9 Tips Mengirim CV Lewat Email untuk Bekerja dan Beasiswa

Meski terkesan sederhana, mengirim CV lewat email juga ada caranya loh Hunters. Bagi Hunters yang sedang mencari kerja atau mendaftar beasiswa, berikut 10 tips mengirim CV lewat email agar diterima dan tidak masuk spam!

Apa Itu CV

CV adalah kependekan dari Curriculum Vitae. Curriculum Vitae berasal dari bahasa Latin yang berarti perjalanan hidup. CV adalah sebuah dokumen singkat yang berisi ringkasan tentang pengalaman kerja, pendidikan, keterampilan, dan informasi pribadi seseorang yang relevan dengan tujuan mereka dalam mencari pekerjaan.

Selain untuk keperluan melamar pekerjan, CV juga banyak diminta ketika Hunters melakukan proses pendaftaran beasiswa atau universitas.

 

Baca Juga: Perbedaan CV dengan Resume yang Perlu Kamu Ketahui

 

9 Tips Mengirim CV Lewat Email

Dewasa ini, mengirim CV untuk bekerja atau studi ke luar negeri biasanya dikirimkan lewat email. Meski lebih praktis, masih ada resiko pesan Hunters masuk ke spam.

Oleh karena itu, pada bagian ini, Schoters akan memberikan tips mengirim CV lewat email agar CV Hunters tidak masuk ke folder spam. Untuk riniciannya adalah sebagai berikut:

1. Pastikan CV dan berkas lainnya sudah ada

Sebelum mengirim CV lewat email untuk keperluan melamar pekerjaan atau mendaftar beasiswa, pastikan Hunters sebelumnya sudah membuat CV dan menyiapkan berkas-berkas lainnya yang disyaratkan. Beberapa berkas lain yang mungkin diminta, antara lain, seperti surat lamaran kerja, portofolio, dan pas foto.

2. Menggunakan alamat email yang profesional

Akan lebih baik apabila Hunters menggunakan alamat email profesional ketika hendak mengirimkan CV untuk keperluan melamar pekerjaan atau mendaftar beasiswa. Alamat email profesional adalah alamat email yang mengandung nama lengkap Hunters.

3. Gunakan subjek email yang jelas

Tips mengirim CV lewat email yang ketiga adalah memberikan subjek email yang tidak hanya singkat, tetapi juga jelas. Sebagai contoh, Hunters bisa menggunakan format subjek email berikut “Lamaran Beasiswa: Nama Anda – Nama Beasiswa”. Melalui subjek email yang jelas, pesan Hunters bisa lolos dari folder spam. 

4. Perhatikan format dan struktur CV

Tips mengirim CV lewat email selanjutnya adalah pastikan CV Hunters mudah dibaca dan terstruktur dengan baik.  Gunakan format yang umum seperti PDF atau Word. Se;ain itu, pastikan ukuran file CV tidak terlalu besar agar dapat terlampir dengan lancar.

5. Lampirkan CV dan surat lamaran

Tips mengirim CV lewat email selanjutnya adalah dengan melampirkan CV dan Surat Lamaran. Pastikan bahwa lampiran tersebut terbuka dengan baik dan dapat diakses oleh penerima.

6. Tulis kerangka email yang benar

Tips mengirim CV lewat email yang tidak boleh terlewatkan adalah memberikan pesan singkat atau kerangka email yang jelas tentang tujuan Hunters mengirim CV. Sertakan pula informasi kontak dan posisi atau beasiswa apa yang Hunters lamar.

7. Jaga etika email

Pastikan Hunters menggunakan bahasa yang sopan dan etika email yang baik dalam setiap komunikasi. Beri salam pembuka dan penutup yang sesuai, seperti “Hormat saya” atau “Terima kasih dan salam”.

8. Periksa kembali

Setelah melakukan rangkaian tips di atas, ada baiknya Hunters melakukan cross check beberapa kali terhadap email yang akan dikirim untuk meminimalisir kesalahan.

9. Kirim alamat email yang tepat

Tips mengirim CV lewat email yang benar-benar harus diperhatikan adalah alamat email tujuan. Pastikan Hunters mengirim CV ke alamat email yang benar dan relevan, seperti alamat yang tercantum dalam iklan pekerjaan atau email pengurus beasiswa/universitas.

Contoh Kerangka Email Mengirim CV

Bagi Hunters yang masih bingung untuk menuliskan pesan singkat seperti tips mengirim CV lewat email di nomor 4 di atas, berikut salah satu contoh yang bisa Hunters gunakan:

Subject: Lamaran Pekerjaan: Nama Anda – Posisi yang Dilamar

Dear [Nama Penerima] / Dear Hiring Manager,

 

Salam pembuka,

 

Saya menulis email ini untuk melamar posisi [nama posisi] yang sedang dibuka di [nama perusahaan]. Saya melampirkan CV saya sebagai lampiran dalam email ini.

Saya memiliki pengalaman kerja yang relevan dalam [sebutkan bidang/industri] selama [jumlah tahun], di mana saya telah berhasil [sebutkan prestasi atau tanggung jawab yang terkait]. Selain itu, saya memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dalam [sebutkan pendidikan terakhir] dan memiliki keterampilan dalam [sebutkan keterampilan yang relevan].

Saya sangat tertarik untuk bergabung dengan [nama perusahaan] karena [sebutkan alasan tertarik Anda pada perusahaan, misalnya kultur perusahaan, produk atau layanan yang mereka tawarkan, dll.]. Saya yakin bahwa kombinasi pengalaman, pendidikan, dan keterampilan saya akan membuat saya menjadi aset berharga bagi perusahaan.

Saya sangat berharap untuk dapat berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana saya dapat memberikan kontribusi yang signifikan bagi perusahaan. Saya siap untuk menghadiri wawancara atau menyediakan informasi tambahan yang mungkin diperlukan.

Terlampir, Anda akan menemukan CV saya yang terperinci. Jika ada informasi tambahan yang Anda butuhkan, jangan ragu untuk menghubungi saya melalui email ini atau melalui nomor telepon yang tercantum di CV saya.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran saya. Saya sangat berharap untuk mendengar tanggapan positif dari Anda.

 

Hormat saya,

 

[Nama lengkap Anda]

[Alamat email]

[Nomor telepon]

 

Baca Juga: Inilah Cara Melampirkan Pengalaman kerja di CV

 

Rekomendasi Bimbingan Beasiswa dan Tips Mengirim CV Lewat Email

Ingin dapat lebih banyak tips mengirim CV lewat email? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

tips mengirim cv lewat email