Mengenal Universitas Columbia Lebih Dekat

Amerika Serikat terus menjadi salah satu negara tujuan utama bagi pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. Tentu saja, hal ini tidak terlepas dari fakta bahwa Amerika Serikat memiliki banyak perguruan tinggi yang menawarkan kualitas pendidikan kelas dunia.

Pada tahun 2023 saja, terdapat 27 perguruan tinggi di Amerika Serikat yang berhasil masuk ke dalam daftar 100 besar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS – salah satunya adalah Universitas Columbia, yang kini menduduki peringkat 22 dalam deretan 100 besar perguruan tinggi terbaik dunia versi QS 2023.

Tertarik bergabung menjadi salah satu mahasiswa di Columbia University? Ingin tahu lebih banyak tentang program studi yang tersedia di Columbia University dan persyaratan mendaftar masuk Universitas Columbia? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga: Intip Informasi Beasiswa LPDP yang Bisa Mengantarkan Kamu ke Universitas Luar Negeri Impian

General Info Tentang Universitas Columbia

Berdiri sejak tahun 1954, Universitas Columbia yang berlokasi di New York ini pertama kali berdiri dengan nama King’s College, sebelum kemudian berubah menjadi Columbia College pada tahun 1784 dan Columbia University pada tahun 1896.

Selama lebih dari 250 tahun, Columbia University kemudian terus berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi terbaik di Amerika Serikat.

Selain dari kualitas pendidikan, universitas yang kini menduduki peringkat 10 terbaik di Amerika Serikat versi QS 2023 ini juga terkenal dengan berbagai kegiatan riset yang berpengaruh di tingkat dunia termasuk di antaranya riset di bidang brain-computer interface, laser, nuclear magnetic resonance dan masih banyak lagi.

Saat ini, Universitas Columbia memiliki 3 (tiga) undergraduate schools, 13 graduate dan professional schools, 1 (satu) pusat kesehatan, 4 (empat) colleges yang terafilasi dengan universitas, 25 perpustakaan dan lebih dari 1000 pusat penelitian dan institusi lainnya.

Tidak hanya itu, Columbia University juga merupakan rumah dari Pulitzer Prize, penghargaan tertinggi yang diberikan di dunia jurnalisme, literatur dan komposisi musik dunia. Tidak heran kalau kemudian Columbia University melahirkan lulusan yang kemudian bergerak menjadi tokoh berpengaruh di bidang masing-masing, termasuk di antaranya 84 pemenang Nobel Prize, 4 (empat) Presiden Amerika Serikat, 90 lebih pemenang Pulitzer Prize dan 46 atlet Olimpiade.

Beberapa nama terkenal yang masuk dalam deretan alumni Columbia University antara lain : pilot wanita Amerika pertama Amelia Earhart, presiden Afrika-Amerika pertama Barack Obama, musisi Alicia Keys dan Art Garfunkel hingga aktor pemenang dan nominator Academy Awards, Casey Affleck dan Jake Gyllenhaal.

Di luar kegiatan akademik, mahasiswa di Universitas Columbia juga memiliki kesempatan untuk mengikuti salah satu dari lebih dari 500 klub dan organisasi kemahasiswaan yang tersedia di universitas.

Salah satu klub mahasiswa yang paling diminati pelajar internasional yang bergabung di Columbia University adalah Multicultural Affairs Advisory Council, yang merupakan kelompok mahasiswa yang dibentuk untuk membantu sesama mahasiswa lain menyelesaikan berbagai permasalahan di kampus sampai menyelenggarakan kegiatan multi kultural lainnya. Klub mahasiswa lain yang juga populer di mata pelajar internasional adalah Columbia Mentoring Initiative, sebuah klub kemahasiswaan yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa tahun pertama di Universitas Columbia untuk mendapatkan bimbingan langsung dari mentor yang merupakan senior atau alumni universitas. Dengan demikian, proses adaptasi mahasiswa baru di lingkungan kampus pun akan lebih mudah.

Tidak hanya klub kemahasiswaan, mahasiswa juga bisa menikmati berbagai tradisi atau festival unik yang diselenggarakan oleh Columbia University, termasuk The Varsity Show, acara yang sudah dilaksanakan oleh universitas sejak tahun 1984.

