terkait di universitas termasuk klub akapela, Yale Whiffenpoofs dan klub drama Yale Dramatic Association. Tidak heran kalau Yale University kemudian melahirkan banyak sosok berpengaruh di Hollywood yang merupakan kiblat perfilman dunia seperti Merly Streep, Jodie Foster, Jennifer Connely, Angela Basset dan Lupita Nyongo. 

 9. Cornell University

Cornell University adalah universitas terbaik di Amerika Serikat lainnya yang kini menduduki peringkat 20 universitas terbaik dunia versi QS 2023. Universitas yang berlokasi di New York ini didirikan oleh 2 (dua) orang mantan Senator Negara Bagian New York, Ezra Cornel dan Andrew Dickson White, pada tahun 1865. Saat ini, Cornell University menawarkan berbagai program studi di seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana, di banyak disiplin ilmu. 3 (tiga) disiplin ilmu yang paling banyak diminati mahasiswa yang ingin berkuliah di Cornell University adalah hotel management, engineering dan architecture.

Selain program studi yang berkualitas, Cornell University juga menawarkan berbagai fasilitas penunjang lainnya yang dapat mendukung proses belajar termasuk di antaranya museum seni Herbert F. Johnson, bioskop Cornell Cinema, Lynah Skating Rink hingga 1000 lebih organisasi kemahasiswaan yang menarik termasuk di antaranya klub panahan, klub rock and roll sampai klub Kungfu. Selain itu, kantin mahasiswa Cornell University juga selalu masuk ke dalam daftar kantin mahasiswa terbaik yang ditawarkan oleh universitas di Amerika Serikat.

Beberapa alumni Cornell University yang menjadi tokoh berpengaruh baik di Amerika Serikat maupun dunia antara lain Tsai Ing Wen - politisi sekaligus Presiden Taiwan, Kurt Vonnegut – penulis legendaris Amerika Serikat, Toni Morrison – novelis Amerika Serikat dan banyak lagi.    

          Baca juga: Lanjut S2 di Amerika dengan Beasiswa Fulbright   

10. Columbia University  

Universitas terakhir dalam daftar 10 besar universitas terbaik di Amerika adalah Columbia University, yang saat ini menduduki peringkat 22 universitas terbaik dunia berdasarkan versi yang dirilis oleh QS 2023. Universitas swasta berorientasi riset ini adalah universitas tertua di New York sekaligus universitas nomor lima tertua di Amerika Serikat yang sudah berdiri sejak tahun 1954. Saat ini, Columbia University menawarkan banyak program studi untuk seluruh jenjang S1, S2 dan S3 yang terbagi dalam 21 departemen akademik (school), dengan program studi yang paling diminati mencakup social sciences, engineering, computer and information sciences, biological sciences dan English literature.

Selain program studi yang berkualitas, Columbia University juga merupakan rumah dari Pulitzer Prize yang merupakan penghargaan bergengsi tingkat dunia untuk pencapaian tertinggi di bidang jurnalisme, literatur hingga komposisi musikal. Sejak penghargaan ini pertama kali diberikan pada tahun 1917, paling tidak terdapat 90 alumni Columbia University yang berhasil mendapatkan penghargaan Pulitzer Prize termasuk Ira Gershwin, komposer untuk berbagai pertunjukan musikal legendaris dunia. Selain banyak pemenang Pulitzer Prize, tokoh berpengaruh lainnya yang pernah bersekolah di Columbia University adalah mantan Presiden Amerika Serikat, Teddy Roosevelt dan Franklin Delano Roosevelt, penulis science fiction dunia Isaac Asimov, sutradara legendaris Stanly Kubrick serta musisi Alicia Keys dan seluruh anggota band Vampire Weekend.

Ingin Kuliah di Universitas Terbaik di Amerika?

Sudah tahu universitas dan jurusan tujuan di Amerika? -> Yuk persiapkan pendaftaran dan beasiswa bersama mentor expert schoters! 

Universitas Terbaik di Amerika