Europass CV: Cara Mudah Membuat CV Profesional

Ada banyak CV yang bisa Hunters gunakan untuk melamar pekerjaan. Salah satu jenis CV yang kerap digunakan untuk melamar pekerjaan adalah Europass CV. Namun, sabgian besar orang masih awam dengan jenis CV yang satu ini.

Lantas, apa, sih, yang dimaksud dengan Eropass CV? Dan apa perbedaannya dengan jenis CV lainnya? Untuk itu, yuk, simak ulasannya di bawah ini!

Overview Europass CV

Dalam segi makna, Europass CV sama saja dengan Resume yang biasanya dipakai di Amerika Serikat. Namun, dalam segi detail dan cara penulisannya, Hunters akan melihat beberapa perbedaan yang mencolok antara keduanya. 

Europass CV biasanya digunakan untuk mempersiapkan berkas kuliah, beasiswa, dan berkas melamar pekerjaan. Selain itu, Hunters bisa menggunakan CV ini untuk mencatat prestasi akademis dan jenjang karier apa yang cocok dengan skills dan passion Hunters. 

 

Baca Juga: Lihat 7 Daftar Beasiswa Kuliah di Eropa yang Tidak Perlu Wawancara

 

Perbedaan Europass CV dan American CV

Secara garis besar, Europass CV menjelaskan keseluruhan pengalaman dan karier yang pernah Hunters kerjakan. Sementara itu, American CV lebih berfokus pada karier apa yang menjadi tujuan Hunters, apakah itu seorang akuntan, peneliti, dosen, dan lain sebagianya.

Oleh karena itu, Europass CV biasanya terlihat lebih panjang daripada American CV. Namun, jenis CV ini cenderung terkesan friendly daripadi American CV yang lebih formal. 

Perbedaan yang mencolok lainnya dari keduan CV di atas adalah pada Europass CV, Hunters bisa dan lebih disukai untuk mencantumkan profil pribadi seperti status pernikahan, gender, dan lain sebagainya. Hal-hal tersebut dihindari pada American CV. 

Cara membuat CV Europass yang benar

1. Cantumkan pengalaman dari yang paling baru

Tulis pengalaman bekerja atau akademi Hunters secara kronologis dengan memulai dari pengalamn yang paling baru. Hal ini akan membuat CV Europass Hunters lebih mudah dibaca.

2. “About me”

Pastikan Hunters menuliskan penjelasan tentang highlight profil pribadi Hunters tentang lama bekerja, prestasi dan skills utama yang Hunters miliki.

3. Perhatikan grammar

Sama dengan setiap CV yang ada, pastikan CV Europass Hunters sudah benar dan tidak ada kesalahan karena hal ini dapat mempengaruhi kredibilitas Hunters sendiri.

 

Baca Juga: Intip 8 Tips CV Beasiswa yang Dijamin Buat Kamu Lolos Kuliah di Luar Negeri

 

Contoh CV Europass

Bagi Hunters yang masih kesulitan untuk merancang CV Europass sesuai dengan informasi di atas, berikut template contoh CV Europass yang bisa Hunters gunakan. 

Rekomendasi bimbingan persiapan berkas beasiswa dan universitas luar negeri

Ingin dibimbing dan konsultasi langsung untuk membuat Europass CV dengan para ahli? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa dan masuk universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

europass cv