10 Universitas Terbaik di Malaysia Versi QS World Rank 2024

Kuliah di Malaysia menjadi impian bagi para pelajar internasional, khususnya para pelajar dari Indonesia. Alasan utama yang menjadikan Malaysia tempat ideal menuntut ilmu adalah tingkat kualitas pendidikannya yang melaju pesat. Hal ini, terbukti dari peringkat universitas terbaik di Malaysia yang secara konsisten masuk dalam peringkat baik QS World University Ranking. Selain itu, biaya kuliah di Malaysia cukup terjangkau. Yuk simak universitas terbaik di Malaysia versi QS World University Ranking 2024.

 

10 universitas terbaik di Malaysia versi QS World University Ranking 2024

1. Universiti Malaya

Universiti Malaya adalah universitas nomor 1 dengan peringkat tertinggi di Malaysia. Universitas ini berlokasi di Kuala Lumpur yang juga merupakan institusi pendidikan tinggi tertua di Malaysia. Sebagai salah satu universitas terkemuka di Asia Tenggara, Universiti Malaya terus memimpin dalam berbagai bidang akademik, dengan penekanan khusus pada penelitian dan inovasi.

Universiti Malaya menawarkan berbagai program, mulai dari Sains dan Teknologi hingga Seni dan Humaniora. Universitas ini memastikan bahwa setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengejar minat dan hasratnya dalam bidang studi pilihannya. Universiti Malaya sudah meluluskan lima perdana menteri Malaysia, tokoh politik, bisnis, hingga budaya terkemuka nasional lainnya.

2. Universiti Sains Malaysia (USM)

Universitas terbaik Malaysia ke-2 dalam QS World Ranking 2024 adalah Universiti Sains Malaysia. Secara peringkat global, USM berada pada peringkat ke-137. USM memiliki kampus utama di Penang dan dua kampus cabang, yaitu di Kelantan dan Nibong Tebal. USM menawarkan berbagai program studi yang berkualitas tinggi dan menjadi tujuan bagi siswa dari seluruh dunia. Beberapa fakultas yang tersedia di USM adalah Fakultas Sains, Fakultas Kedokteran, Fakultas Ilmu Kemanusiaan, Fakultas Ekonomi dan Pengurusan, Fakultas Pendidikan, dan masih banyak lagi.

3. Universiti Putra Malaysia

Universiti Putra Malaysia berada pada peringkat ke-158 dalam QS World Ranking 2024, tetapi berada di peringkat ke-3 untuk universitas di Malaysia. Universiti Putra Malaysia terletak di Serdang, Selangor dan merupakan universitas yang berfokus pada pendidikan dan penelitian dengan standar kualitas yang tinggi. Dengan visi untuk menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan, penelitian, dan inovasi, UPM telah berhasil menarik perhatian banyak calon mahasiswa baik dari dalam maupun luar negeri.

Universiti Putra Malaysia menawarkan berbagai jurusan yang menarik bagi calon mahasiswa seperti Teknologi Makanan, Kehutanan, Bioteknologi, Agribisnis, Ilmu Komputer, Keuangan dan Perbankan Islam, Sosiologi, dan masih banyak lagi. Setiap jurusan menawarkan program yang komprehensif dengan kurikulum yang terus diperbarui sesuai dengan perkembangan terkini di bidangnya.

4. Universiti Kebangsaan Malaysia

Universiti Kebangsaan Malaysia adalah universitas Malaysia terbaik nomor 5 dan masuk ke peringkat ke-159 dalam QS World Ranking 2024. Universitas ini mempunyai 3 kampus cabang kampus, yaitu di Bangi, Cheras, dan Kuala Lumpur. Universitas ini juga merupakan salah satu universitas riset terkenal di Malaysia. Program-program akademik yang ditawarkan oleh Universiti Kebangsaan Malaysia mencakup bidang-bidang seperti ilmu sosial, ilmu alam, kedokteran, teknik, sains, humaniora, dan masih banyak lagi.