Acara ini menampilkan banyak penampilan dari artis atau seniman yang datang dari Columbia University. Tradisi unik lain Universitas Columbia yang tak kalah unik dan juga bisa dinikmati oleh seluruh mahasiswa Columbia University adalah acara Tree Lighting, yang dilaksanakan pada awal bulan Desember setiap tahunnya. Saat acara berlangsung, mahasiswa bisa menyaksikan pohon menyala di sepanjang College Walk sambil menikmati donat dan minuman cokelat gratis dari universitas.

Tentu saja, lokasi Columbia University yang berada di tengah pusat kota New York juga merupakan salah satu daya tarik utama bagi pelajar internasional untuk mendaftar di universitas ini.

Kota multikultural yang merupakan pusat seni dan budaya Amerika Serikat ini menawarkan banyak sekali fasilitas yang bisa dinikmati saat melanjutkan studi di New York – mulai dari 100 perpustakaan umum yang tersedia dimana mahasiswa bisa membaca jutaan buku yang tidak tersedia di lokasi lainnya, lebih dari 100 museum yang menampilkan jutaan artefak mulai dari jaman pra-sejarah hingga era modern sampai 180 taman publik yang bisa dikunjungi setiap saat untuk melepas lelah.

Tertarik melanjutkan pendidikan dengan beasiswa masuk Universitas Columbia dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan, beasiswa kuliah di Universitas Columbia yang bisa dicoba, persyaratan dokumen, hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun👇

[Schoters] Form Konsultasi Harvester

Program Studi Yang Ditawarkan Universitas Columbia

Saat ini, Universitas Columbia menawarkan berbagai program studi yang dibuka di seluruh jenjang pendidikan, baik sarjana maupun pasca sarjana. Untuk jenjang sarjana, program studi yang ditawarkan Universitas Columbia tersebar di 3 (tiga) Undergraduate Schools berbeda yaitu :

  1. Columbia College
  2. Fu Foundation School of Engineering and Applied Science
  3. Columbia University School of General Studies.  

Salah satu hal menarik tentang program studi jenjang Sarjana di Columbia University adalah keberadaan Core Curriculum yang wajib diikuti oleh semua mahasiswa tahun pertama di Universitas Columbia. Core Curriculum didesain untuk memberikan pemahaman yang mandalam terkait berbagai disiplin akademik dan pengetahuan praktis terkait. Core Curriculum dilaksanakan dalam bentuk kelas kecil, dengan jumlah mahasiswa maksimal tidak melebihi 24 mahasiswa, sehingga interaksi mahasiswa dan tenaga pengajar menjadi lebih maksimal.

Selain itu, mahasiswa di School of Engineering and Applied Science juga harus mengikuti kurikulum Technical Core yang mencakup beberapa mata kuliah wajib seperti The Art of Engineering, Calculus, Chemistry, Computer Science dan lain sebagainya, setelah menyelesaikan Core Curriculum.  

Beberapa bidang studi jenjang sarjana yang paling populer di Universitas Columbia antara lain :

  1. Social Sciences
  2. Engineering
  3. Biological and Biomedical Sciences
  4. Computer and Information Sciences
  5. Mathematic and Statistics
  6. Film
  7. Psychology
  8. Writing
  9. Pharmacology
  10. History

Untuk program pascasarjana, program studi yang tersedia di Columbia University saat ini tersebar di 13 Graduate dan Professional Schools yang ada di universitas. Yang menarik adalah, meskipun graduate dan professional schools sering kali menawarkan kualifikasi akademik yang sama, graduate dan professional schools di Universitas Columbia memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Secara umum, program studi yang tersedia di Graduate Schools adalah program studi akademik jenjang lanjutan setelah jenjang S1 dan untuk mendapatkan gelar akademik dari graduate schools, mahasiswa biasanya diminta untuk menyelesaikan tesis atau disertasi.

Sementara itu, program studi di Professional Schools lebih diarahkan untuk menyiapkan mahasiswa bekerja di berbagai bidang jasa termasuk kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, bisnis dan hukum. Materi yang diberikan di Professional Schools akan lebih menekankan kepada aplikasi pengetahuan di dunia nyata sehingga untuk lulus dari professional schools, mahasiswa biasanya diminta untuk menyelesaikan internship atau proyek lainnya di bidang studi tersebut.

