Tips Raih Skor GRE Tertinggi, Simak Langkah Jitunya!

Tahukah kamu apa itu GRE? dan apa sih tips raih skor GRE tertinggi?Graduate Records Examination (GRE) merupakan salah satu tes yang harus kamu persiapkan saat hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang pascasarjana luar negeri. Sebagai salah satu syarat wajib dari pihak universitas luar negeri untuk mengukur kecakapan calon mahasiswa yang ingin masuk ke universitas impiannya. Hasilnya yang sudah terakui secara global di hampir semua negara, akan membantu evaluasi mengenai kemampuan yang kamu miliki agar mendapatkan pengakuan dengan lebih mudah.

 

Pengertian dan Penjelasan GRE

Tes ini tidak hanya kamu perlukan saat kamu ingin melanjutkan kuliah ke Amerika Serikat ataupun ke Kanada, karena standarisasinya telah terakui di berbagai negara lainnya seperti Jerman dan Inggris. Maka memiliki sertifikat GRE dengan skor yang baik akan membuat kehidupan di negeri orang menjadi lebih lancar. Tes ini sudah berlangsung selama puluhan tahun dan tetap berjalan sampai sekarang. Namun sekarang, lembaga yang membawahinya bukan lagi CFAT (Carnegie Foundation for the Advancement of Teaching) melainkan di bawah pengawasan administrasi Educational Testing Service atau ETS.

Tujuan utama

GRE bertujuan untuk menguji kualifikasi dari para calon mahasiswa dengan penalaran verbal, penalaran kuantitatif dan penulisan analitis yang memiliki masa berlaku lima tahun. Tes ini sangat menarik karena menawarkan fleksibilitas bagi siswa internasional. Para calon mahasiswa yang mengikuti ujian ini, dapat memilih nilai yang mana saja yang akan dikirimkan ke universitas yang dituju. Sehingga bagi nilai yang kurang boleh mengulang untuk mengikuti ujian lagi sampai mendapatkan skor paling tinggi.

Tes ini juga tidak pilih kasih karena membuka peluang bagi calon peserta dari seluruh dunia. Tanpa memandang latar belakang pendidikan, jenis kelamin, kebangsaan dan budaya. Sehingga sangat disukai kaum muda yang menghargai keragaman. Selain memberikan perlakuan yang sama rata kepada semua orang tes ini juga memberikan perlakuan khusus untuk para penyandang disabilitas dan orang dengan gangguan kesehatan. Hampir 1200 lebih sekolah bisnis di seluruh dunia yang menerima tes ini, sehingga kamu bebas menentukan pilihan terbaik.

Tes mata pelajaran GRE

Setiap peserta yang mengikuti tes ini akan mendapatkan sebuah kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya yang lebih baik dan lebih kompeten dari para pelamar. Baik saat akan mendaftarkan diri ke sebuah universitas bergengsi untuk mengikuti program pascasarjana, maupun di dunia pekerjaan. Kamu juga bisa ikut berpartisipasi di dalam tes subjek apabila kamu merupakan calon mahasiswa sekolah yang ingin mengikuti program pascasarjana. Kamu hanya harus mempunyai gelar sarjana dengan latar belakang yang luas pada beberapa bidang studi yang masuk di dalam tes. Berikut ini adalah mata pelajaran yang termasuk di dalam tes, adalah:

1. Literatur Inggris

2.  Matematika

3.  Fisika

4. Kimia

5. Biologi

6. Psikologi

Salah satu hal yang wajib kamu ketahui adalah bahwa tes mata pelajaran yang ada pada tes ini akan dapat memudahkan kamu untuk lolos di ribuan institusi yang ada di seluruh dunia. Selain itu tes ini juga bisa membantu kamu dalam melengkapi surat rekomendasi maupun catatan sarjana pada saat akan melamar sekolah dengan mengambil program pascasarjana termasuk MBA.