5. Universiti Teknologi malaysia

Universiti Teknologi Malaysia (UTM) berada dalam peringkat ke-188 dalam QS World Ranking 2024. UTM berdiri sejak tahun 1972 dan saat ini memiliki kampus di Kuala Lumpur, Johor Bahru dan Kuala Terengganu. UTM merupakan salah satu universitas dengan riset sains dan teknologi terbaik di Malaysia. UTM memberikan kesempatan luas kepada mahasiswanya dalam riset, penelitian dan kerjasama pemerintah. Beberapa program pascasarjana dan sarjana yang ditawarkan oleh Universiti Teknologi Malaysia diantaranya adalah teknik biomedis, ICT, bio-sains, lingkungan perkotaan, geo-informasi, pendidikan dan manajemen, serta masih banyak yang lainnya.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

universitas terbaik di malaysia

 

6. Taylor’s University

Taylor’s University masuk dalam peringkat ke-284 dalam QS World Ranking 2024, yang mana universitas ini menjadi universitas ke-6 terbaik di Malaysia. Taylor’s University terletak di Subang Jaya, Selangor, Malaysia. Universitas ini didirikan pada tahun 1969 dan sejak itu telah menjadi salah satu institusi pendidikan tinggi terkemuka di negara ini dan juga secara internasional. Beberapa jurusan yang tersedia di kampus ini adalah Arsitektur & Teknologi Konstruksi, Bisnis & Kewirausahaan, Komputasi & TI, Teknik & Robotika, Ilmu Pangan, Studi Pangan & Gastronomi, dan masih banyak lagi.

7. UCSI University

UCSI University terkenal sebagai salah satu universitas terbaik di Asia Tenggara dan merupakan salah satu di Malaysia sebagai universitas yang banyak orang Indonesia. Universitas ini berada pada peringkat ke-300 dalam QS World Ranking 2024. UCSI University menawarkan berbagai kegiatan dan klub mahasiswa untuk meningkatkan pengalaman mahasiswa di luar kelas. Mahasiswa dapat bergabung dengan klub olahraga, klub seni, organisasi mahasiswa, dan kegiatan sosial lainnya. Saat ini, UCSI menawarkan lebih dari 150 program di bidang Teknik, Bisnis, Komputasi, Kedokteran, Farmasi, Perhotelan, Ilmu Terapan, Ilmu Aktuaria, Ilmu Sosial, Arsitektur, Musik, dan Seni dan Desain, di tingkat PhD, Doktor, Magister, Gelar dan Diploma.

8. Universiti Teknologi PETRONAS

Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) adalah universitas Malaysia terbaik ke-8 dan menduduki peringkat ke-307 dalam QS World Ranking 2024. UTP terletak di Seri Iskandar, Perak, Malaysia. Selain itu, universitas ini merupakan anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh PETRONAS, perusahaan minyak dan gas nasional Malaysia. UTP menawarkan berbagai jenjang pendidikan yang mencakup program sarjana, program magister, dan program doktor dalam berbagai bidang teknologi. Mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam program-program yang dirancang untuk memenuhi tuntutan industri.

9. Universiti Utara Malaysia

Universiti Utara Malaysia (UUM) berada pada peringkat ke-538 dalam QS World Ranking 2024. UUM memiliki julukan Universitas di Hutan Hijau, karena memiliki perbukitan yang bernama Kedah dengan hutan hujan yang megah. Hunters akan menikmati suasana tenang yang dekat dengan alam selama kuliah di sana. Beberapa jurusan populer di kampus ini diantaranya adalah Linguistics and Information Technology, Administrasi Bisnis, Komunikasi, Komputer, Manajemen Industri Kreatif, dan Akuntansi.

10. Universiti Teknologi MARA

Universiti Teknologi MARA berada di peringkat ke-555 dalam QS World Ranking 2024 dan menjadi universitas terbaik ke-10 di Malaysia. Universiti Teknologi MARA adalah satu-satunya universitas di Malaysia yang punya jurusan seni yang luas mulai dari seni rupa, mode, hingga film & animasi. Beberapa jurusan yang ditawarkan oleh kampus ini adalah Musik, Performing Arts, Seni dan Desain, Architecture and Built Environment, Matematika dan Komputer Sains, Bisnis dan Akuntansi, dan lain-lain.

 

Baca Juga : 5 Rekomendasi Beasiswa Malaysia yang Bisa Kamu Coba

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk universitas terbaik di Malaysia

Ingin lolos ke universitas terbaik di Malaysia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

universitas terbaik di malaysia

Sumber:

QS World University Rankings 2024: Top global universities. https://www.topuniversities.com/world-university-rankings?countries=my