Beberapa program studi jenjang pascasarjana yang paling populer di Universitas Columbia antara lain :

  1. Business Analytics
  2. Statistics
  3. Public Administration
  4. Computer Science
  5. Computer and Information Science
  6. Law
  7. Medicine
  8. Nursing Science, Education and Practice
  9. Electrical Engineering
  10. Chemistry

Tertarik melanjutkan pendidikan di Universitas Columbia dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Universitas Columbia, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

Persyaratan Masuk Universitas Columbia

Untuk mendaftar masuk ke Universitas Columbia, terdapat beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi sesuai dengan jenjang pendidikan yang dituju.

Persyaratan Masuk Jenjang Sarjana

Untuk mendaftar masuk di jenjang sarjana, beberapa persyaratan umum yang diperlukan antara lain :

  1. Memiliki ijazah SMA atau tes lainnya yang setara seperti International Baccalaureate, Cambridge A Levels dan lain-lain. Seluruh dokumen yang tidak menggunakan bahasa Inggris harus diterjemahkan terlebih dahulu untuk mendaftar ke Columbia University. Untuk calon mahasiswa yang akan mendaftar di School of Engineering, diharapkan mengikuti kelas Fisika (Physics) dan Kalkulus (Calculus) saat duduk di jenjang SMA.
  2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil tes TOEFL iBT dengan skor minimal 105, IELTS dengan skor minimal 7.5 atau DET (Duolingo English Test) dengan skor minimal 135

Persyaratan Masuk Jenjang Pascasarjana

Untuk mendaftar masuk jenjang pascasarjana di Columbia University, beberapa persyaratan umum yang dibutuhkan antara lain :

  1. Sudah lulus jenjang Sarjana
  2. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik yang dibuktikan dengan menunjukkan hasil tes bahasa Inggris seperti TOEFL iBT, IELTS dan lain sebagainya. Skor minimal yang dibutuhkan dapat berbeda-beda, tergantung program studi yang dituju.
  3. Beberapa program studi juga meminta hasil GRE atau GMAT
  4. Beberapa program studi juga meminta calon mahasiswa memiliki pengalaman kerja selama beberapa tahun terlebih dahulu

Baca Juga: Cek 20 Daftar Pertanyaan Beasiswa Wajib dan Cara Menjawabnya

Beasiswa Yang Dapat Dicoba

Kalau kamu tertarik melanjutkan studi di Universitas Columbia, berikut adalah beberapa beasiswa yang bisa kamu coba.

Beasiswa LPDP

Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah program beasiswa fully funded yang dibuka oleh Pemerintah Indonesia kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di jenjang pasca sarjana, baik Master maupun Doktoral, di berbagai universitas di luar negeri, termasuk Columbia University.

Beasiswa LPDP sendiri dibuka setiap tahun, dengan 2 (dua) kali periode pendaftaran sebagai berikut :

  1. Periode 1 yang biasanya dibuka di awal tahun. Pendaftaran untuk periode 1 umumnya dibuka pada bulan Januari, dengan tahapan proses seleksi yang berakhir pada bulan Juni.
  2. Periode 2 yang biasanya dibuka di pertengahan tahun. Pendaftaran untuk periode 2 umumnya dibuka pada bulan Juni, dengan tahapan proses seleksi yang berakhir pada bulan November.

Beasiswa Fulbright

Beasiswa Fulbright adalah program beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Amerika Serikat kepada pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan jenjang pasca sarjana di berbagai universitas yang tersebar di Amerika Serikat. Pendaftaran program beasiswa Fulbright biasanya ditutup pada bulan Februari setiap tahunnya.

Need Based Financial Aid dari Universitas Columbia

Universitas Columbia juga memberikan bantuan kepada mahasiswa internasional di seluruh jenjang pendidikan baik sarjana maupun pascasarjana. Nilai financial aid disesuaikan dengan kebutuhan finansial yang bisa dibuktikan mahasiswa melalui bukti atau catatan keuangan, khususnya pada tahun pertama studi di universitas.

 

Rekomendasi Bimbingan Persiapan Lolos Universitas Columbia

Ingin lolos Universitas Columbia? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat Universitas Columbia? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

[Schoters] Form Konsultasi Harvester