Kuliah Teknik Elektro: Prospek & Rekomendasi Kampus!

Jurusan teknik elektro adalah salah satu jurusan populer di bidang teknik yang banyak diincar para calon mahasiswa yang tertarik dengan bidang teknik. Sebelum memilih untuk kuliah teknik elektro, Hunters wajib ketahui hal-hal ini karena artikel ini akan membahas tuntas mengenai jurusan teknik elektro, prospek kerja, dan rekomendasi universitas luar negeri untuk jurusan teknik elektro.

 

Kuliah teknik elektro

Jurusan teknik elektro (electrical engineering) adalah bagian dari bidang teknik yang mempelajari, mendesain dan mengaplikasikan komponen dan sistem yang memanfaatkan listrik (electricity), elektronika (electronics) dan electromagnetism. Saat menjadi mahasiswa yang kuliah teknik elektro, Hunters akan mempelajari tentang rangkaian listrik, yakni interaksi antara berbagai komponen listrik seperti resistor, kapasitor, diode, transistor dan induktor dalam suatu rangkaian listrik. 

 

Semakin memasuki semester tinggi, Hunters akan mempelajari berbagai sub bidang atau peminatan saat kuliah teknik elektro, seperti teknik tenaga listrik (power engineering), kontrol (control engineering), elektronika (electronics), telekomunikasi (telecommunications) dan lain-lain.

 

Prospek kerja setelah kuliah teknik elektro

1. Insinyur desain listrik

Insinyur desain kelistrikan sangat dibutuhkan perusahaan-perusahaan besar. Contohnya pada perusahaan pertambangan dan perminyakan yang di dalamnya menggunakan energi listrik yang sangat besar, bekerja di industri kedirgantaraan, arsitektur, energi dan sebagainya. Profesi ini mirip dengan profesi insinyur lainnya, namun lebih berfokus pada pengembangan sistem kelistrikan.

2. Hardware engineer

Hardware engineer berperan dalam membuat desain untuk perangkat keras komputer dan peralatan fisik lainnya. Tugasnya mulai dari merancang dan mengkompilasi komponen seperti prosesor komputer, hard drive, papan sirkuit hingga chip agar efisien saat digunakan. Bekerja sebagai hardware engineer berkesempatan untuk bersinggungan langsung dengan teknologi terbaru. 

3. Project engineer

Profesi ini adalah profesi yang menggabungkan bidang engineering dan manajemen proyek. Umumnya, proyek yang dikerjakan biasanya berkaitan dengan teknologi atau pengembangan produk di bidang IT.

4. Robotic engineer

Industri otomotif dan berbagai bidang lain kini sudah semakin menerapkan sistem robotik untuk memudahkan pekerjaan manusia. Seorang robotic engineer tidak melulu menciptakan robot berbentuk seperti manusia, tetapi juga mengembangkan robot menggunakan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

5. BUMN

Lulusan teknik elektro dapat bekerja di perusahaan-perusahaan BUMN, yaitu pada bidang telekomunikasi dan energi. Kelebihan jika bekerja di perusahaan BUMN antara lain adalah gaji tinggi, jenjang karir dan asuransi.

 

Tertarik kuliah ke luar negeri dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih universitas, beasiswa, persyaratan dokumen hingga interview.

Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apapun 👇

kuliah teknik elektro

 

Baca Juga : Simak Prospek Kerja dan Rekomendasi Kampus untuk Jurusan Teknik Sipil

 

Rekomendasi universitas luar negeri untuk kuliah teknik elektro

1. Massachusetts Institute of Technology (MIT)

Massachusetts Institute of Technology (MIT) berada di peringkat ke-1 dalam QS World University Rankings 2024. Program ini masuk dalam Departemen Teknik Elektro dan Ilmu Komputer yang merupakan departemen terbesar di MIT. Setiap tahunnya departemen ini mempersiapkan ratusan mahasiswa pascasarjana dan sarjana untuk kepemimpinan karir di bidang-bidang seperti akademisi, penelitian, dan industri teknologi tinggi.

2. Harvard University

Semua orang pasti kenal dengan universitas terkenal yang satu ini. Harvard memiliki program jurusan teknik elektro yang berada dalam naungan Harvard School of Engineering yang mempelajari sistem yang merasakan, menganalisis, dan berinteraksi dengan dunia. Peringkat Harvard dalam top global universities tidak diragukan lagi. Saat ini Universitas Harvard berada di peringkat ke-4 dalam QS World University Rankings 2024.

3. ETH Zurich

Program teknik elektro dari kampus ini terus menciptakan dan membentuk masa depan dunia digital. Kampus ini berhasil menciptakan kehidupan yang lebih cerdas seperti smartphone, komputer, kamera, mobil, robot, peralatan laboratorium medis, dan banyak hal lainnya. Di peringkat universitas top dunia, ETH Zurich berada pada peringkat ke-7 dalam QS World University Rankings 2024.

4. University of Cambridge

Di Universitas Cambridge, departemen teknik adalah salah satu dari sedikit departemen teknik yang benar-benar terintegrasi di dunia. Para sarjana lulusan ini mendapatkan dasar yang kuat dalam semua disiplin ilmu teknik bersama dengan pengetahuan mendalam tentang bidang spesialis pilihan mereka. Saat ini, Universitas Cambridge berada pada posisi ke-2  dalam QS World University Rankings 2024.

5. Nanyang Technological University (NTU Singapore)

NTU School of Electrical and Electronic Engineering (NTU EEE) merupakan salah satu sekolah terbesar dan berperingkat paling tinggi di dunia dengan lebih dari 3,000 mahasiswa sarjana dan 1,000 mahasiswa pascasarjana. Dalam peringkat top global universities, NTU berada pada peringkat ke-26 dalam QS World University Rankings 2024.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan masuk ke universitas teknik elektro

Ingin lolos kuliah ke universitas teknik elektro dunia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan daftar beasiswa ke luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

kuliah teknik elektro

Sumber:

Mengenal Jurusan Teknik Elektro dan Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro. Institut Teknologi Indonesia. https://el.iti.ac.id/mengenal-jurusan-teknik-elektro/.

QS World University Rankings 2024: Top global universities. https://www.topuniversities.com/world-university-rankings.