Top 5 Universitas di Sydney! Mana yang Jadi Tujuanmu?

, 12 Des 2022

Sydney sebagai kota terbesar kedua di Australia menjadi rumah bagi banyak universitas kenamaan Australia. Banyak dari universitas di Sydney ini juga menjadi universitas top dunia. Karena alasan-alasan itulah lebih dari 35.000 mahasiswa internasional membanjiri Sydney untuk melanjutkan studi mereka, termasuk mahasiswa dari Indonesia.

Jika kalian memegang visa pelajar, kalian diperbolehkan untuk bekerja maksimal sebanyak 40 jam tiap minggunya. Alasan ini juga menjadi faktor penunjang Sydney menjadi primadona karena kesempatan belajar dan menimba pengalaman yang tersedia dengan baik. Untuk itu, mari kita bahas top 5 universitas di Sydney berdasarkan QS World University Rankings yang mungkin akan menjadi tempat menimba kalian selanjutnya:

The University of Sydney

Menduduki peringkat 41 dunia dan 3 di Australia, The University of Sydney termasyhur akan keunggulannya dalam bidang keilmuan science, agriculture, environment, dan veterinary science. Selain itu mereka juga unggul dalam bidang penelitian, pengalaman mahasiswa, dan graduate employability. 

Rumah bagi 126 program studi jenjang sarjana dan 263 program studi jenjang S2 dan S3, The University of Sydney juga memiliki 200 unit kegiatan mahasiswa yang memberikan warna dan pengalaman berharga sebagai mahasiswa. Secara garis besar, program-program yang ditawarkan oleh kampus ini adalah:

  1. Arts and social sciences

  2. Architecture, design and planning

  3. Business

  4. Economics

  5. Education and social work

  6. Engineering and computer science

  7. Law

  8. Medicine and health

  9. Music

  10. Science

          Baca juga: Ingin Kuliah ke Australia? Cek Tips dan Tricknya Lainnya Disini!

The University of New South Wales (UNSW)

Menyusul The University of Sydney, ada The University of New South Wales yang juga dikenal dalam akronimnya UNSW. Menduduki peringkat 45 dunia dan 4 di Australia, UNSW sudah sangat terkenal akan keunggulannya di bidang-bidang di bawah ini:

  1. Civil & Structural Engineering

  2. Electrical & Electronic Engineering

  3. Mechanical

  4. Aeronautical & Manufacturing Engineering

  5. Accounting & Finance and Statistics

  6. Operational Research 

Berdiri sejak 1949, UNSW hari ini menawarkan 120 program studi pada jenjang S1 dan 128 program studi pada jenjang S2 dan S3. UNSW tak hanya berfokus pada kualitas pendidikan, namun juga memiliki konselor yang unggul dalam memberikan program studi yang berorientasi pada karir masa depan untuk memberikan daya dampak sosial yang baik.

University of Technology Sydney

Salah satu universitas termuda di Australia yang masih berusia 34 tahun (berdiri tahun 1988) ini telah berhasil menduduki peringkat 137 dunia dan 9 di Australia. University of Technology Sydney atau UTS menawarkan 173 program studi pada jenjang S1 dan 117 program studi pada jenjang S2 dan S3. Beberapa program studi yang unggul dari UTS adalah:

  1. Nursing

  2. Art and Design

  3. Sports-related Subjects

  4. Library and Information Management

  5. Law, Accounting and Finance

  6. Business & Management Studies

  7. Communication & Media Studies

  8. Computer Science & Information Technology

  9. Education

Selain itu, UTS berada di peringkat teratas untuk kualitas Library and Information Management di Australia.

Macquarie University

Menjadi salah satu universitas senior di Australia yang didirikan pada 1964, Macquarie University menduduki peringkat 195 dunia dan 14 Australia. Universitas di Sydney ini menawarkan 486 program studi pada jenjang S1 dan 213 program studi di jenjang S2 dan S3. Tiap tahunnya, 10.000 mahasiswa internasional menjadi mahasiswa baru.

Macquarie University terkenal akan keunggulannya di bidang keilmuan berikut:

  1. Arts

  2. Business

  3. Engineering

  4. Health

  5. Human sciences

  6. Medicine and science

Western Sydney University

Yang terakhir pada artikel kali ini adalah Western Sydney University yang menduduki peringkat 501-510 dunia dan 25 Australia. Berdiri sejak 1989, universitas ini menawarkan 449 program studi pada jenjang S1 dan 126 program studi pada jenjang S2 dan S3. 

Western Sydney University baru-baru ini meraih peringkat pertama pada komitmennya kepada program Sustainable Development Goals yang diprakarsai oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa. Beberapa program studi kelas dunianya adalah:

  1. Complementary and Alternative Medicine

  2. Cultural Studies

  3. Ecological Applications

  4. Ecology

  5. Electrical and Electronic Engineering

  6. Evolutionary Biology

  7. Forestry Sciences

          Baca juga: Admission AAS Buka Sebentar Lagi, Cek Informasi Lengkapnya Disini!

Sudah tahu kan apa saja universitas terbaik di Sydney? Sekarang saatnya berkonsultasi pada ahlinya! Segera hubungi Schoters dan segera wujudkan impianmu kuliah di Sydney tahun depan!



Artikel Lainnya