 

Prosedur Mengikuti Tesnya

Meskipun tes ini dapat diulang sesering mungkin sampai mendapatkan skor yang diinginkan. Namun khusus untuk negara Korea, China, Taiwan dan Hongkong hanya diadakan tiga kali tiap bulannya. Kamu dapat mencari informasi lokasi paling dekat dengan tempat tinggalmu terlebih dahulu. Melakukan tes secara online ini cukup baik untuk peserta yang posisinya cukup jauh dari tempat tinggalnya. Namun sayangnya untuk peserta dari Cina daratan dan Iran tidak mendapatkan fasilitas ini.

Berapakah skor GRE yang bagus?

Jika dilihat secara umum, maka skor yang terbilang sebagai skor bagus atau skor rata-rata adalah:

1. Pada tes penalaran kuantitatif maka skor rata-rata adalah sebesar 153,39.

2.  Sedangkan pada tes penalaran verbal skor rata-ratanya adalah 150,37.

3.  Lalu yang terakhir pada tes penulisan analisis skor rata-ratanya adalah 3,58.

Berdasarkan perhitungan yang ada di atas maka skor rata-rata atau skor yang bagus adalah 318 keatas, skor ini sudah sangat bagus bagi peserta yang mendapatkannya. Namun jika kamu hanya mendapatkan skor 292 atau kurang dari itu. Maka kamu harus lebih berusaha lagi pada tes berikutnya. Karena skor tersebut merupakan nilai terendah.

 

Baca Juga: Penjelasan Secara Lengkap Mengenai Tes GRE

 

3 Tips Raih Skor GRE Tertinggi

Setiap sekolah mempunyai standarisasi yang berbeda untuk skor GRE. Namun biasanya berada di kisaran 130 sampai 170 pada setiap bagiannya. Meskipun setiap nilai akan mendapatkan ulasan dengan detail dengan cara yang berbeda. Namun, skor tersebut sangatlah tinggi karena soal yang tersedia cukup sulit. Beberapa trik yang dapat kamu coba pakai adalah sebagai berikut:

1.  Mulai mempraktekan terlebih dahulu

Trik yang pertama adalah mencoba berbagai uji coba GRE test yang ada di wilayah paling dekat dengan tempat tinggal. Agar lebih mudah kamu bisa mengikuti kursus persiapan dan mendapatkan informasi dari tempat kursus tersebut. Setelah mencoba beberapa kali, kamu bisa mempelajari dengan baik. Kira-kira berapa skor yang kamu perlukan di tiap bagian. Sehingga dapat membuat target skor yang ingin kamu dapatkan sesuai persyaratan  untuk diterima di universitas impian.

2. Menyiapkan jadwal belajar dengan baik

Cara yang kedua adalah mengatur waktu belajar seefektif mungkin. Bisa setiap minggu, setiap hari ataupun setiap jam, agar dapat mencapai target yang sudah ditentukan. Biasanya tempat kursus juga menyediakan waktu pelatihan sesuai dengan keinginan peserta. Bisa kursus selama beberapa hari, seminggu atau bahkan setiap hari agar lebih maksimal. Belajar teori kemudian mempraktekkannya secara rutin akan membuat Hunters menjadi semakin piawai.

3. Menguasai soal hitung-hitungan

Menguasai soal hitungan adalah salah satu trik yang paling jitu, seperti menghafalkan rumus aljabar, aritmatika, analisis data dan geometri. Berlatih dengan sungguh-sungguh akan membuat kamu meraih nilai yang cukup memuaskan dan mengurangi waktu yang terbuang untuk mengulang.

 

Baca Juga: Ingin Kuliah di Amerika? Simak Cara Apply Visa Pelajarnya

 

Rekomendasi Bimbingan Tips Raih Skor GRE Tertinggi

Ingin mendapatkan bimbingan tips raih skor GRE tertinggi? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Tips raih skor GRE tertinggi