Membedah Fakta Menarik Universitas Marmara Turki

Kuliah di Luar Negeri, 10 Nov 2022

Ingin melanjutkan studi di Turki? Hunters mungkin bisa mempertimbangkan Universitas Marmara Turki sebagai salah satu pilihan destinasi studi anda. Universitas yang berlokasi di Istanbul, salah satu kota terbesar di Turki yang juga merupakan pusat perekonomian, sejarah dan kebudayaan di negara tersebut, adalah salah satu universitas tertua di Turki yang sudah berdiri sejak tahun 1883. Kualitas pendidikan yang mumpuni, program studi yang beragam serta berbagai fasilitas menarik pendukung studi lainnya, membuat Universitas Marmara terus menjadi salah satu perguruan tinggi favorit di Turki. Banyak politisi, selebriti serta public figure lainnya yang merupakan jebolan dari Universitas Marmara, termasuk Presiden Turki saat ini, Presiden Recep Tayyip Erdoğan.

Program Studi yang Ditawarkan

Universitas Marmara membuka berbagai pilihan program studi untuk seluruh jenjang pendidikan, termasuk di antaranya 269 program studi di tingkat Sarjana dan 610 program studi di tingkat Pascasarjana. Seluruh program yang tersedia di Universitas Marmara tersebar di berbagai fakultas untuk berbagai bidang studi, antara lain education, science, law, communication, architecture and design, political sciences, technology, dentistry, financial sciences, economics, human and society sciences, engineering, physical education and sports, medicine, pharmacy, fine arts, theology, business administration, health sciences, technical education dan applied sciences.

Sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Turki yang merupakan perguruan tinggi multilingual, Universitas Marmara memiliki beberapa bahasa pengantar utama termasuk di antaranya bahasa Turki, bahasa Inggris (digunakan sebagai bahasa pengantar di beberapa program studi seperti medicine, business administration, translation, sociology, economics, political science, international relations dan beberapa program untuk bidang studi engineering), bahasa Perancis (digunakan sebagai bahasa pengantar di beberapa program studi seperti translation, political science dan public relations) dan bahasa Jerman (digunakan sebagai bahasa pengantar di beberapa program studi seperti translation, business administration dan business informatics). 

Menariknya, Universitas Marmara juga menyediakan program bahasa Turki secara cuma-cuma kepada para pelajar internasional untuk membantu pelajar agar dapat beradaptasi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari di Turki. 

Prosedur Pendaftaran

Prosedur pendaftaran dan dokumen yang diperlukan untuk mendaftar ke Universitas Marmara berbeda-beda tergantung program yang dituju. Meskipun demikian, secara umum, calon mahasiswa program studi jenjang Diploma dan Sarjana yang berminat untuk melanjutkan studi di Universitas Marmara harus mengikuti ujian masuk perguruan tinggi yang diberi nama Marmara University Entrance Examination for Students from Abroad (MÜYÖS). Ujian ini akan menguji kemampuan pelamar dalam hal kemampuan penalaran abstrak, matematika dan geometri dan dilaksanakan dalam bahasa Turki atau Inggris. Pendaftaran untuk mengikuti MÜYÖS umumnya dibuka pada bulan Maret-Mei setiap tahunnya.

             Baca Juga: Berapa sih Biaya Hidup di Turki? Apakah Cukup dengan Beasiswa?

Beasiswa yang Ditawarkan

Untuk membantu pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan studi di Universitas Marmara, terdapat beberapa program beasiswa yang dapat dicoba. Salah satu beasiswa itu adalah Turkiye Scholarships serta Accomodation and Meal Scholarship dari Universitas Marmara. 

 Turkiye Scholarships

Turkiye Scholarship adalah program beasiswa yang khusus diberikan kepada pelajar internasional di berbagai jenjang pendidikan oleh Pemerintah Turki, termasuk Universitas Marmara. Beberapa jenis beasiswa yang diberikan di bawah Turkiye Scholarship ini antara lain:

  • Full Time Undergraduate Scholarship Program

Program beasiswa ini diberikan kepada calon pelajar internasional yang berminat melanjutkan studi di jenjang S1 di Turki di berbagai bidang termasuk engineering, social sciences, health sciences dan basic sciences. Hampir semua program S1 di Turki diterima di bawah program beasiswa ini kecuali program studi diploma dan vocational schools. Pendaftaran dibuka setiap tahunnya pada bulan Januari-Februari melalui Turkish Scholarships Application System (TBBS)

  • Full Time Graduate Scholarship Program

Program beasiswa serupa juga diberikan calon pelajar internasional yang berminat untuk melanjutkan studi di jenjang pascasarjana di berbagai perguruan tinggi di Turki. Hampir semua program pascasarjana di Turki diterima di bawah beasiswa ini, kecuali program studi yang berada di bawah health departments.

Sebagai catatan, jenis perguruan tinggi dan jurusan yang dapat dipilih calon mahasiswa dapat berbeda-beda sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dimiliki. Calon mahasiswa hanya dapat memilih dari universitas dan fakultas yang ditawarkan oleh sistem.

  • Merit Scholarship Program

Program beasiswa ini diberikan kepada pelajar internasional berprestasi yang ingin melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi di Turki. Kategori pelajar internasional berprestasi dalam program beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Pelajar yang memiliki sertifikat bahasa dan kemampuan akademik yang diakui (SAT, GRE, TOEFL, IELTS dll)
  2. Pelajar yang mendapatkan nilai terbaik pada saat ujian nasional di negara asal masing-masing
  3. Pelajar yang menjalankan proyek riset di bawah Scientific Research Projects, TUBITAK atau yang lainnya yang diakui
  4. Pelajar yang pernah menerbitkan jurnal akademik di bawah SCI, SCI-EXP, SSCI dan AHCI
  5. Pelajar yang memiliki hak paten
  6. Pelajar yang memiliki IPK di atas 3.5 (dalam skala 4) di jenjang S1
  7. Pelajar yang diterima sebagai penerima beasiswa Merit Scholarship Program akan menerima uang saku bulanan 2 (dua) kali lebih banyak dibandingkan penerima beasiswa regular.  

Accomodation dan Meal Scholarship

Selain beasiswa dari Pemerintah Turki di atas, Universitas Marmara juga menawarkan beasiswa di luar biaya kuliah termasuk accommodation scholarship yang merupakan kesempatan untuk tinggal di asrama perempuan di kampus bagi 110 pelajar yang memenuhi syarat dan meal scholarship yang merupakan biaya makan yang diberikan kepada 2000 pelajar yang memenuhi syarat setiap harinya.

            Baca Juga: Rekomendasi Beasiswa S2 Turki yang Pas Buat Kamu

Siap Mendaftar Universitas Impianmu?

Masih ragu atau sudah yakin bisa menaklukkan universitas incaran kamu? Konsultasikan keraguan kamu kepada konsultan experts Schoters.

Ingin mendapatkan program bimbingan persiapan kuliah di luar negeri beserta beasiswa yang paling tepat untuk kamu? Dapatkan program terbaik di sini.

universitas marmara turki