Mengenal Institut Teknologi California Lebih Dekat

Pernah mendengar nama Institut Teknologi California?

Kalau kamu tertarik melanjutkan pendidikan tinggi di Amerika Serikat, khususnya di bidang science dan engineering, kamu bisa mempertimbangkan Institut Teknologi California sebagai salah satu pilihan perguruan tinggi yang bisa kamu tuju. Simak berbagai informasi menarik yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftar di Institut Teknologi California dalam ulasan di bawah ini.

 

General Info Tentang Insitut Teknologi California  

California Insitute of Techology atau yang juga bisa dikenal dengan sebutan Caltech adalah salah satu perguruan tinggi terbaik dunia yang terkenal paling selektif saat menerima mahasiswa baru. Saat ini, universitas yang berlokasi di Pasadena, California ini berada di peringkat 6 terbaik dalam deretan perguruan tinggi terbaik dunia versi QS yang dirilis pada Tahun 2023.

Meskipun tidak sebesar universitas lain di Amerika Serikat, Institut Teknologi California memiliki reputasi kuat untuk inovasi dan berbagai penelitian di bidang science, mulai dari quantum science, engineering, bioinformatics sampai ke energy and sustainability. Selain urusan akademik, Instititut Teknologi California juga dipercaya untuk mengelola Jet Propulsion Laboratory (JPL) untuk NASA, sebuah fasilitas yang berfungsi untuk mengirimkan pesawat tak berawak (probes) yang akan menjelajahi planet-planet yang ada dalam sistem tata surya sekaligus mengawasi perubahan yang terjadi di bumi. Selain itu, institut ini juga memiliki fasilitas penelitian berskala besar seperti Seismological Laboratory dan berbagai fasilitasi observatori luar angkasa. 

Hingga saat ini, setidaknya terdapat 46 pemenang Nobel Prize yang merupakan lulusan dari Institut Teknologi California.

 

Program Studi yang Ditawarkan Institut Teknologi California

Saat ini, Institut Teknologi California menawarkan setidaknya 28 program studi yang bisa dipilih oleh mahasiswa di jenjang sarjana (undergraduates) dan 30 program studi di jenjang pascasarjana, baik Master maupun Doktoral. Program studi ini tersebar di 6 (enam) divisi akademik yang berbeda, antara lain :

  1. Biology & Biological Engineering

  2. Chemistry & Chemical Engineering

  3. Engineering & Applied Science

  4. Geological & Planetary Science

  5. Humanities & Social Science

  6. Physics, Mathematics & Astronomy

Tertarik melanjutkan pendidikan di Institut Teknologi California dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Institut Teknologi California, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

 

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

 

Persyaratan Masuk Institut Teknologi California

Untuk mendaftar masuk ke California Institute of Technology, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi tergantung jenjang pendidikan yang dituju.

Persyaratan masuk jenjang sarjana

Untuk jenjang sarjana, beberapa persyaratan yang dibutuhkan antara lain:

1. Lulus dari jenjang sekolah menengah atas dengan mengambil mata pelajaran berikut di jenjang SMA :

  1. Mengambil mata pelajaran matematika selama 3-4 tahun, termasuk 1 (satu) tahun mata pelajaran Kalkulus (bagi pendaftar yang menggunakan kurikulum IB, persyaratan ini setara dengan 2 tahun Higher Level Math)
  2. Mengambil mata pelajaran kimia selama 1 (satu) tahun
  3. Mengambil mata pelajaran fisika, khususnya yang berbasis kalkulus, selama 1 (satu) tahun (opsional)

2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan menunjukkan skor IELTS minimal 7 – 7.5 atau TOEFL iBT minimal 100 dan Duolingo English Test minimal 120 – 125.

Persyaratan masuk jenjang pascasarjana

Untuk jenjang pascasarjana (Master dan Doktoral), beberapa persyaratan umum yang diperlukan antara lain sebagai berikut :

  1. Lulus dari jenjang sarjana atau yang setara. Sebagai catatan, pendaftar yang sudah memiliki gelar PhD tidak bisa mendaftar kembali untuk program studi PhD di Institut Teknologi California.

  2. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil skor tes bahasa Inggris (ketentuan skor minimal berbeda-beda, tergantung program studi tujuan) atau menunjukkan kualifikasi akademik dari jenjang pendidikan sebelumnya yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

  3. Menyertakan dokumen pendukung sebagai berikut :

  1. Transkrip nilai

  2. 3 (tiga) surat rekomendasi

  3. Curriculum Vitae

  4. Statement of Purpose

 

Beasiswa yang Dapat Dicoba

Ingin melanjutkan studi di Institut Teknologi California namun khawatir dengan kendala biaya? Berikut adalah program beasiswa atau dukungan finansial lainnya yang bisa kamu coba kalau kamu tertarik melanjutkan studi di Caltech.  

Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Indonesia kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang pasca sarjana, baik Master maupun Doktoral, di berbagai universitas di luar negeri, termasuk Institut Teknologi California.

Calon mahasiswa yang berminat untuk melanjutkan pendidikan di California Institute of Technology dengan menggunakan beasiswa LPDP, dapat memilih 2 (mekanisme) beasiswa LPDP yang tersedia : beasiswa LPDP Reguler atau beasiswa LPDP Perguruan Tinggi Utama Dunia.

 

Baca Juga: Beasiswa LPDP Untuk Kuliah di Insitut Teknologi California

 

Caltech Financial Aid

Mahasiswa jenjang sarjana di Caltech juga dapat mengajukan financial aid, kepada universitas yang akan membantu mahasiswa memenuhi kebutuhan finansial yang diperlukan untuk menyelesaikan studi. Jumlah kebutuhan finansial mahasiswa akan dihitung berdasarkan biaya yang diperlukan untuk menyelesaikan studi (Cost of Attendance) dan kontribusi keluarga (Expected Family Contribution).

Caltech Teaching Assistantships  

Selain program beasiswa reguler, Caltech juga menawarkan Teaching Assistantships kepada mahasiswa di seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pascasarjana, yang berhasil memenuhi kriteria untuk bekerja sebagai asisten pengajar di Caltech. Asisten pengajar akan dibayar untuk masa kerja 20 jam setiap minggunya.

 

Baca Juga: Ketahui 5 Fun fact Ini Jika Tertarik Kuliah di Amerika

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Institut Teknologi California

Ingin lolos masuk ke Institut Teknologi California? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Institut Teknologi California? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester