Mengenal Universitas Waseda Lebih Dekat

Tertarik melanjutkan pendidikan tinggi di Jepang tapi bingung memilih universitas? Yuk kenal lebih dekat dengan Universitas Waseda lebih dekat.

Salah satu universitas terbaik di Jepang yang bisa kamu pertimbangkan untuk menjadi salah satu pilihan tujuan studi kamu adalah Universitas Waseda, salah satu 10 besar universitas terbaik di Jepang. Universitas berorientasi riset yang berlokasi di Shinjuku, Tokyo ini juga adalah almamater tempat Jerome Polin, content creator muda Indonesia, bersekolah.

Ingin tahu informasi menarik lainnya tentang Universitas Waseda? Simak ulasannya di bawah ini.

General Info Tentang Universitas Waseda   

Sejak didirikan pada tahun 1882 oleh mantan Perdana Menteri Jepang, Shigenoba Okuma, Waseda University (yang dulu disebut sebagai Tokyo Senmon Gakko) terus berkembang menjadi salah satu universitas berorientasi riset di Jepang. Saat ini, Waseda University berada di peringkat 10 dalam daftar perguruan tinggi terbaik di Jepang sekaligus peringkat 205 dalam daftar perguruan tinggi terbaik dunia berdasarkan laporan yang dirilis oleh QS di tahun 2023.

Selain kualitas akademik yang mumpuni, salah satu hal yang menarik tentang Universitas Waseda adalah lingkungan pendidikan yang ramah pelajar internasional. Berdasarkan hasil survey yang dirilis oleh Japan Student Service Organization (JASSO) pada tahun 2022, Waseda University adalah salah satu universitas tujuan utama pelajar internasional yang melanjutkan studi di Jepang, dengan jumlah mahasiswa internasional mencapai 8.350 di tahun 2022.

Pelajar internasional umumnya menjatuhkan pilihan kepada Universitas Waseda karena banyaknya dukungan yang diberikan universitas kepada pelajar internasional, termasuk di antaranya fasilitas di luar kelas seperti Residence Life Centre yang membantu akomodasi pelajar internasional selama studi, Intercultural Communication Centre yang berfungsi sebagai forum komunikasi pelajar internasional sampai berbagai program studi berbahasa Inggris yang bisa dipilih mahasiswa.

Program Studi yang Ditawarkan Universitas Waseda

Saat ini, Universitas Waseda menawarkan berbagai program studi di seluruh jenjang pendidikan yang tersebar ke dalam 10 (sepuluh) fakultas yang berbeda, antara lain :

  1. Faculty of Political Science and Economics

  2. Faculty of Law
  3. Faculty of Letters, Arts and Sciences
  4. Faculty of Education and Integrated Arts and Sciences
  5. Faculty of Commerce
  6. Faculty of Science and Engineering
  7. Faculty of Social Sciences
  8. Faculty of Human Sciences
  9. Faculty of Sport Sciences
  10. Faculty of International Research and Education

Khawatir dengan kendala bahasa?

Waseda University juga membuka setidaknya 50 program studi baik di jenjang sarjana maupun pascasarjana yang menggunakan bahasa Inggris sepenuhnya sebagai bahasa pengantar utama.

Tertarik melanjutkan pendidikan di Universitas Waseda dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Universitas Waseda, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Persyaratan Masuk Universitas Waseda

Untuk mendaftar masuk ke Universitas Waseda, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi tergantung jenjang pendidikan dan program studi yang dituju.

Persyaratan masuk jenjang Sarjana (program studi dengan Bahasa Jepang sebagai bahasa Pengantar)

Untuk mendaftar di jenjang sarjana, khususnya untuk program studi yang menggunakan bahasa Jepang, beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan antara lain :

  1. Sudah menyelesaikan 12 tahun pendidikan dasar dan menengah

  2. Memiliki kemampuan bahasa Jepang yang baik yang dibuktikan dengan hasil JLPT
  3. Mengikuti ujian masuk untuk mahasiswa internasional (undergraduate entrance examination for foreign students), yang dirancang untuk mengukur kemampuan berbahasa Jepang dan kemampuan akademik dasar calon mahasiswa. 

