10 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja di Masa Depan

Jurusan kuliah adalah bidang studi akademik tertentu yang ditawarkan oleh sebuah perguruan tinggi atau universitas. Pada dasarnya, jurusan kuliah memungkinkan seseorang untuk memperdalam pengetahuannya dalam bidang tertentu, mempelajari keterampilan khusus, dan mempersiapkan diri untuk karir yang diinginkan di masa depan. Karena tujuan akhir dalam memilih jurusan kuliah akhir adalah karir atau pekerjaan, maka kalian harus mengetahui jurusan kuliah yang banyak peluang kerja agar kalian segera mendapatkan pekerjaan selepas lulus.

Saat memilih jurusan kuliah, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan seperti minat dan bakat pribadi, peluang karir, kebutuhan pasar kerja, potensi penghasilan, serta kemampuan finansial dalam kuliah di jurusan tertentu.

Memilih jurusan kuliah yang tepat juga memungkinkan kalian untuk lebih fokus dan terampil dalam bidang tertentu, yang dapat membantu dalam mencapai tujuan karir. Selain itu, dengan memilih jurusan kuliah yang tepat, kalian dapat menghindari risiko membuang-buang waktu dan uang pada program studi yang tidak sesuai dengan minat dan bakat kalian.

Oleh karena itu, sangat penting bagi kalian untuk memiliki banyak pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah. Hal ini dapat dilakukan dengan mencari informasi tentang jurusan-jurusan yang tersedia, mencari tahu peluang karir yang terkait dengan jurusan tersebut, mempertimbangkan minat dan bakat pribadi, serta mengambil waktu untuk memikirkan dengan hati-hati sebelum membuat keputusan akhir.

 

10 Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja

Untuk membantu kalian dalam memilih jurusan yang memiliki banyak prospek pekerjaan, berikut adalah daftarnya:

1. Teknik Informatika/Komputer

Jurusan yang sangat dibutuhkan di era digital ini dengan peluang kerja yang cukup luas, seperti Web Developer, Mobile App Developer, System Analyst, dan lainnya. Menurut laman datastatistikindonesia.com, pada tahun 2021, terdapat sekitar 357.084 tenaga kerja di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

2. Kedokteran

Jurusan yang selalu menjadi pilihan utama banyak orang dengan tingkat ketersediaan kerja yang sangat tinggi. Menurut data dari Kementerian Kesehatan, pada tahun 2020, terdapat 251.015 dokter di Indonesia. Kebutuhan akan dokter selalu meningkat dari tahun ke tahun karena jumlah penduduk yang semakin bertambah pula. 

Baca Juga: Simak 4 Perguruan Tinggi ini Jika Ingin Masuk ke Jurusan Kedokteran Terbaik Dunia

3. Teknik Sipil

Jurusan yang berperan penting dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia dengan peluang kerja yang cukup luas, seperti kontraktor, pengawas proyek, perencana infrastruktur, dan sebagainya. Menurut laman id.jobsdb.com, terdapat lebih dari 3.000 lowongan pekerjaan di bidang Teknik Sipil pada bulan Februari 2023.

4. Akuntansi

Jurusan yang dibutuhkan dalam bisnis dan industri dengan berbagai posisi, seperti Auditor, Akuntan, Analis Keuangan, dan sebagainya. Menurut laman datastatistikindonesia.com, terdapat 1.053.320 tenaga kerja di sektor keuangan dan asuransi pada tahun 2021. Kebutuhan ini akan terus meningkat sejalan dengan meningkatnya ekonomi Indonesia dan tumbuhnya banyak perusahaan di berbagai sektor.

5. Psikologi

Jurusan yang berkaitan dengan kesehatan mental dan sosial dengan peluang kerja yang cukup luas, seperti psikolog, konselor, HRD, dan peneliti. Menurut laman id.jobsdb.com, terdapat lebih dari 800 lowongan pekerjaan di bidang Psikologi pada bulan Februari 2023.

