Sekilas Tentang Beasiswa Digital Talent

Saat ini, keahlian atau skills di bidang digital adalah salah satu keahlian yang paling banyak dibutuhkan di dunia kerja. Beasiswa Digital Talent adalah program beasiswa untuk pelatihan jangka pendek yang dibuka oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan ditujukan kepada mahasiswa, ASN serta masyarakat umum yang berminat meningkatkan keahlian dan keterampilan di berbagai bidang terkait digital atau teknologi informasi. 

Terdapat 6 (enam) program yang dapat dipilih di bawah program beasiswa Digital Talent ini antara lain:

  1. Fresh Graduate Academy (FGA), yang ditujukan untuk fresh graduate atau lulusan baru yang belum pernah memiliki pengalaman kerja.
  2. Professional Academy (PROA), yang ditujukan untuk kalangan masyarakat yang sudah memiliki pengalaman kerja.
  3. Digital Entrepreneurship Academy (DEA), yang ditujukan untuk kalangan wirausaha yang tertarik untuk upskilling di bidang digital.
  4. Vocational School Graduate Academy (VSGA), yang ditujukan untuk bagi lulusan SMK serta Diploma 3 dan 4 yang belum bekerja dan memiliki latar belakang pendidikan sesuai dengan skema pelatihan yang dipilih.
  5. Thematic Academy (TA), yang ditujukan untuk memberikan berbagai pelatihan non sertifikasi kepada berbagai kalangan masyarakat.
  6. Government Transformation Academy (GTA), yang ditujukan untuk meningkatkan kompetensi ASN untuk mendukung akselerasi transformasi digital di berbagai instansi pemerintahan.

          Baca Juga : Cara Ngatur Waktu Kuliah Sambil Kerja!

Cakupan Beasiswa Digital Talent

Beasiswa ini mencakup seluruh biaya pelatihan daring yang dibutuhkan. 

 

Tertarik dengan beasiswa Digital Talent dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Persyaratan Beasiswa

Untuk mendaftar beasiswa ini, terdapat beberapa persyaratan yang dibutuhkan antara lain :

  1. Merupakan Warga Negara Indonesia
  2. Sehat jasmani dan rohani
  3. Untuk lulusan SMK di bidang teknologi informasi dan komunikasi, memiliki surat keterangan lulus atau ijazah dari SMK terkait teknologi informasi dan komunikasi dan direkomendasikan oleh guru atau atasan apabila telah bekerja
  4. Untuk lulusan D3 dan S1, memiliki IPK minimal 2.75 dan memiliki surat keterangan lulus atau ijazah dari instansi terkait serta direkomendasikan oleh dosen atau atasan apabila telah bekerja
  5. Untuk pelaku industri, memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun dan menyertakan surat keterangan kerja dari perusahaan serta direkomendasikan oleh atasan 
  6. Untuk ASN/PNS/TNI/POLRI, memiliki masa kerja minimal 2 (dua) tahun dan menyertakan surat keterangan bertugas di bidang terkait pengelolaan teknologi informasi dan komunikasi serta mendapatkan rekomendasi oleh atasan (minimal eselon II untuk ASN/PNS atau atasan langsung untuk TNI/POLRI)
  7. Berusia maksimal 29 tahun untuk lulusan SMA, D3 dan S1
  8. Berusia maksimal 33 tahun untuk pelaku industri dan ASN/PNS/TNI/POLRI (kecuali ada penugasan khusus dari atasan)
  9. Menyertakan scan KTP dan pas foto
  10. Lulus seleksi administrasi dan tes pengetahuan dasar yang dilakukan secara daring pada saat pendaftaran 
  11. Dapat mengikuti pelatihan dengan spesifikasi yang telah ditentukan sesuai persyaratan masing-masing tema pelatihan.

  Baca Juga : Serba Serbi Informasi Beasiswa Dalam Negeri

Cara Mendaftar

Peserta yang ingin mendaftar program beasiswa ini dapat langsung membuka tautan berikut untuk memilih program yang diinginkan dan mengunggah dokumen yang dibutuhkan : https://digitalent.kominfo.go.id/

Siap Menghadapi Beasiswa Digital Talent

Bagi kamu yang ingin menelaah lebih jauh serta memperdalam agar dapat beasiswa yang kamu inginkan. Yuk konsultasikan segera seputar informasi beasiswa bersama expert consultant Beasiswa Schoters sekarang juga!

[Schoters] Form Konsultasi Harvester