4 Tips Menulis Personal Statement GKS agar Menarik Beserta Contohnya

Esai personal statement GKS merupakan salah satu berkas penting dan menjadi penentu apakah kamu akan melanjutkan ke tahapan selanjutnya atau tidak. Kalau kamu masih kesulitan untuk menjabarkan personal statement GKS kamu, yuk, pelajari cara menulisnya berikut ini!

 

Selayang pandang Beasiswa GKS

Global Korea Scholarship atau juga sering dikenal sebagai Korean Government Scholarship Program adalah program bantuan dana penuh dari Pemerintah Korea Selatan untuk para mahasiswa dunia yang ingin menimba ilmu di perguruan tinggi Korea Selatan. Beasiswa GKS juga memberikan bantuan dana kepada 5 jenjang, yakni D3, S1, S3, S3, dan program penelitian.

Manfaat Beasiswa GKS yang bisa kamu terima juga tidak sedikit. Sebagai awardee Beasiswa GKS kamu berhak mendapatkan tunjangan tiket pulang pergi, tunjangan kedatangan, biaya pendidikan, biaya sehari-hari, dana penelitian dan cetak tesis, pelatihan bahasa Korea, serta asuransi kesehatan.

Untuk informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini bisa kamu lihat di artikel Schoters berikut ini. 

 

Baca Juga: Mengenal Personal Statement GKS

 

Cara menulis Personal Statement GKS

Berkas personal statement GKS merupakan esai yang menjelaskan tentang diri kamu dan motivasi kamu untuk memilih Korea Selatan dan beasiswa GKS dibandingkan dengan negara dan program bantuan dana pendidikan lainnya. Beberapa poin dan pertanyaan untuk menulis personal statement GKS antara lain:

1. Jelaskan motivasi kamu

Program Beasiswa GKS bukanlah beasiswa sembarangan. Jadi, mereka ingin benar-benar tahu apakah tujuan dan motivasi kamu dalam mengikuti program ini. Terlebih, Beasiswa GKS juga mencari para calon pemimpin dunia di masa depan. Beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab dalam personal statement GKS adalah:

  1. Kenapa kamu ingin dan butuh untuk belajar ke luar negeri?
  2. Kenapa kamu pantas untuk mendapatkan beasiswa ini?
  3. Kenapa beasiswa GKS harus memilihmu?
  4. Apa tujuan, passion, atau tujuan hidupmu?
  5. Bagaimana beasiswa GKS dapat membantu kamu mencapai tujuan di atas?
  6. Kenapa kamu memilih kuliah di Korea Selatan?
  7. Apa kontribusi yang ingin kamu berikan kepada negara asal atau lingkungan sekitar?

 

Jika kamu sudah bisa menjawab pertanyaan di atas dengan realistis dan strategis, kamu bisa melanjutkan ke bagian kedua.

2. Ceritakan tentang diri dan keluarga kamu

Secara singkat dan jelas, ceritakan tentang latar belakang keluarga dan dirimu sendiri. Tentang apa saja permasalahan yang sering kamu temui di lingkungan sekitarmu, bagaimana keluargamu menginspirasimu, dan lain sebagianya.

Tak lupa, ceritakan juga tentang kelebihan yang kamu miliki. Mulai dari penghargaan, kegiatan sosial, dan pengalaman kerja profesional. Kamu bisa mengatasinya dengan menjelaskan masalah-masalah yang kamu temui dan solusi yang kamu ciptakan. Beberapa penjelasan diatas dapat membantu kredibilitas esai personal statement GKS kamu.

 

Tips menulis Personal Statement GKS

Meski dokumen ini tidaklah lebih dari dua lembar, tetapi menulisnya penuh tantangan dan memerlukan waktu. Untuk itu, simak beberapa tips penulisannya sebagai berikut.

  1. Pahami ketentuan teknisnya (bahasa, jumlah halaman, dan lain-lain);
  2. Fokus dengan poin-poin tertentu, daripada menulis banyak poin, tetapi dangkal;
  3. Buat esaimu unik dan berbeda dari orang lain;
  4. Jangan menambahkan sesuatu yang tidak penting karena kamu hanya punya dua halaman saja.

 

Baca Juga: Nilai dan IPK Kamu Pas-pasan, Tapi Ingin Lolos Beasiswa? Ini Dia Cara Terbaik Untuk Kamu

 

Contoh Personal Statement GKS

Berkas-berkas esai personal statement GKS seperti ini memang bersifat rahasia dan tidak semua awardee beasiswa GKS bisa memberikan contoh esai mereka karena menghindari plagiasi. Tapi, kamu bisa cek salah satu contoh personal statement GKS berikut ini.

 

Rekomendasi bimbingan persiapan Personal Statement dan Beasiswa GKS

Ingin dibimbing untuk mendapatkan personal statement dan beasiswa GKS? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan personal statement dan beasiswa GKS? Cek program terbaik dari Schotersuntuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Personal Statement GKS