7 Syarat Fisik Kerja di Jepang, Apa Saja?

Jika Hunters ingin kerja di Jepang, kamu tentu perlu mempelajari apa saja syarat fisik kerja di Jepang. Sebab, beberapa lowongan pekerjaan di Jepang mensyaratkan syarat fisik tertentu.

Lantas, bagaimana syarat fisik kerja di Jepang yang harus dipenuhi para pekerja, baik domestik maupun asing? Untuk mengetahui hal tersebut, yuk, simak ulasannya berikut ini! 

Syarat Fisik Kerja di Jepang

1. Tinggi badan

Syarat fisik kerja di Jepang pertama yang harus Hunters penuhi adalah tinggi badan. Untuk pria, diutamakan memiliki tinggi badan minimal 160 cm. Sementara itu, untuk perempuan diutamakan memiliki tinggi badan minimal 155 cm.

2. Kesehatan mata

Syarat fisik kerja di Jepang kedua adalah kesehatan mata. Kesehatan mata sangat penting dalam melamar pekerjaan di Jepang. Pelamar tidak diperkenankan mengalami kebutaan dan buta warna. 

Namun, pelamar masih diperkenankan jika memiliki mata minus. Untuk mata minus tidak diperkenankan lebih dari -5. Sementara itu, untuk mata silinder tidak diperkenankan di atas 2 diopters.

 

Baca Juga: Peluang Kerja di Jepang untuk Orang Indonesia

 

3. Kesehatan gigi

Kesehatan gigi sendiri menjadi salah satu syarat kerja di Jepang. Pelamar tidak diperkenankan menggunakan gigi palsu dan mengalami penyakit mulut yang serius. Apabila pelamar memiliki permasalahan gigi bolong, diwajibkan untuk ditambal atau dicabut.

4. Kesehatan telinga

Untuk syarat kerja di Jepang, pastikan kamu memiliki pendengaran yang normal dan tidak terganggu. Selain itu, pastikan juga kamu tidak melakukan tindik di telinga.

5. Kesehatan kulit

Syarat fisik kerja di Jepang selanjutnya adalah kesehatan kulit. Pastikan kulit tidak bertato dan tidak memiliki penyakit kulit yang serius. Pastikan juga tidak ada bekas luka bakar yang dapat mengganggu sistem motorik di tubuh.

6. Kesehatan organ

Syarat kerja di Jepang selanjutnya adalah kesehatan organ tubuh. Pastikan kamu tidak memiliki disfungsi organ tubuh seperti jantung kronis, gagal ginjal, dan radang sendi yang menyebabkan sulit melakukan pergerakan. 

Selain itu, Hunters juga wajib memiliki postur badan yang tegap, tidak bungkuk, dan tidak memiliki riwayat penyakit tulang seperti patah tulang, skoliosis, dan lain sebagainya.

7. Pengguna narkoba

Pengguna Narkoba sangat dilarang keras melamar kerja di Jepang, sebab pemeriksaan fisik sangatlah ketat di berbagai perusahaan di Jepang. 

Terlebih lagi Jepang memiliki teknologi yang sangat canggih untuk mengetahui seseorang pernah mengkonsumsi narkoba atau tidak.

 

Baca Juga: Peluang Kerja di Jepang untuk Wanita

 

Kesehatan dan Keselamatan kerja di Jepang

Negara Jepang terkenal dengan budaya kerja yang sangat disiplin dan berfokus pada keselamatan kerja. Hal tersebut tercermin dalam berbagai peraturan dan program yang diterapkan pemerintah untuk memastikan kesehatan dan keselamatan para pekerjanya.

Di Jepang, ada undang-undang yang menjelaskan mengenai kesehatan dan keselamatan kerja di semua tempat kerja di Jepang. Peraturan dan Pedoman K3 yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan mengatur bahwa standar K3 yang lebih spesifik untuk industri dan tenaga kerja untuk memberikan panduan praktis mengenai K3 di tempat kerja.

Syarat fisik kerja di Jepang mewajibkan para pekerja di sana untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan secara berkala. Ini diperlukan untuk mendeteksi dan mencegah penyakit akibat kerja. 

Selain itu, pekerja juga diwajibkan untuk mengikuti pelatihan K3 untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya di tempat kerja dan bagaimana cara pencegahannya.

Oleh karena itu, bagi Hunters yang memiliki impian untuk kerja di Jepang, pastikan bahwa syarat fisik kerja di Jepang yang telah kita bahas sebelumnya agar dipahami dengan seksama dan pastikan juga selalu menjaga kesehatan.

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Kerja di Jepang

Ingin kerja di Jepang? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan kerja di Jepang semakin terarah.

Butuh program lain untuk persiapan kerja di luar negeri? Cek program Work Abroad Academy dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.