11 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Wajib Kamu Tahu

Jurusan Ilmu Komunikasi adalah salah satu jurusan yang populer di banyak universitas di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Jurusan ini mempelajari tentang cara manusia berkomunikasi dalam berbagai bentuk, baik melalui media, teknologi, bahasa, atau budaya. Untuk itulah, terdapat banyak prospek kerja ilmu komunikasi yang dapat kalian pilih. 

Beberapa mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan Ilmu Komunikasi antara lain:

  1. Teori komunikasi

  2. Etika komunikasi

  3. Jurnalisme

  4. Penyiaran

  5. Media sosial 

  6. Riset pasar

  7. Manajemen acara

  8. Hubungan masyarakat

  9. Public speaking

Selain beberapa mata kuliah di atas, mahasiswa jurusan ilmu komunikasi juga diajarkan tentang media baru, periklanan, fotografi, dan produksi video.

Karena Ilmu Komunikasi merupakan disiplin ilmu yang luas, maka mata kuliah yang diajarkan dapat bervariasi di setiap universitas, tergantung pada spesialisasi atau fokus dari masing-masing program studi. Namun, secara umum, jurusan Ilmu Komunikasi memberikan landasan yang kuat bagi mahasiswa untuk berkembang dalam berbagai bidang karir seperti media, periklanan, jurnalisme, manajemen acara, atau hubungan masyarakat.

 

Baca Juga: Raih Beasiswa Kuliah di Turki dengan Jurusan Ilmu Komunikasi

 

Prospek Kerja Ilmu Komunikasi

  1. Jurnalis
    Sebagai jurnalis, lulusan Ilmu Komunikasi akan terlibat dalam penulisan berita, wawancara, investigasi, dan laporan berita. Mereka harus memiliki keterampilan menulis yang kuat, kemampuan riset, serta pengetahuan tentang etika jurnalistik. Mereka bisa bekerja di media cetak, televisi, radio, atau media online.
  2. Manajer Hubungan Masyarakat
    Manajer Hubungan Masyarakat bertanggung jawab dalam menciptakan dan memelihara citra positif sebuah perusahaan atau organisasi di mata publik. Lulusan Ilmu Komunikasi bisa mempelajari tentang strategi komunikasi, manajemen konflik, dan public speaking dalam menjalankan pekerjaannya.
  3. Produser Film/Televisi
    Produser bertanggung jawab atas seluruh proses produksi film atau program televisi. Lulusan Ilmu Komunikasi dengan fokus pada produksi media bisa bekerja sebagai produser, penulis skenario, sutradara, atau koordinator produksi. Mereka harus memiliki kemampuan memimpin, mengelola anggaran, serta kemampuan berpikir kreatif.
  4. Digital Marketer
    Seiring dengan meningkatnya kebutuhan bisnis akan marketing digital, lulusan Ilmu Komunikasi bisa menjadi digital marketer. Mereka harus mempelajari tentang pemasaran online, analisis data, penggunaan media sosial, serta teknologi dalam meningkatkan penjualan.
  5. Manajer Media Sosial
    Manajer media sosial bertanggung jawab dalam membuat dan mengelola konten media sosial perusahaan atau organisasi. Lulusan Ilmu Komunikasi dengan pengetahuan tentang media sosial, strategi komunikasi, dan penulisan konten bisa bekerja sebagai manajer media sosial.
  6. Copywriter
    Copywriter adalah orang yang bertanggung jawab dalam menulis materi promosi atau iklan untuk sebuah produk atau jasa. Lulusan Ilmu Komunikasi dengan kemampuan menulis yang kuat dan pengetahuan tentang strategi promosi bisa bekerja sebagai copywriter di agensi iklan atau perusahaan.
  7. Public Speaking Trainer
    Lulusan Ilmu Komunikasi dengan kemampuan berbicara di depan umum yang kuat bisa menjadi public speaking trainer. Mereka akan membantu orang lain dalam meningkatkan keterampilan berbicara di depan umum.
  8. Penulis Konten
    Penulis konten bertanggung jawab dalam menulis konten web atau blog untuk perusahaan atau organisasi. Lulusan Ilmu Komunikasi dengan kemampuan menulis yang kuat dan pengetahuan tentang SEO bisa bekerja sebagai penulis konten.
  9. Editor
    Editor bertanggung jawab dalam mengedit dan memperbaiki teks agar mudah dimengerti dan menarik bagi pembaca. Lulusan Ilmu Komunikasi dengan kemampuan menulis yang kuat dan pengetahuan tentang struktur narasi bisa bekerja sebagai Editor di media cetak atau online.
  10. Manajer Acara
    Manajer acara bertanggung jawab dalam mengorganisir dan mempromosikan acara untuk suatu perusahaan atau organisasi. Lulusan Ilmu Komunikasi dengan pengetahuan tentang strategi promosi dapat menjadi manajer acara yang handal menggunakan kemampuan komunikasi dan kepemimpinannya.
  11. Content Creator
    Seorang Content Creator bertanggung jawab untuk menciptakan konten-konten kreatif yang dapat menarik perhatian audiens, seperti video, foto, artikel, atau postingan media sosial. Mereka harus mampu menghasilkan konten-konten yang menarik, informatif, dan kreatif agar dapat menarik perhatian audiens dan meningkatkan engagement. Pekerjaan sebagai Content Creator kini semakin banyak diminati seiring dengan perkembangan teknologi dan tren digital yang semakin berkembang.

 

Baca Juga: Syarat dan List Universitas dengan Jurusan Ilmu Komunikasi Terbaik

 

Bimbingan Masuk Universitas Dengan Prospek Kerja Ilmu Komunikasi yang Bagus

Ingin lolos beasiswa luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Banner CTA K2- Schoters (Feb 27, 2023 11:04 AM)