Mengenal Universitas Keio Lebih Dekat

Salah satu universitas di Jepang yang boleh jadi masuk ke dalam daftar universitas impian kamu adalah Universitas Keio, sebuah universitas swasta Jepang berorientasi riset yang berlokasi di pusat Kota Tokyo. Keio University atau yang biasa dikenal dengan sebutan Keio atau Keidai di kalangan penduduk lokal ini adalah salah satu institusi pendidikan swasta tertua di Jepang.

Pendiri Universitas Keio, Fukuzawa Yukichi yang juga seorang penulis, filsuf dan samurai, mendirikan Universitas Keio untuk pertama kalinya pada tahun 1858 dengan bidang studi Western Studies sebagai fokus utama. Sejak saat itu, Universitas Keio terus berkembang sampai menjadi salah satu dari 10 (sepuluh) besar perguruan tinggi terbaik di Jepang (peringkat 9) sekaligus menduduki peringkat 197 dalam daftar perguruan tinggi terbaik di dunia versi QS 2023.

Informasi umum tentang Universitas Keio

Sebagai universitas swasta tertua di Jepang, Universitas Keio memiliki sejarah panjang sebagai institusi pendidikan tinggi dengan berbagai kontribusi universitas ke dunia pendidikan, riset dan pengobatan di Jepang. Universitas ini memiliki motto yang disebut jitsugaku atau empirical science. Motto tersebut memiliki makna sistem pendidikan di Keio University dilaksanakan menggunakan pendekatan objektif, observasi, dan verifikasi.

Motto ini mendorong Keio University terus berkembang menjadi salah satu universitas berorientasi riset terbaik di Jepang dengan 30 reseach centres dan institusi pendukung akademik lainnya, termasuk rumah sakit universitas. Selain itu, Keio University juga terus melahirkan banyak lulusan terbaik termasuk 3 (tiga) perdana Menteri Jepang, 2 (dua) orang astronot dan peraih penghargaan Nobel di bidang Medical Science.

Universitas Keio memiliki 6 (enam) kampus utama, 12 asrama mahasiswa, beberapa town campuses sekaligus sekolah menengah atas di New York. Selain kampus, Universitas Keio juga menyediakan berbagai fasilitas lainnya seperti lebih dari 400 klub dan komunitas pelajar serta 43 klub dan tim olahraga resmi yang bisa dipilih oleh mahasiswa sesuai dengan minat pribadi masing-masing.

Fasilitas menarik lainnya yang bisa ditemukan di Universitas Keio adalah 3 (tiga) jenis museum, perpustakaan yang memiliki koleksi buku terbesar hingga mencapai 5.26 juta volume buku, hingga Mita Festival, sebuah festival universitas terbesar di Jepang, yang dihadiri oleh sekitar 200.000 pengunjung setiap tahunnya.

Terakhir, setelah lulus dari Universitas Keio, kamu juga bisa terus membangun relasi dengan alumni Keio University lainnya yang tersebar di seluruh penjuru dunia melalui Mita-Kai, asosiasi alumni Universitas Keio yang dibagi berdasarkan tahun, lokasi dan pekerjaan alumni.

Program studi yang ditawarkan Universitas Keio

Saat ini, Universitas Keio membuka berbagai program studi di banyak bidang untuk seluruh jenjang pendidikan yang tersebar di 10 (sepuluh) fakultas jenjang sarjana (undergraduate) dan 14 (empat belas) fakultas jenjang pasca sarjana (graduate). Beberapa bidang studi yang ditawarkan di Universitas Keio antara lain bidang arts and humanities, business and management, engineering, life sciences and medicine, natural sciences dan social sciences.

Pelajar internasional yang berminat melanjutkan pendidikan di Universitas Keio juga tidak perlu khawatir dengan kendala bahasa, karena Universitas Keio juga membuka banyak program studi dan kelas yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama. Paling tidak, terdapat 23 program studi dan lebih dari 940 kelas di seluruh jenjang pendidikan yang dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Inggris.

Tertarik melanjutkan pendidikan di Universitas Keio dan ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan konsultan expert? Schoters bisa bantu kamu mulai dari persiapan memilih jurusan di Universitas Keio, beasiswa yang bisa dicoba, persyaratan dokumen hingga interview. Silahkan klik tombol “Konsultasi Kuliah di Luar Negeri” di bawah ini dan kamu bisa bebas tanya apa pun.