Baca Juga: Universitas Dengan Jurusan Psikolog Terbaik

6. Teknik Kimia

Menurut data dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kualitas SDM (LPPKS) Kementerian ESDM, pada tahun 2019, jumlah tenaga kerja bidang Teknik Kimia mencapai 191.181 orang di Indonesia. Jurusan Teknik Kimia banyak dibutuhkan dalam industri kimia, farmasi, makanan, energi, dan lain-lain.

7. Hukum

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada Februari 2022, jumlah tenaga kerja di sektor Hukum mencapai lebih dari 5 juta orang di Indonesia. Jurusan Hukum dibutuhkan dalam berbagai bidang seperti perusahaan, perbankan, pemerintahan, swasta, dan sebagainya.

Baca Juga: Raih Beasiswa S2 Hukum di Universitas Luar Negeri

8. Manajemen Bisnis

Jurusan Manajemen Bisnis menawarkan prospek kerja yang luas dan menjanjikan, karena hampir semua perusahaan membutuhkan tenaga ahli yang mampu mengelola dan memimpin bisnis mereka. Menurut data dari JobStreet, Manajemen Bisnis adalah salah satu jurusan yang paling diminati oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia, dengan jumlah lowongan pekerjaan mencapai sekitar 18% dari total lowongan yang ada.

9. Desain Grafis

Jurusan Desain Grafis menawarkan prospek kerja yang menjanjikan di era digital saat ini, terutama dengan adanya perkembangan teknologi yang memungkinkan produksi konten visual yang lebih kreatif dan menarik. Menurut data dari situs pencarian kerja Jobplanet, pada tahun 2021, jumlah lowongan kerja untuk posisi Desain Grafis meningkat hingga 72% dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

10. Komunikasi

Jurusan Komunikasi menawarkan prospek kerja di berbagai bidang, seperti media massa, periklanan, hubungan masyarakat, dan marketing. Menurut data dari situs karir JobStreet, Komunikasi merupakan salah satu jurusan yang paling dicari oleh perusahaan di Indonesia, dengan jumlah lowongan pekerjaan mencapai sekitar 13% dari total lowongan yang ada.

11. Arsitektur

Jurusan Arsitektur menawarkan prospek kerja yang menjanjikan di industri konstruksi, perencanaan kota, dan properti. Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2020, sektor konstruksi dan properti tumbuh sebesar 5,7%, yang menunjukkan bahwa permintaan untuk tenaga ahli arsitektur terus meningkat dari tahun ke tahun.

Baca Juga: Kampus Dunia Dengan Jurusan Arsitektur Terbaik

12. Keperawatan

Keperawatan adalah salah satu jurusan yang prospek kerjanya cukup menjanjikan di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir, kebutuhan akan perawat semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya jumlah penduduk Indonesia. Banyaknya investasi dalam sektor kesehatan juga menjadi faktor yang memperkuat prospek kerja bagi lulusan keperawatan. Data statistik dari Jobstreet menunjukkan bahwa pada tahun 2021, terdapat sekitar 9.200 lowongan pekerjaan untuk posisi perawat di Indonesia. 

13. Teknik Elektro

Teknik elektro adalah jurusan yang membahas tentang ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang listrik dan elektronika. Jurusan ini juga memiliki prospek kerja yang cukup menjanjikan di Indonesia. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, permintaan akan lulusan teknik elektro semakin meningkat, terutama di sektor industri, manufaktur, dan teknologi. Data statistik dari Jobstreet menunjukkan bahwa pada tahun 2021, terdapat sekitar 6.500 lowongan pekerjaan untuk lulusan teknik elektro di berbagai bidang.

Raih Jurusan Kuliah yang Banyak Peluang Kerja Bersama Schoters

Ingin lolos beasiswa luar negeri dengan jurusan kuliah yang banyak peluang kerja? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)