Gaokao: Fakta Menarik, Struktur Ujian, dan Perbedaannya dengan SAT

Seleksi perguruan tinggi negeri merupakan hal yang ditakuti para pelajar, sehingga harus dipersiapkan dengan sebaik mungkin agar mendapatkan hasil yang baik. Banyak yang mempersiapkan ujian dengan mengikuti jam tambahan dengan les bahkan seharian penuh menggunakan waktunya untuk belajar. Pelajar SMA atau Vokasi di China kerap mengikuti ujian seleksi perguruan tinggi negeri. Ujian yang biasanya mereka ikuti bernama Gaokao.

 

Apa itu Gaokao?

Gaokao merupakan ujian yang dianggap ekstrim dan menakutkan bagi para pelajar, khususnya di negara Tiongkok. Ujian ini dianggap ujian yang terstandarisasi paling menyeramkan di dunia. Bahkan, banyak para pelajar yang melakukan bunuh diri akibat gagal ujian Gaokao ini. Bagaimana tidak, para pelajar hanya memiliki satu kali kesempatan untuk mengikuti ujian Gaokao. Mata pelajaran yang diujikan meliputi Matematika, bahasa Inggris, bahasa China, MIPA atau Soshum. Durasi ujian Gaokao selama 9 jam yang berlangsung selama dua hari. Hasil ujian ini akan berpengaruh dan menjadi satu-satunya syarat diterima universitas di China.

 

Fakta Menarik Tes Gaokao

Selama seleksi perguruan tinggi negeri berlangsung, para pihak berwenang akan memasang televisi sirkuit tertutup beserta detektor logam di pintu masuk sekolah. Hal ini dilakukan agar para pelajar tidak menyelipkan smartphone-nya. Pihak sekolah juga memberikan aturan bahwa tidak boleh membawa dan memakai jam tangan digital. Naskah ujian yang dikirimkan ke sekolah akan dilacak dengan GPS agar tidak ada pertanyaan yang bocor. Selain itu, para pejabat di provinsi Henan memanfaatkan drone mereka yang membawa pemindai radio untuk menangkap adanya kecurangan yang dilakukan. Para pelajar yang mengikuti ujian Gaokao, biasanya juga melakukan lockdown untuk mendukung mahasiswa baru di China. Lalu lintas juga dikurangi dan para pelajar diberikan akses kebebasan bepergian dengan Metro.

 

Struktur Ujian Gaokao

Saat pelaksanaan ujian berlangsung, ujian Gaokao terdiri dari soal pilihan ganda dan esai. Soal esai terdapat dua bagian, yaitu esai besar yang dimana para pelajar menuliskan esai sebanyak 700 kata dan memilih topik yang telah disediakan. Sedangkan esai mikro, para pelajar wajib memilih satu pertanyaan dan jawaban dengan 150 kata atau kurang. Lembar soal pun juga bukan sembarangan, ada dua jenis kertas soal yang berbeda dibagikan di tiap-tiap wilayah di China. Hal ini bertujuan agar tidak ada kebocoran soal tiap wilayah.

 

Baca Juga: Kuliah Gratis di China? Bisa! Ketahui Berbagai Universitas yang Menerima Beasiswa

 

Gaokao vs SAT

Jika kamu pernah mendengar ujian SAT (Scholastic Assessment Test) tentu saja memiliki perbedaan dengan Gaokao. Kedua tes ini memang memiliki hasil skor yang mempengaruhi para pelajar untuk menentukan universitas yang akan diambil. SAT merupakan ujian masuk yang banyak digunakan universitas asing terutama Amerika Serikat. Selain itu, ujian ini juga digunakan sebagai standar masuk universitas beberapa negara seperti Inggris, Australia, Jerman, Singapura, Kanada, Malaysia, dan India. Tujuan dari penggunaan ujian ini adalah untuk mengukur kemampuan para pelajar tingkat SMA yang akan memasuki perguruan tinggi negeri. Hasil skor SAT sebagai syarat kelayakan kandidat untuk diterima maupun ditolak.

 

Perbedaan Gaokao dan SAT

Ujian Gaokao akan berfokus pada empat mata pelajaran yang diujikan, sedangkan SAT akan berfokus pada dua mata pelajaran yaitu Matematika dan bahasa Inggris. Pada soal Matematika, akan dihadapkan pertanyaan berupa pilihan ganda dan beberapa pertanyaan esai. Sedangkan bahasa Inggris, terdapat reading test yang lima teks digunakan untuk menjawab 52 soal pilihan ganda dalam waktu yang disediakan selama 65 menit. Serta writing test yang terdiri dari 4 teks untuk menjawab 44 soal pilihan ganda dengan waktu yang diberikan selama 35 menit. Selain writing test, reading test, dan matematika, komponen dari ujian SAT lainnya adalah Evidence-based reading and writing dan esai (opsional). Perbedaan lainnya adalah:

  1. Gaokao wajib diikuti oleh seluruh para pelajar, sedangkan SAT hanya perlu diikuti jika ingin memasuki perguruan tinggi negeri.
  2. Hasil skor Gaokao sebagai syarat untuk diterima di universitas, sedangkan SAT hanya sebesar 25% kriteria aplikasi.
  3. Selama ujian Gaokao berlangsung secara ketat, sedangkan SAT jauh lebih santai.
  4. Ujian SAT berlangsung selama 405 menit, sedangkan Gaokao harus diselesaikan dalam waktu 120 menit dan 90 menit untuk pelajaran tambahan.

 

Baca Juga: Ingin Tahu Lebih Dalam Seputar SAT? Simak Informasi Tes SAT Terlengkap di sini!

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Tes Universitas Luar Negeri

Ingin dibimbing untuk mempersiapkan tes masuk kuliah luar negeri seperti Gaokao? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan studi dan beasiswamu lebih terarah. 

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa dan masuk universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)