Persyaratan masuk Universitas Keio

Persyaratan masuk yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa di Keio University dapat berbeda-beda, tergantung program studi dan jenjang pendidikan yang dituju di universitas.

1. Persyaratan masuk jenjang Sarjana

Untuk pendaftaran di jenjang sarjana (undergraduate admission), persyaratan masuk dan dokumen pendukung yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung program studi. Meskipun demikian secara umum, mengingat sebagian besar program studi di Keio University dilaksanakan dengan menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa pengantar utama, maka calon mahasiswa harus menunjukkan bukti kemampuan berbahasa Jepang yang baik.

Bagi calon mahasiswa yang ingin mendaftar ke program studi berbahasa Inggris seperti PEARL (Programme in Economics for Alliances, Research and Leadership) dan GIGA (Global Information and Governance Academic), juga diharapkan dapat menunjukkan bukti kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

2. Persyaratan masuk jenjang Pascasarjana

Untuk pendaftaran di jenjang pasca sarjana (graduate admission), persyaratan masuk dan dokumen pendukung yang dibutuhkan berbeda-beda tergantung program studi. Secara umum, persyaratan yang harus dipenuhi untuk masuk ke program studi di jenjang pasca sarjana antara lain:

  1. Lulus dari jenjang pendidikan sebelumnya dengan nilai baik sesuai ketentuan program studi;

  2. Menunjukkan sertifikat kemampuan bahasa Jepang/Inggris sesuai ketentuan program studi.

 

Baca Juga: Kursus Bahasa Jepang Agar Mempermudah Komunikasi

 

Beasiswa yang dapat dicoba

Kalau kamu tertarik mendaftar masuk di Universitas Keio, kamu juga tidak perlu khawatir dengan kendala biaya karena terdapat beberapa program beasiswa yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan jenjang pendidikan di Universitas Keio.

1. Keio University Scholarship

Keio University Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan oleh Keio University. Beasiswa ini ditujukan kepada mahasiswa jenjang S1 di seluruh program studi di Keio University di tahun kedua yang menunjukkan kinerja akademik yang baik, tetapi memiliki kesulitan finansial.

Beasiswa yang bernilai sebesar 500.000 atau 250.000 Yen per tahun ini berlaku selama periode studi 1 (satu) tahun (apabila diperlukan, mahasiswa bisa kembali mendaftar program beasiswa yang sama). Beasiswa ini dibuka pada bulan September – Oktober setiap tahunnya.

2. Yamaoka Kenichi Memorial Scholarship for New Undergraduate Students

Program beasiswa Yamaoka Kenichi Memorial Scholarship for New Undergraduate Students adalah program beasiswa yang diberikan oleh Keio University kepada mahasiswa baru jenjang S1 dari Asia yang baru diterima masuk ke Keio University.

Beasiswa ini bernilai 700.000 yen per tahun untuk mahasiswa yang berasal dari Faculty of Letters, Economics, Law dan Business and Management, dan 900.000 yen per tahun untuk mahasiswa dari fakultas lainnya. Beasiswa ini umumnya dibuka pada bulan April setiap tahunnya.

3. Goldman Sachs Scholars Fund

Sama seperti program beasiswa sebelumnya, program beasiswa Goldman Sachs Scholars Fund adalah program beasiswa yang diberikan oleh Keio University kepada mahasiswa jenjang sarjana dan pasca sarjana yang memiliki hasil akademik bagus, tetapi memiliki kesulitan finansial.

Beasiswa ini berlaku selama 1 (satu) tahun dan bernilai sejumlah 500.000 Yen per tahun (apabila diperlukan, mahasiswa dapat mendaftar di program beasiswa yang sama). Beasiswa ini umumnya dibuka pada bulan April setiap tahunnya.

4. MEXT Top Global University Scholarship

Program beasiswa MEXT Top Global University Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Jepang kepada calon mahasiswa di jenjang sarjana dan pascasarjana yang berminat melanjutkan pendidikan tinggi di berbagai program studi di Keio University. Beasiswa ini mencakup pembebasan biaya kuliah dan uang saku bulanan sebesar 117.000–145.000 Yen.

