10 Manfaat Bahasa Asing yang Bikin Kamu Makin Keren

Bahasa Asing, 27 Okt 2022

Di jaman yang semakin modern ini, manfaat bahasa asing makin terasa ya! Menguasai lebih dari 1 bahasa akan membuat kamu memiliki daya jual yang lebih di mata recruiter. Selain itu, kamu akan dengan mudah beradaptasi dan berkomunikasi dengan orang baru yang menguasai bahasa yang sama. Ada 10 manfaat bahasa asing yang wajib kamu tahu. Yuk kita bahas dibawah ini ya!

1. Menambah uang jajan

Dengan menguasai lebih dari 1 bahasa, kalian dapat bekerja secara paruh waktu maupun penuh waktu sebagai penerjemah, penafsir, guru bahasa asing maupun peneliti data loh! 

2. Mudah dalam belajar bahasa lainnya

Jika kamu dapat menguasai 1 bahasa asing, belajar bahasa asingnya akan terasa lebih mudah. Terlebih jika kamu mempelajari bahasa dari keluarga bahasa yang sama. Misalnya bahasa Inggris, Jerman, dan Prancis yang berasal dari keluarga yang sama. Kamu juga bisa belajar bahasa Mandarin, Korea, dan Jepang yang memiliki kemiripan. 

3. Mengambil keputusan dengan lebih rasional

Saat kalian menguasai dua bahasa, otak kalian akan memproses suatu hal dari dua perspektif. Hasilnya, kalian akan memiliki kemampuan untuk berpikir tidak hanya dari 1 sisi saja, tapi dari berbagai sisi yang menghasilkan keputusan yang objektif.

          Baca Juga: Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

4. Kesempatan untuk bekerja atau sekolah di luar negeri

Memiliki kemampuan bahasa negara tertentu akan memudahkan kalian untuk mencari pekerjaan atau beasiswa di negara itu juga. Di negara Jerman dan Jepang, pekerja asingnya wajib memiliki kemampuan minimal bahasa Jerman dan Jepang sebelum masuk ke negara-negara tersebut. Jika kalian sudah memiliki kemampuan ini, maka kalian akan lebih mudah mengambil kesempatan itu.

5. Meningkatkan kepercayaan diri

Jika kalian memiliki skill bahasa yang mumpuni, teman-teman kalian tidak akan menganggap remeh karena menguasai bahasa bukan keahlian yang dapat dimiliki dalam satu malam. Maka, kepercayaan diri kalian akan meningkat karena memiliki skill yang lebih banyak.

kuliah ke luar negeri

6. Meningkatnya kinerja otak

Menguasai bahasa adalah hal yang cukup kompleks. Karenanya, ketika kalian terus melatih otak untuk bekerja dalam menggunakan bahasa yang berbeda, otak kalian akan terbiasa untuk bekerja dengan level yang lebih tinggi.

7. Mengurangi potensi terkena penyakit demensia dan alzheimer

Meningkatnya kinerja otak akan membuat potensi penyakit yang menurunkan kinerja otak seperti demensia dan alzheimer menjadi berkurang. Hal ini sudah terbukti pada banyak penelitian loh!

8. Memperluas potensi karir

Memiliki keahlian yang lebih banyak akan membuat kalian semakin diminati oleh para pencari kandidat loh! Hal ini akan semakin memperluas peluang kalian untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih baik lagi.

          Baca Juga: Tips Memulai Belajar Bahasa Jerman

9. Meningkatkan rasa empati

Ketika kalian belajar bahasa, kalian secara otomatis akan belajar budayanya juga. Hal ini akan membuat sensitivitas sosial kalian akan semakin tinggi dan saling menghargai adanya perbedaan. 

10. Memperkenalkan budaya asli Indonesia ke luar negeri

Jika kalian berada di perantauan, memperkenalkan budaya tanah air dengan bahasa asing akan lebih mudah diterima loh. Hal ini akan meningkatkan ketertarikan masyarakat mancanegara terhadap budaya Indonesia. Secara tidak langsung kalian sudah membantu pariwisata Indonesia karena orang-orang akan lebih berminat untuk datang ke Indonesia.

Ingin Memulai Belajat Bahasa Asing?

Masih ragu  dalam memilih bahasa yang ingin kamu pelajari?     ->     Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters

Ingin mendapatkan kursus bahasa asing untuk persiapan kuliah luar negeri?     ->     Dapatkan program terbaik di Schoters!

kuliah ke luar negeri