Info Seputar Universitas Duke: Program dan Syarat

Universitas Duke merupakan institusi elit dengan tradisi hanya menerima para siswa yang paling memiliki kualifikasi (hanya sekitar 13% pelamar yang diterima). Proses penerimaan ini mencakup lamaran resmi, rekomendasi, sebuah esai dan penyerahan nilai tes terstandardisasi. Didirikan pada tahun 1838 sebagai Trinity College, namun baru dikenal sebagai Universitas Duke pada tahun 1924 setelah Duke Endowment didirikan.

Sekitar 95% dari seluruh mahasiswa lulus dalam waktu empat tahun setelah mendaftar. Jurusan yang paling diminati di universitas ini yaitu Kebijakan Publik, Ekonomi, Biologi, Teknik Biomedis, dan Psikologi. Olahraga dan seni pertunjukan berkembang pesat di Duke University, yang berkompetisi dalam atletik dan bola basket, serta menyelenggarakan lebih dari 60 acara seni setahun.

 

Program Akademik Universitas Duke

1. Undergraduate

a. Trinity College of Arts & Sciences

b. Pratt School of Engineering

c. Nicholas School of the Environment

d. Stanford School of Public Policy

e. Duke Kunshan University

2. Graduate & Profesional

a. Continuing Studies

b. Divinity School

c. Duke-NUS Medical School

d. Graduate School

e.  Fuqua School of Business

f. Duke Law School

g.  Nicholas School of the Environment

h. Pratt School of Engineering

i. Stanford School of Public Policy

j. School of Medicine

k. School of Nursing

Selain itu, universitas ini juga mengharuskan mahasiswanya untuk tinggal di kampus selama tiga tahun pertama. Lebih dari 75% mahasiswa juga mengejar peluang menjadi sukarelawan, mendukung misi universitas “pengetahuan dalam pelayanan kepada masyarakat”. Alumni yang paling terkenal adalah Richatd Nixon, presiden ke-37 Amerika Serikat. Melinda Gates, yang ikut mendirikan Bill and Melinda Gates Foundation, juga pernah berkuliah di universitas ini. Alumni Duke juga banyak mengepalai perusahaan Fortune 500, termasuk Apple, Cisco Systems, JPMorgan Chase, PepsiCo, dan lainnya.

 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Kuliah di Amerika

 

Syarat Pendaftaran di Universitas Duke

Universitas ini juga memiliki jaringan perpustakaan penelitian swasta yang luas, dengan tiga perpustakaan di kampus baratnya dua di kampus timurnya, sebuah perpustakaan di laboratorium kelautan dan perpustakaan terpisah untuk Bisnis, Keilahian, Hukum, dan Kedokteran. Jika Hunters ingin mendapatkan peluang keberhasilan terbaik, berikut syarat-syarat mendasar penerimaan Universitas Duke:

1.    Selesaikan pendidikan sekolah menengah. Duke merupakan universitas elit, sangat kompetitif, sehingga harus menyelesaikan pendidikan sekolah menengah dengan rekor akademik yang menawan untuk bisa melamar masuk ke Duke. Saat bersekolah, kamu harus memiliki spesialisasi di kurikulum yang luas, kelas-kelas elit, serta memperlengkapi aplikasi dengan aktivitas-aktivitas ekstra kurikuler yang bervariasi.

2.    Ikuti kursus-kursus Advanced Placement atau kelas-kelas unggulan jika memungkinkan. Universitas Duke mencari para siswa yang pernah berada di kelas akselerasi, dan pelajaran-pelajaran selama di kelas-kelas ini mungkin diperhitungkan dalam sistem kredit satuan Duke. Jika kursus-kursus ini tersedia di sekolah menengah kamu, cari tahu apa yang kamu perlukan untuk berpartisipasi dan ikutilah.

3.    Libatkan diri dalam aktivitas-aktivitas ekstra kurikuler. Untuk bisa diterima di Duke, Hunters harus menunjukkan bahwa kamu telah mendapatkan pendidikan menyeluruh yang baik dan terlibat aktif dalam berbagai aktivitas di sekolah. Libatkan diri dalam tim olahraga sekolah, band, klub, atau organisasi lainnya untuk memastikan lamaran kamu menonjol.

4. Pertahankan agar nilai kamu setinggi mungkin (di Amerika, sistem penilaian ini dengan GPA/IPK). Walau GPA merupakan hal terpenting, memberitahu Duke bahwa kamu adalah salah satu murid terbaik di sekolah juga akan membuat kamu terlihat lebih menarik.

5. Ikuti ujian-ujian standardisasi yang diwajibkan. Universitas Duke mengharuskan para siswa mencantumkan skor-skor tes baik dari American College Test (ACT) atau Scholastic Aptitude Test (SAT), jadi daftarkan diri kamu untuk mengikuti salah satu tes ini sedini mungkin. Walau Duke tidak memiliki persyaratan skor minimum untuk penerimaan, para siswa yang diterima biasanya tergolong mereka yang berada di persentase 50 tertinggi.

