Ketahui Strategi dan Tips Lolos Ujian Mandiri PTN Indonesia

Beberapa universitas di Indonesia sudah mulai membuka jalur ujian mandiri untuk para mahasiswa baru di tahun 2023. Jika mengikuti ujian mandiri termasuk salah strategi Hunters untuk tembus universitas tahun ini, yuk kenali lebih dalam tentang ujian mandiri ini dan simak strategi serta tips lolos ujian mandiri PTN Indonesia di tahun ini lewat artikel Schoters di bawah ini!

 

Apa itu Ujian Mandiri?

Seleksi Mandiri adalah salah satu sistem penerimaan mahasiswa baru untuk perguruan tinggi yang diakui pemerintah. Biasanya seleksi mandiri dilakukan setelah pengumuman hasil SBMPTN, namun tak jarang ada beberapa universitas yang telah membuka pendaftaran mahasiswa baru di awal.

Hasil ujian mandiri masuk PTN biasanya gabungan dari nilai hasil UTBK, nilai rapor, sertifikat prestasi selama belajar di SMA atau sertifikat lain yang bisa digunakan untuk menunjang penilaian. Sedangkan biaya ujian mandiri sendiri lebih besar daripada SBMPTN. Begitu pula biaya uang pangkal dan UKT selanjutnya. 

 

Tips Lolos Ujian Mandiri PTN

Secara garis besar, ujian dimana pun pasti membutuhkan kerja keras dengan belajar dan latihan yang rajin. Namun, ada beberapa strategi dan tips lolos ujian mandiri yang bisa Hunters terapkan agar semakin membuka peluang lolos seleksi. Berikut beberapa tips lolos ujian mandiri yang Schoters pilihkan untuk Hunters:

1. Tips lolos ujian mandiri yang utama ialah persiapan dari jauh hari

Jika jurusan yang Hunters pilih mempunyai banyak peminat, contohnya Kedokteran, Hunters harus mempertimbangkan ujian mandiri di awal. Selain itu, Hunters juga harus mempersiapkan dan mencari info dari kampus-kampus pilihan dari jauh-jauh hari.

2. Tips kedua yaitu ikut ujian mandiri lebih dari satu PTN

Jika kondisinya sama seperti poin pertama, maka tips lolos ujian mandiri yang harus Hunters perhatikan adalah tidak hanya berfokus pada satu ujian mandiri saja. Mengingat persaingan yang tinggi dan biayanya yang tidak murah, Hunters harus pintar-pintar menggunakan strategi dan memilih PTN mana yang sepertinya reachable untuk kondisi dan kemampuan Hunters saat ini.

3. Ketiga, berlatih soal secara konsisten

Selain mencari informasi sebanyak mungkin, jangan lupa untuk terus berlatih soal secara konsisten ya, Hunters. Tips lolos ujian mandiri satu ini sangat penting dan tidak dapat ditawar-tawar.

 

Baca Juga: Pahami Perbedaan Ujian Mandiri dan Ujian Reguler Seleksi PTN

 

4. Keempat, kenali pola soal

Sejatinya, pola soal ujian tes mandiri akan sama dari tahun ke tahun. Hanya saja angka dan kata-katanya akan diubah. Jika Hunters sudah terbiasa menggunakan tips lolos ujian mandiri pada nomor 3, maka akan mudah bagi Hunters untuk mengenali tipe soal dan penyelesaiannya.

5. Kelima, ketahui kelebihan dan kekurangan diri

Ketika Hunters sudah mengikuti tips lolos ujian mandiri pada nomor 3 dan 4, maka Hunters akan tahu kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Bagian soal mana yang menjadi kelebihan dan soal apa yang harus ditingkatkan lagi. Tips lolos ujian mandiri akan sangat penting ya Hunters, karena tidak banyak orang tahu tentang pola dan kemampuan diri mereka sendiri.

6. Tips lolos ujian mandiri yang terakhir ialah dengan berdoa dan meminta restu orang tua

Selain beberapa usaha dan tips lolos ujian mandiri di atas, ada satu hal yang tidak bisa Hunters lupakan yaitu, berdoa dan meminta restu orang tua. Meski terlihat remeh, sejatinya kejadian-kejadian di kehidupan kita sangat dipengaruhi oleh banyak hal. Kebanyakan hal tersebut adalah yang tidak bisa kita lihat. Jadi, kuatkan mental dan hati Hunters dengan berdoa dan restu orang tua ya.

 

Baca Juga: Pahami Perbedaan SNBP dan SNBT Seleksi Masuk PTN 2023

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Luar Negeri

Sambil menyiapkan ujian mandiri, kamu bisa membuat plan B dengan kuliah di luar negeri. Ingin dibimbing untuk mendapatkan pilihan beasiswa dan universitas luar negeri? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan beasiswamu lebih terarah. 

Butuh program lain untuk persiapan beasiswa dan masuk universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

tips lolos ujian mandiri