Panduan Kerja Perhotelan di Jerman untuk Meraih Gaji Tinggi!

Jerman adalah negara yang membuka berbagai peluang pekerjaan untuk para pekerja asing termasuk Indonesia. Selain itu, karena perkembangan ekonomi yang semakin berkembang pesat membuat lapangan pekerjaan di Jerman terbuka luas sehingga menjadikan negara Jerman jauh lebih mudah untuk mencari pekerjaan. Jerman membuka program Ausbildung perhotelan untuk para pekerja yang ingin bekerja di perhotelan Jerman. Artikel ini akan memberikan informasi seputar kerja perhotelan di Jerman, mulai dari bidang-bidang kerja di industri perhotelan, keuntungan kerja perhotelan di Jerman, hingga pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan tentang kerja perhotelan di Jerman.

 

A. Bidang-bidang industri perhotelan

1. Küchenabteilung

Küchenabteilung adalah departemen perhotelan yang bertugas mengerjakan pekerjaan dapur. Pekerjaan yang dikerjakan adalah membantu persiapan dapur, mengenal regulasi sanitasi, menghafal menu, dan mempelajari menu makanan dasar.

2. Restaurant Arbeiten

Restaurant Arbeiten adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pelayanan tamu restoran. Pekerjaan yang dilakukan adalah merekomendasikan hidangan utama restoran, mampu memahami hidangan-hidangan di restoran, membantu transaksi pelanggan, dan menyajikan makanan ke meja tamu.

3. Haushalts Abteilung

Haushalts Abteilung adalah bidang kerja yang bertugas menyiapkan kamar tamu, memberikan pelayanan room service, dan memastikan kamar yang akan ditempati oleh tamu dalam keadaan bersih dan rapi.

4. Rezeption

Rezeption adalah bidang kerja resepsionis yang bertugas untuk melayani tamu yang check in dan check out, memberikan informasi kepada tamu seputar layanan hotel, tipe kamar, biaya, dan informasi penting lainnya. Seorang resepsionis juga harus bisa menggunakan komputer.

5. Büroabteilung

Büroabteilung adalah bidang kerja yang mengurus manajemen hotel, seperti menghitung keuangan, administrasi hotel, dan bagian HRD.

 

B. Keuntungan kerja perhotelan di Jerman

1. Tunjangan saat menjadi peserta Ausbildung Perhotelan

Saat menjalani kontrak sebagai peserta Ausbildung perhotelan akan mendapatkan tunjangan dan cakupan lainnya. Gaji yang didapatkan selama mengikuti Ausbildung adalah mulai dari €800 per bulan di tahun pertama dan akan terus meningkat sampai €1010 per bulan pada tahun ketiga pelatihan. Cakupan lainnya juga akan diberikan oleh perusahaan di tempat peserta bekerja. Ada yang memberikan biaya transportasi bulanan, tempat tinggal dengan biaya murah, dan lain-lain.

2. Gaji yang didapatkan setelah lulus dari Ausbildung Perhotelan

Setelah lulus dari Ausbildung perhotelan, gaji yang didapatkan akan terus meningkat. Gaji awal karir umumnya dimulai dari €1900 per bulan dan akan terus meningkat sampai lebih dari €3000 sesuai dengan pengalaman kerja profesional, jenjang pendidikan lanjutan, atau tanggung jawab pekerjaan selama bekerja.

 

Baca Juga : Ini Persyaratan umum agar Bisa Bekerja di Jerman!

 

C. FAQ kerja perhotelan di Jerman

1. Apakah Ausbildung digaji?

Saat mengikuti Ausbildung akan mendapat gaji mulai dari €800 per bulan sampai €1010 per bulan tergantung pada masa pelatihan.

2. Ausbildung minimal umur berapa?

Ausbildung dapat diikuti oleh minimal dari usia 18 tahun.

3. Ausbildung dapat gelar apa?

Setelah lulus program Ausbildung akan mendapatkan sertifikasi Fachkraft atau sertifikasi sebagai tenaga ahli.

4. Apakah Ausbildung sama dengan TKI?

Ausbildung bukanlah pengiriman TKI ke Jerman, melainkan sebuah sekolah kejuruan profesi dan pelatihan sebagai tenaga ahli. Ausbildung ini memberikan peluang kuliah sambil kerja karena akan diberikan gaji di setiap bulannya.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan kerja perhotelan di Jerman

Ingin lolos kerja perhotelan di Jerman? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di luar negerimu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.