5 Pertimbangan Lebih Baik S1 di Luar Negeri atau Dalam Negeri

Menentukan pilihan jurusan dan universitas untuk melanjutkan pendidikan S1 adalah hal yang besar bagi seorang remaja lulusan SMA/SMK/MA. Untuk itu, kalian harus benar-benar mempertimbangkan memilih universitas lebih baik S1 di luar negeri atau dalam negeri. Karena berbagai alasan baik akademik, sosial, maupun karir masa depan, kalian harus benar-benar mempertimbangkan berbagai hal agar ekspektasi kalian saat kuliah di jenjang S1 dapat terpenuhi dengan baik. 

Selain itu, jika kalian berencana untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3, maka pemilihan jurusan dan universitas juga menjadi langkah yang penting pada jenjang S1. Untuk itu, perhatikan hal-hal yang wajib menjadi pertimbangan di bawah ini ya!

 

5 Pertimbangan Lebih Baik S1 di Luar Negeri atau Dalam Negeri

1. Pilihan kurikulum yang lebih luas

Studi di luar negeri biasanya menawarkan pilihan kurikulum yang lebih luas dan fleksibel. Universitas di negara-negara maju seringkali memiliki berbagai program dan mata kuliah yang mungkin tidak tersedia di universitas dalam negeri termasuk mengambil mata kuliah major dan minor yang seluruhnya berada di tangan kita untuk memutuskannya. Hal ini dapat memberikan kalian kesempatan untuk mengeksplorasi bidang baru yang terpersonalisasi dan sesuai dengan rencana masa depan kalian. Sebaliknya, universitas dalam negeri kerap kali memberikan pilihan mata kuliah yang kaku sehingga kalian wajib mengikuti dan mengambil mata kuliah yang sudah dirancang oleh universitas. 

Namun dengan banyaknya pilihan, bisa jadi kalian malah merasa kewalahan dan hilang arah dalam memutuskannya. Untuk itu, lakukan riset terhadap program studi dan mata kuliah sebelum memilih. Bicaralah dengan penasihat akademik atau alumni program tersebut untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang diharapkan dari program tersebut.

2. Meningkatkan keterampilan bahasa

Belajar di luar negeri memberikan kesempatan unik untuk memperdalam keterampilan bahasa maupun mempelajari bahasa baru dalam lingkungan yang mendukung dan sangat beragam. Hal ini tidak hanya memperluas perspektif global kalian, tetapi juga memberikan keuntungan dalam dunia kerja yang semakin global di masa depan.

Mempelajari bahasa juga menjadi tantangan, terutama bagi kalian yang memiliki waktu terbatas untuk mempelajari bahasa ataupun memang karena memiliki keterampilan bahasa yang kurang. Namun jangan khawatir, kalian dapat mencoba menggunakan bahasa tersebut sebanyak mungkin dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu gunakan aplikasi dan sumber daya daring yang dapat membantu kalian dalam belajar dan berlatih bahasa baru. Jangan lupa minta bantuan pada teman atau sesama pemelajar bahasa untuk praktik berkomunikasi dengan bahasa yang kalian pelajari.

3. Memperluas jaringan profesional

Melanjutkan kuliah S1 di luar negeri dapat membuka jendela ke peluang networking yang luas. Kalian akan memiliki kesempatan untuk bertemu dengan para profesor dan profesional dari berbagai bidang dan negara. Hal ini dapat memperkuat jaringan profesional kalian dan membuka pintu ke peluang karir internasional. Manfaatkan kegiatan dan organisasi kampus untuk bertemu dengan profesor dan profesional lainnya. Jangan ragu untuk meminta bantuan kepada pusat karir universitas atau staf jurusan kalian untuk informasi terkait yang kalian butuhkan.

4. Lingkungan sosial dan pertemanan

Kuliah S1 di luar negeri memungkinkan kalian berinteraksi dengan berbagai orang dengan budaya dan kebiasaan yang sangat berbeda. Meskipun mungkin sulit untuk menjalin pertemanan awalnya, pengalaman ini akan mengajarkan kalian bagaimana beradaptasi dan berinteraksi dengan orang-orang baru dari latar belakang yang berbeda. 

Hal ini penting untuk dicatat bahwa ketika kalian kembali ke Indonesia kemungkinan pertemanan ini mungkin berubah atau hilang. Namun, hal ini juga merupakan bagian dari pengalaman belajar dan dapat membantu kalian menjadi individu yang lebih mandiri dan adaptif. 

Jika kalian memutuskan untuk kuliah di universitas dalam negeri, peluang memiliki pertemanan yang dekat semakin besar, bahkan kalian bisa menemukan jodoh kalian di kampus. Kalian juga bisa mengembangkan bisnis bersama teman-teman kalian yang memiliki visi yang sama.

5. Pengembangan karir

Pada akhirnya, belajar di luar negeri atau dalam negeri memiliki dampak signifikan pada pengembangan karir kalian. Sementara universitas lokal mungkin memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pasar kerja dalam negeri dan hubungan industri yang kuat, universitas luar negeri mungkin menawarkan perspektif global dan peluang untuk magang atau pengalaman kerja di luar negeri dengan tawaran gaji yang lebih tinggi. 

Beberapa negara juga menyediakan lapangan pekerjaan secara langsung dan luas bagi mahasiswa internasional yang telah lulus dari universitas di negara mereka, seperti Jerman, Australia, dan Jepang. 

 

Baca Juga: 100 Pilihan Kampus Terbaik di Luar Negeri

 

Jadi, Lebih Baik S1 di Luar Negeri atau Dalam Negeri?

Secara gamblang, tidak ada jawaban yang pasti tentang apakah lebih baik mengejar gelar sarjana di luar negeri atau dalam negeri. Keputusan ini sangat bergantung pada tujuan, aspirasi, dan kondisi kalian sebagai individu. Studi di luar negeri menawarkan kesempatan untuk mendapatkan perspektif global, memperluas jaringan profesional, dan mengasah keterampilan bahasa. Di sisi lain, universitas dalam negeri dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang dunia kerja dalam negeri, serta kemungkinan biaya yang lebih rendah dan kenyamanan berada dekat dengan rumah. 

Pada akhirnya, penting untuk melakukan penelitian yang teliti, merenungkan tujuan kalian sendiri, dan membuat keputusan yang paling sesuai dengan kebutuhan dan aspirasi kalian baik untuk masa sekarang maupun masa depan. Apapun pilihan kalian, ingatlah bahwa pengalaman pendidikan kalian adalah apa yang kalian buat darinya, bukan ekspektasi orang lain pada diri kalian.

 

Baca Juga: Tips Hemat Biaya Selama Kuliah di Luar Negeri

 

Bimbingan Menentukan Lebih Baik S1 di Luar Negeri atau Dalam Negeri

Ingin lolos kuliah di luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

lebih baik s1 di luar negeri atau dalam negeri