 

Baca Juga: Kupas Tuntas Beasiswa MEXT

 

5. Japan Student Services Organization (JASSO) Honors Scholarship

Program beasiswa JASSO Honors Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan oleh JASSO untuk mempromosikan pertukaran pendidikan dan persahabatan antara banyak negara, termasuk Indonesia, dengan Jepang. Beasiswa ini diberikan untuk mahasiswa di seluruh jenjang pendidikan yang memiliki prestasi akademi baik, namun memiliki kesulitan finansial. Beasiswa ini memiliki nilai sebesar 48.000 Yen setiap bulan dan umumnya dibuka setiap bulan April setiap tahunnya.

6. Design The Future Award For International Students

Program beasiswa Design The Future Award For International Students adalah program beasiswa yang dibuka oleh Keio University setiap tahunnya untuk mahasiswa yang berminat mengambil program Master, Doktoral atau Professional Degree di Keio University.

Periode pendaftaran, persyaratan masuk dan dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk mendaftar program beasiswa ini dapat berbeda-beda tergantung program studi yang dituju. Beasiswa ini berlaku selama 2 (dua) tahun untuk program studi Master dan 3 (tiga) tahun untuk program studi Doktoral.

Untuk komponen pembiayaan, beasiswa ini termasuk kategori beasiswa fully funded serta mencakup beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pembebasan biaya kuliah secara penuh;
  2. Tunjangan hidup bulanan sebesar 200.000 Yen;
  3. Tunjangan persiapan studi sebesar 150.000 Yen yang diberikan satu kali selama periode studi (termasuk biaya penerbangan).

 

7. Keio University Graduate School Scholarship

Keio University Graduate School Scholarship adalah program beasiswa yang diberikan oleh Keio University kepada mahasiswa jenjang pasca sarjana di seluruh program studi di Keio University yang menunjukkan kinerja akademik yang baik, namun memiliki kesulitan finansial.

Beasiswa yang bernilai sebesar 500.000 Yen per tahun ini berlaku selama periode studi 1 (satu) tahun (apabila diperlukan, mahasiswa bisa kembali mendaftar program beasiswa yang sama). Beasiswa ini dibuka pada bulan September – Oktober setiap tahunnya.

 

Baca Juga: Kenali Jenis Recommendation Letter Untuk Persiapan Beasiswa

 

8. Yamaoka Kenichi Memorial Scholarship for Student In Their Third Year of The Doctoral Program

Program beasiswa Yamaoka Kenichi Memorial Scholarship for Student In Their Third Year of The Doctoral Program adalah program beasiswa yang diberikan oleh Keio University kepada mahasiswa program Doktoral dari Asia yang sudah berada di tahun terakhir program Doktoral dan membutuhkan pembiayaan untuk menyelesaikan studi.

Beasiswa ini bernilai sebesar biaya yang dibutuhkan untuk bimbingan disertasi (dissertation guidance fee), dengan periode beasiswa selama 1 (satu) tahun. Beasiswa ini biasanya dibuka pada bulan April setiap tahunnya.

9. The Kubota Fund

The Kubota Fund adalah program beasiswa yang diberikan oleh Yayasan The Kubota Fund yang dibuka oleh Yutaka Kubota, pendiri dan mantan Chairman perusahaan Nippon Koei Co. Ltd. Beasiswa ini diberikan kepada pendaftar yang berasal dari negara berkembang yang sudah diterima masuk di salah satu institusi pendidikan tinggi di Jepang, termasuk Keio University. Selain itu, penerima beasiswa juga harus terdaftar dalam program studi yang berhubungan dengan engineering development, termasuk di antaranya :

  1. Civil Engineering;
  2. Electrical Engineering;
  3. Mechanical Engineering;
  4. Agriculture;
  5. Environment Engineering;
  6. Energy Engineering;
  7. Architecture;
  8. Development Economics.

 

Beasiswa ini bernilai sebesar 80.000 – 100.000 Yen per bulan dengan periode studi selama 1 (satu) tahun. Apabila diperlukan, mahasiswa dapat mengajukan perpanjangan beasiswa di tahun berikutnya.

Rekomendasi bimbingan lolos Universitas Keio

Ingin lolos masuk ke Universitas Keio? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan menembus Universitas Keio? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

Universitas Keio