Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV

Halo, Hunters! Pasti kamu tidak asing dengan kata “Curriculum Vitae” yang disingkat dengan CV, yang mana seringkali kamu jumpai dalam memasuki dunia pekerjaan. CV merupakan dokumen wajib untuk melamar pekerjaan, melamar magang, atau melamar beasiswa, juga universitas. Lantas apa yang dimaksud dengan CV? Apakah pengalaman kerja merupakan hal yang penting untuk dimasukkan ke CV? Serta, bagaimana cara menulis pengalaman kerja di CV? Yuk, mari kita simak bersama – sama.

 

Apa itu Curriculum Vitae (CV)?

Curriculum Vitae atau CV merupakan dokumen penting yang harus dipersiapkan untuk melamar pekerjaan, melamar magang, dan melamar beasiswa. Dokumen ini berisi daftar riwayat hidup seseorang seperti riwayat pendidikan, pengalaman professional, prestasi, keterampilan yang dimiliki dan data – data relevan yang mendukung. Ada banyak berbagai jenis CV yang digunakan sesuai dengan kebutuhan berdasarkan tujuan pembuatannya. Beragam data yang tercantum pada CV, digunakan untuk mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki seseorang dengan cara realistis dan sesuai kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Selain itu, CV mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang relevan dengan posisi jabatan yang dibutuhkan perusahaan.

CV untuk mahasiswa dan freshgraduate meliputi data diri, riwayat pendidikan, pengalaman kerja atau magang, pengalaman organisasi, pengalaman kepanitiaan dan relawan, karya ilmiah, artikel dan publikasi, serta keterampilan mendukung. Hal penting yang perlu dilakukan seperti mendeskripsikan diri secara singkat mengenai minat dan kemampuan terutama bidang industri yang ingin dimasuki. Kedua, memperhatikan posisi pekerjaan yang ingin dituju. Ketiga, mengukur kemampuan dan pencapaian dalam tiap pengalaman yang dicantumkan di CV. Keempat, maksimal dua halaman yang berisi poin – poin penting (namun jika kebutuhannya untuk akademik, maka Hunters boleh menuliskannya sampai empat halaman, dan untuk ke Eropa bisa langsung mengisi Europass). Kelimat, jujur saat menulis pengalaman dengan relevan dan tidak dibuat – buat. Keenam, menggunakan desain yang menarik dan tidak berlebihan (akan tetapi, jika untuk akademik, tidak perlu menggunakan desain dan tidak selalu harus mencantumkan foto).

 

Pentingnya Menulis Pengalaman Kerja di CV

Mencantumkan pengalaman kerja merupakan salah satu bagian penting untuk dicantumkan di CV. Adanya pengalaman kerja, membuat para perusahaan / pemberi beasiswa / instansi pendidikan akan menganggap bahwa Hunters telah memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap yang mumpuni untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Jika melamar pekerjaan dalam bidang yang sama dengan pekerjaan yang sebelumnya, maka dapat dikatakan bahwa telah menunjukkan komitmen berkarir dalam bidang tersebut. Tidak hanya itu saja, soft skill yang dimiliki juga berperan penting karena pelamar yang pernah bekerja sebelumnya setidaknya memiliki soft skill yang dibutuhkan. Selain itu, pelamar yang memiliki pengalaman kerja akan dianggap mampu memecahkan tiap masalah dan dipercaya untuk menyelesaikan masalah dalam pekerjaan hingga menemukan solusi yang tepat untuk mengatasinya.

 

Baca Juga: Ikuti Tips Ini Jika Ingin Kuliah Sambil Kerja

 

Bagaimana Cara Menulis Pengalaman Kerja yang Benar di CV?

Hal pertama cara menulis pengalaman kerja di CV adalah kejujuran. Kejujuran sangat diperlukan untuk menulis pengalam kerja di CV bagi kamu yang telah memiliki pengalaman kerja. Menulis pengalaman kerja di CV tidak perlu dilebih-lebihkan. Terkadang, pewawancara tidak menanyakan secara detail pengalaman kerja kepada Hunters. Kedua, memberikan skala atau rating setiap kemampuan yang dimiliki. Ketiga, memperhatikan secara detail penulisan pengalaman kerja terkait kontribusi yang diberikan dalam pekerjaan. Keempat, menuliskan kontribusi pekerjaan dalam bentuk bullet point. Jika kamu menuliskannya dalam bentuk paragraf, maka akan terlihat lebih panjang dan kehilangan fokus apa yang sebenarnya sedang kamu ceritakan. Terakhir ialah menuliskan pengalaman – pengalaman kerja yang kamu anggap terbaik.

 

Baca Juga: Sudah Mempersiapkan CV? Saatnya Persiapkan Untuk Wawancara

 

Konsultasikan Bimbingan Cara Menulis Pengalaman Kerja di CV 

Ingin lolos ke perusahaan impian? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar pekerjaan lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat kerja di perusahaan terbaik? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)