6. Kirimkan transkrip nilai sekolah menengah ke Duke. Berkoordinasilah dengan konselor pendidikan sekolah Hunters untuk mengirimkan laporan nilai resmi dan transkrip ke Universitas Duke sedini mungkin setelah kelulusan, dan bicarakan tentang kemungkinan mendapatkan transkrip tidak resmi untuk melengkapi lamaran kamu

7. Minta dua rekomendasi dari guru-guru yang mengenal Hunters dengan baik. Universitas Duke memerlukan rekomendasi dari guru-guru yang pernah mengajar kamu dalam dua tahun terakhir.

8. Selesaikan laporan Common Application. Common Application ini merupakan aplikasi standar untuk kolese dan universitas yang digunakan oleh berbagai institusi di Amerika Serikat, termasuk Universitas Duke. Aplikasi ini cukup ringkas, mengharuskan Hunters untuk mengisi informasi mengenai kontak, sekolah-sekolah yang pernah diikuti, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya. Semua material harus diserahkan selambat-lambatnya pada 1 November untuk periode penerimaan awal dan 15 Januari untuk periode penerimaan standar.

9. Isi Duke Student Supplement Form. Formulir ini merupakan bagian paket aplikasi dasar Duke, dan mencakup pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan Universitas Duke secara spesifik, contohnya jika kamu mempunyai kerabat yang pernah lulus dari Universitas Duke atau dipekerjakan di Universitas Duke. Formulir ini juga meliputi pertanyaan-pertanyaan opsional tentang mengapa Universitas Duke cocok dengan Hunters.

10.  Tulis, lakukan revisi, dan serahkan esai-esai untuk aplikasi Hunters. Setiap aplikasi mengharuskan kamu merespon terhadap satu dari lima pertanyaan esai, dengan panjang setidaknya 750 kata, juga sebuah esai yang lebih pendek (sekitar 150 kata).

 

Baca Juga: Lihat 10 Daftar Universitas Terbaik di Amerika

 

Beasiswa Universitas Duke

A. Robertson Scholars Leadership Program

Beasiswa S1 fully funded, dengan kriteria sebagai berikut:

1. Pelamar harus mendaftar masuk sarjana ke Duke dan/atau UNC-Chapel Hill pada tahun yang sama saat mereka mendaftar ke Robertson Scholars Leadership Program.

2. Pelamar harus mendaftar ke sekolah pilihan mereka dengan tenggat waktu Awal atau Reguler masing-masing.

3. Masuk ke Duke dan UNC-Chapel Hill adalah proses yang terpisah. Semua formulir dan korespondensi yang berhubungan dengan penerimaan ke lembaga-lembaga ini harus langsung ke Kantor Penerimaan Sarjana masing-masing.

4. Pelajar internasional memenuhi syarat untuk mendaftar Program Robertson, selama mereka dapat memperoleh Visa untuk belajar di Amerika Serikat.

5. Pelamar pada tahun jeda yang telah diterima di UNC-Chapel Hill atau Duke University tidak boleh mendaftar ke Robertson sampai mereka diterima di institusi masing-masing.

6. Pelamar pindahan tidak memenuhi syarat untuk mendaftar.

Informasi lebih detail dan isi pendaftaran tertera di laman https://robertsonscholars.org/international-students/.

B.    Rotary Peace Fellowship Program

Beasiswa S2 fully funded, dengan kriteria sebagai berikut:

1. Pelamar tidak memenuhi syarat jika seorang anggota Rotary yang aktif, pegawai sebuah Rotary club, Rotary International, atau entitas Rotary lainnya

2. Memiliki gelar sarjana

3. Memiliki setidaknya tiga tahun pengalaman penuh waktu dalam pekerjaan perdamaian atau pembangunan

4. Memiliki komitmen yang kuat terhadap pemahaman dan perdamaian lintas budaya yang ditunjukkan melalui prestasi profesional dan akademik serta pengabdian pribadi atau masyarakat

5. Mahir berbahasa Inggris

6. Nilai akademik yang luar biasa

7. Potensi kepemimpinan

8. Pelamar harus memiliki setidaknya tiga tahun antara penyelesaian program gelar akademik terbaru mereka (gelar sarjana atau pascasarjana) dan tanggal mulai yang dimaksudkan untuk persekutuan

9. Bagi penyandang disabilitas dan dari berbagai latar belakang lainnya untuk mendaftar. Rotary menyediakan akomodasi yang wajar sesuai kebutuhan bagi penyandang disabilitas

Informasi lebih detail dan isi pendaftaran tertera di laman https://rotary.embark.com/apply/2024.

 

Rekomendasi Bimbingan Lolos Beasiswa Universitas Duke

Ingin bimbingan lolos beasiswa Harvard Kennedy School?  Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar kamu lebih tahu informasi selengkapnya bersama Schoters!

Butuh program lain untuk persiapan menembus beasiswa? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Universitas Duke