Mengenal University College London (UCL) Lebih Dekat

Ingin merasakan kuliah di salah satu perguruan tinggi terbaik Inggris? Mari Cek University College London Lebih Dekat!

Kamu mungkin bisa melirik University College London atau yang biasa disingkat menjadi UCL, sebuah universitas negeri berorientasi riset di Inggris. Universitas yang berlokasi di London ini adalah salah satu universitas yang secara konsisten berada dalam deretan 10 besar perguruan tinggi terbaik di Inggris.

Ingin tahu informasi menarik lainnya soal UCL? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

General Info Tentang University College London (UCL)  

Sejak didirikan pada tahun 1826 oleh tokoh literatur klasik Skotlandia, Thomas Campbell, dan tokoh politik Inggris, Henry P. Brougham, UCL terus berkembang menjadi universitas yang secara konsisten menawarkan pendidikan terbaik kelas dunia yang tidak kalah dengan perguruan tinggi terbaik lainnya. Berdasarkan daftar yang dirilis oleh QS pada tahun 2023, UCL berhasil menduduki peringkat 4 (empat) perguruan tinggi terbaik di Inggris, peringkat 4 (empat) perguruan tinggi terbaik di Eropa dan peringkat 8 (delapan) dalam deretan perguruan tinggi terbaik dunia.

Di luar reputasi akademik yang kuat, UCL juga terkenal sebagai perguruan tinggi pertama di Inggris yang menerima mahasiswa dari berbagai latar belakang sosial budaya dan agama sekaligus perguruan tinggi pertama di Inggris yang menerima wanita sebagai mahasiswa. Budaya inklusif yang kuat di UCL membuat University College London menjadi salah satu universitas yang paling ramah pelajar internasional di Inggris. Saat ini, University College London sudah menerima lebih dari 50.000 pelajar internasional yang berasal dari 150 negara.

Di luar kelas, mahasiswa University College London juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan University College London seperti 18 perpustakaan yang memiliki lebih dari 2 juta koleksi buku dan 35.000 jurnal akademik, UCL Centre for Languages and International Education (CLIE) yang menawarkan kursus berbagai bahasa asing hingga 17 bahasa sampai 3 (buah) museum yang juga terbuka untuk masyarakat umum.

Program Studi yang Ditawarkan University College London

Saat ini, University College London menawarkan berbagai program studi di seluruh jenjang pendidikan untuk banyak disiplin ilmu termasuk di antaranya :

  1. Arts and Humanities
  2. Brain Sciences
  3. Built Environment
  4. Engineering Sciences
  5. Laws
  6. Life Sciences
  7. Mathematical and Physical Sciences
  8. Medical Sciences
  9. Population Health Sciences
  10. Social and Historical Sciences

Beberapa program studi di University College London juga masuk dalam daftar program studi terbaik dunia versi QS, termasuk di antaranya program studi education, architecture, archaeology, anthropology, geography, arts and humanities, psychology, anatomy, pharmacy, life sciences, medicine dan dentistry.

Tertarik melanjutkan pendidikan di University College London dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di University College London, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

Mengenal University College London (UCL) Lebih Dekat

Persyaratan Masuk University College London

Untuk mendaftar masuk ke University College London, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi sesuai dengan jenjang pendidikan yang dituju.

Persyaratan masuk jenjang Sarjana

Untuk jenjang sarjana, berikut adalah beberapa persyaratan umum yang diperlukan untuk mendaftar ke University College London :

  1. Memiliki kualifikasi akademik yang diakui seperti A Levels, IB Diploma, French Baccalaureat dan APs. Persyaratan minimal untuk masing-masing kualifikasi akademik dapat berbeda-beda tergantung program studi yang dituju.
  2. Selain kualifikasi akademik di atas, calon mahasiswa juga bisa menggunakan hasil foundation course yang diakui UCL seperti Undergraduate Preparatory Certificate (UPC) yang diselenggarakan oleh University College London. 
  3. Calon mahasiswa yang sudah menyelesaikan pendidikan jenjang S1 di universitas lainnya selama 2 (dua) tahun dengan CGPA 3.3 (dari skala 4) juga bisa mendaftar jenjang S1 di UCL. 
  4. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil IELTS dengan skor minimal berkisar dari 6.5 – 8.0 (tergantung program studi)/TOEFL iBT dengan skor minimal berkisar dari 92-110 (tergantung program studi) atau hasil tes bahasa Inggris lain yang setara.