Persyaratan masuk jenjang Sarjana (program studi dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar)

Untuk mendaftar di jenjang sarjana, khususnya untuk program studi yang menggunakan bahasa Inggris, beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan antara lain :

  1. Sudah menyelesaikan 12 tahun pendidikan dasar dan menengah atau menyertakan hasil terstandarisasi lainnya seperti SAT, ACT, IB, A-Level, GAOKAO, GSAT, CSAT, HKDSE, AISSCE, O-NET, Baccalaureat, Abitur, Provincial Exams of Canada dan tes lainnya yang setara.

  2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan menunjukkan hasil tes TOEFL iBT, IELTS Academic atau tes lainnya yang setara.

Persyaratan masuk jenjang Pascasarjana (program studi dengan Bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar)

Untuk mendaftar di jenjang pasca sarjana, khususnya untuk program studi yang menggunakan bahasa Jepang, beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan antara lain :

  1. Sudah menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya
  2. Memiliki kemampuan bahasa Jepang yang baik yang dibuktikan dengan hasil JLPT
  3. Mencari supervising professor melalui tautan database peneliti di Universitas Waseda berikut : https://researchers.waseda.jp/en/

Persyaratan masuk jenjang Pascasarjana (program studi dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar)

Untuk mendaftar di jenjang pasca sarjana, khususnya untuk program studi yang menggunakan bahasa Inggris, beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan antara lain :

  1. Sudah menyelesaikan jenjang pendidikan sebelumnya
  2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan menunjukkan hasil tes TOEFL iBT, IELTS Academic atau tes lainnya yang setara.

  3. Mencari supervising professor melalui tautan database peneliti di Universitas Waseda berikut : https://researchers.waseda.jp/en/

Beasiswa yang Dapat Dicoba

Berikut adalah program beasiswa yang bisa kamu coba kalau kamu tertarik melanjutkan studi di Universitas Waseda.

Beasiswa Monbukagakusho (MEXT)

Program beasiswa ini adalah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Jepang setiap tahun kepada pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di Jepang, termasuk Waseda University, di seluruh jenjang pendidikan.

Baca Juga: Info Lengkap Seputar Beasiswa MEXT

Beasiswa Mitsui Bussan

Program beasiswa ini adalah program beasiswa fully funded yang ditawarkan yayasan nirlaba di bawah perusahaan Mitsui & Co kepada calon mahasiswa dari Indonesia untuk melanjutkan studi di bidang sciences and engineering atau social sciences, business and commerce, di berbagai universitas di Jepang, termasuk Waseda University.

Baca Juga: Kenal Lebih Dekat Dengan Tokyo University

Waseda University Partial Tuition-Waiver Scholarship for Privately Financed International Students

Program beasiswa ini dibuka oleh Universitas Waseda untuk pelajar internasional di jenjang S1 dan S2, bagi pelajar internasional yang memiliki prestasi akademik baik namun memiliki kesulitan keuangan. Penerima beasiswa akan mendapatkan pembebasan biaya kuliah hingga 50% setiap tahunnya.

Beasiswa The Asahi Glass Foundation

Program beasiswa ini adalah program beasiswa yang dibuka oleh perusahaan Asahi Glass setiap tahun kepada pelajar internasional jenjang S2 dari beberapa negara, termasuk Indonesia, untuk belajar di universitas Waseda. Beasiswa ini bernilai sebesar ¥100,000 per bulan.

Beasiswa Ajinomoto Scholarship Foundation

Program beasiswa ini adalah program beasiswa yang dibuka oleh perusahaan Ajinoto setiap tahun kepada pelajar internasional jenjang pasca sarjana, khususnya untuk bidang studi diet, nutrition dan health care. Beasiswa ini bernilai sebesar ¥150,000 per bulan.

Rekomendasi Bimbingan Lolos Universitas Waseda

Ingin lolos masuk ke Universitas Waseda? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Universitas Waseda? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Mengenal Universitas Waseda Lebih Dekat