Tips Kuliah di Turki yang Wajib Kamu Tahu

Kuliah di Luar Negeri, 01 Nov 2022

Turki adalah salah satu negara yang menawarkan banyak beasiswa untuk pelajar internasional baik jenjang S1, S2, maupun S3. Kualitas universitas-universitasnya juga tak kalah baiknya dengan negara maju lainnya. Jika kalian berniat untuk melanjutkan studi ke Turki maupun sedang mempersiapkan keberangkatan, simak tips-tips kuliah di Turki ini agar kamu menjadi lebih siap! 

Selain tips kuliah, di artikel ini kalian juga akan menemukan informasi mengenai biaya hidup di Turki dan memilih tempat tinggal selama di Turki. Jadi, baca hingga akhir ya!

Tips Kuliah di Turki

1. Memilih Cara Pembiayaan Kuliah

Ada dua mekanisme pembiayaan kuliah di Turki, biaya sendiri dan beasiswa.

  • Biaya sendiri

Biaya kuliah di Turki tidak berbeda jauh dengan biaya kuliah di Indonesia. Rentang biayanya sekitar Rp.3.000.000 hingga Rp.15.000.000 per semester. Besaran ini dapat berbeda-beda tiap universitas dan program kuliah ya. Pastikan kalian bertanya melalui email atau mencarinya terlebih dahulu di website kampus yang kalian tuju.

  • Beasiswa

Pemerintah Turki menyediakan Turkiye Burslari, sebuah beasiswa prestisius untuk mahasiswa internasional. Selain beasiswa ini, kampus-kampus juga menyediakan beasiswa yang dapat kalian terima.

2. Melengkapi dokumen pendaftaran kuliah

Beberapa dokumen yang wajib kalian siapkan untuk mendaftar kuliah di Turki adalah:

  1. Ijazah pendidikan tingkat sebelumnya
  2. Transkrip nilai
  3. Paspor
  4. Research proposal (Untuk jenjang S-2 dan S-3)
  5. Sertifikat kecakapan bahasa Inggris (IELTS atau TOEFL) 
  6. Bukti nilai Ujian Nasional

3. Memilih program studi yang sesuai

Di Turki ada banyak pilihan program studi yang berkualitas dan didukung dengan fasilitas yang modern dan terawat. Pastikan kalian telah melakukan riset pada program-program studi yang sesuai dengan keinginan dan kapasitas kalian. Jika perlu, buat perbandingan dengan menggunakan Microsoft Excel agar kalian dapat melihat perbedaannya dengan baik.

Selain itu, pastikan kalian mengetahui syarat-syarat masuk universitas di Turki karena ada beberapa universitas yang mensyaratkan ujian masuk tertentu seperti ujian YOS atau SAT.

4. Berkonsultasi dengan Konsultan yang berpengalaman

Bantuan seorang konsultan akan meringankan beban kamu dalam melakukan ketiga poin yang dijelaskan di atas. Sehingga, memilih konsultan yang berpengalaman merupakan hal yang wajib. Schoters, sebagai konsultan pendidikan telah berhasil mengantarkan ratusan mahasiswa Indonesia untuk melanjutkan kuliah di berbagai universitas terkemuka dunia. Untuk itu, tidak salah jika kalian memercayakan rencana kalian bersekolah di luar negeri ke Schoters.

Biaya Hidup di Turki

Biaya hidup di Turki terbilang murah dan tidak jauh berbeda dengan Indonesia. Namun besarnya juga dapat bervariasi tergantung biaya hidup. Beberapa pengeluaran rutin selama kuliah di Turki adalah:

  1. Makan 1 porsi: TRY 30 (restoran biasa)
  2. Pulsa dan paket internet: TRY 100
  3. Pakaian musim dingin: TRY 200
  4. Transportasi: TRY 275 per bulan
  5. Kopi: TRY 15
  6. Susu 1 liter: TRY 6
  7. Air minum 1,5 liter: TRY 2.30

Sehingga jika ditotal kalian harus mengeluarkan TRY 4000 hingga 5000 per bulan atau dengan kurs sekarang yakni Rp.833 per 1 Lira (TYR) setara dengan Rp. 3.300.000 hingga Rp.4.200.000 per bulan untuk pengeluaran di atas.

              Baca juga: Cari Tahu Biaya Hidup di Turki untuk Mahasiswa

Memilih Tempat Tinggal di Turki

Sebagai pelajar di Turki, kalian memiliki 2 pilihan tempat tinggal: asrama pemerintah (KYK) dan menyewa rumah/apartemen. Berikut bahasan singkat keduanya:

  1. Asrama pemerintah di luar kampus atau dalam kampus
    • Lebih murah
    • Dihuni 2 hingga 4 orang per kamar
    • Biaya sewa sebesar TYR 280 hingga 500 dengan fasilitas lengkap (listrik, laundry, penghangat, internet, dan lemari es)
    • Toilet bersama
    • Ada batasan jam malam
  2. Menyewa rumah/apartemen
    • Terdapat lebih dari 1 kamar (tipe non-studio)
    • Terdapat dapur
    • Terdapat kamar mandi di tiap kamar tidur
    • Tidak ada batasan jam malam
    • Biaya sewa sekitar TYR 1000 hingga 2500 tergantung ukuran dan lokasi
    • Biaya listrik, internet, gas, dan pemeliharaan bangunan diluar biaya sewa

              Baca juga: Jangan Kelewatan! Barang yang Wajib Dibawa Saat Kuliah ke Turki

Konsultasikan Persiapan Kuliah ke Luar Negeri

Berikut negara dengan kuliah gratis untuk mahasiswa internasional yang bisa kamu pertimbangkan. Untuk informasi lebih banyak tentang beasiswa dunia, yuk konsultasi dengan pakar beasiswa di sini.

tips kuliah di turki