Persyaratan masuk jenjang Master

Untuk jenjang Master, berikut adalah beberapa persyaratan umum yang diperlukan untuk mendaftar ke University College London :

  1. Lulus dari jenjang Sarjana dengan IPK minimal berkisar dari 3.0/4 sampai 3.3/4 (persyaratan minimal IPK yang diperlukan dapat berbeda-beda tergantung program studi yang dituju).

  2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil IELTS dengan skor minimal berkisar dari 6.5 – 8.0 (tergantung program studi)/TOEFL iBT dengan skor minimal berkisar dari 92-110 (tergantung program studi) atau hasi tes bahasa Inggris lainnya yang setara.

Persyaratan masuk jenjang Doktoral

Untuk jenjang Doktoral, berikut adalah beberapa persyaratan umum yang diperlukan untuk mendaftar ke UCL :

1. Menghubungi calon supervisor di UCL terlebih dahulu dengan menyertakan beberapa hal sebagai berikut :

  1. Kualifikasi akademik yang dimiliki (sertakan juga informasi tentang insitusi yang mengeluarkan kualifikasi, transkrip nilai keseluruhan dan tahun kelulusan).
  2. Ringkasan pengalaman riset
  3. Ringkasan hasil penelitian yang telah diterbitkan
  4. Rencana pendanaan

2. Mengirimkan proposal penelitian awal sepanjang 500 kata kepada supervisor di UCL yang berisi topik, tujuan dan metodologi penelitian. Apabila supervisor tertarik dengan proposal awal, calon mahasiswa bisa mengembangkan outline di atas menjadi proposal final untuk dikirimkan kembali ke supervisor.

 

Baca Juga: Simak 7 Universitas Dengan Jurusan Pendidikan Terbaik, Ada UCL di Nomor 1!

Beasiswa yang Dapat Dicoba

Berikut adalah program beasiswa yang bisa kamu coba kalau kamu tertarik melanjutkan studi di UCL.

Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Indonesia kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang pasca sarjana, baik Master maupun Doktoral, di berbagai universitas di luar negeri, termasuk UCL.

Baca Juga: Kuliah Gratis Dengan Menggunakan Beasiswa LPDP, Simak Informasi Lengkapnya!

Beasiswa UCL Global Undergraduate Scholarship

Program beasiswa ini adalah program beasiswa yang dibuka UCL kepada mahasiswa jenjang S1 yang kurang mampu namun berminat melanjutkan pendidikan di UCL. Tergantung jenis beasiswa yang diberikan, penerima beasiswa bisa mendapatkan pembebasan biaya kuliah sepenuhnya hingga mendapatkan tunjangan (maintenance allowance).

Beasiswa GREAT

Program beasiswa ini adalah program beasiswa yang dibuka UCL bekerjasama dengan British Council kepada mahasiswa dari beberapa negara, termasuk Indonesia. Nilai beasiswa yang diberikan berkisar sekitar £10,000, untuk kontribusi biaya kuliah.

Baca Juga: Kuliah di Universitas Terbaik London Dengan Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Inggris bagi pelajar internasional jenjang Master yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di Inggris, termasuk UCL untuk seluruh program studi.

Baca Juga: Dapatkan Beasiswa Chevening Agar Bisa Kuliah di Inggris Tanpa Keluar Biaya

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos University College London

Ingin lolos masuk ke University College London? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus University College London? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester