Universiti Tun Abdul Razak: Ranking, Jurusan dan Beasiswanya

Sebagai negara kedua dengan sistem pendidikan terbaik di ASEAN, Malaysia menjadi salah satu negara pilihan para mahasiswa dunia untuk bersekolah. Bagi Hunters yang ingin melanjutkan studinya ke negara Jiran ini, Shoters punya universitas rekomendasi nih untuk para Hunteres. Yuk kenali lebih lanjut profil dari Universiti Tun Abdul Razak, Malaysia!

 

Selayang Pandang Universiti Tun Abdul Razak

Dibangun pada 18 Desember 1997, Universiti Tun Abdul Razak merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di Malaysia. Universiti Tun Abdul Razak dibangun dan dimiliki oleh Yayasan Pelaburan Bumiputera yang juga memiliki Permodalan Nasional Berhad (PNB). 

Universiti Tun Abdul Razak dikenal dengan program kuliah dan gelarnya yang dikembangkan bersama kemitraan badan profesional dari seluruh dunia. Oleh karena pengembangan ini, mahasiswa bisa mendapatkan double degree dan akreditasi langsung dari lembaga profesional dari bidang akuntansi, manajemen, perpajakan, perbankan, dan keuangan Islam. 

 

Lembaga yang Bekerja Sama dengan Universiti Tun Abdul Razak

Hingga saat ini Universiti Tun Abdul Razak telah bekerja sama dengan beberapa lembaga Internasional dan dalam negeri. Beberapa diantaranya adalah CPA Australia, Chartered Management Institute of United Kingdom (CMI), Malaysian Association of Tax Accountants (MATA), Chartered Tax Institute of Malaysia (CTIM), Islamic Banking and Finance Institute Malaysia (IBFIM), Malaysian Institute of Insurance (MII), dan lain sebagainya. 

Pada saat ini juga, Universiti Tun Abdul Razak sedang membangun sekolah barunya yaitu “‘Kuala Lumpur’s Premier School of Business, Government & Education”.

 

Ranking dan Jurusan yang Tersedia di Universiti Tun Abdul Razak

Universiti Tun Abdul Razak telah memiliki status MSC dan sertifikasi SIRIM ISO 9001:2000 dan telah memenuhi standar tertinggi untuk pendidikan tersier. Pada tahun 2020, Universiti Tun Abdul Razak menduduki peringkat bintang 5 dalam kategori Universita Berkembang oleh Kementerian Pendidikan Tinggi untuk SETARA 2018/19. 

Pada tahun 2017 juga, Universiti Tun Abdul Razak meraih peringkat 4 untuk MYRA. Juga pada 2015 mendapatkan Penghargaan Utama Kementerian Pendidikan untuk ‘Universitas Swasta Tahun Ini’. 

Universiti Tun Abdul Razak juga menyediakan jenjang pendidikan dasar, D3, S1, Magister dan Doktoral. Sedangkan bidang studi yang ditawarkan di atas mulai dari:

  1. Akuntansi
  2. Seni dan Ilmu Sosial
  3. Bisnis
  4. Commerce 
  5. Pendidikan Anak Usia Dini
  6. Pendidikan 
  7. Bahasa Inggris 
  8. Ekonomi 
  9. Pemerintahan dan Kebijakan Publik 
  10. Kepemimpinan 
  11. Teknologi Informasi 
  12. Manajemen
  13. Filosofi 
  14. Manajemen Olahraga
  15. Sumber Daya Manusia
  16. Perpajakan

Ke-16 bidang studi yang ditawarkan oleh Universiti Tun Abdul Razak dibagi menjadi  fakultas. Mereka adalah:

  1. Centre for Foundation Studies (CFS)
  2. Tun Abdul Razak School of Government (TARSOG)
  3. Bank Rakyat School of Business, Innovation, Technology and Entrepreneurship (BRS BITE)
  4. School of Accounting and Taxation (SAT)
  5. School of Education and Humanities (SEH)
  6. Graduate School of Business UNIRAZAK (GSB)

Untuk informasi lebih lengkapnya, kamu bisa cek rincian bidang studinya dalam link berikut ini. Apakah ada bidang studi impianmu di atas?

 

Baca Juga: Ikuti 8 Tips CV Beasiswa Ini, Agar Lolos Kuliah Luar Negeri

 

Alumni Berpengaruh dari Universiti Tun Abdul Razak

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang dikenal di Malaysia, Universiti Tun Abdul Razak telah mencetak beberapa alumni berpengaruh di Malaysia. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Haris Zainuddin, pelakon dari Malaysia
  2. Illa Sabry, penyanyi wanita
  3. Najwa Latif, penyanyi dan penulis lagu
  4. Norani Ahmad, ahli keuangan Malaysia

Apakah ada nama-nama yang kamu kenal di atas? Apakah kamu ingin menjadi alumni Universiti Tun Abdul Razak selanjutnya? Yuk pahami tata cara pendaftaran di Universiti Tun Abdul Razak untuk mahasiswa internasional di bawah ini. 

 

Pendaftaran Mahasiswa Internasional di Universiti Tun Abdul Razak

Bagi para mahasiswa internasional yang ingin mendaftar di Universiti Tun Abdul Razak sudah menyediakan “International Students Unit” yang siap membantu kamu untuk selama masa pendaftaran dan perkuliahan. Untuk informasi lebih lanjut dengan “International Students Unit” melalui kontak berikut ini:

Rosnihayati Mohd Fadzil

rosnihayati@unirazak.edu.my 

+603 27307213

Sedangkan beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan untuk mendaftar di Universiti Tun Abdul Razak antara lain:

  1. Surat Rekomendasi
  2. Visa Belajar
  3. Bukti pembayaran pendaftaran
  4. Foto
  5. Detail Keluarga
  6. Salinan Paspor
  7. Asuransi Kesehatan
  8. Deklarasi Bantuan Dana Pendidikan
  9. Outline
  10. Rencana Penelitian

Proses pendaftaran Universiti Tun Abdul Razak dilakukan secara online dan kamu diwajibkan untuk membuat akunmu terlebih dahulu melalui link ini. 

 

Baca Juga: Berikut 5 Kesalahan Wawancara Beasiswa yang Harus Kamu Perhatikan!

 

Beasiswa Pelajar Indonesia di Universiti Tun Abdul Razak

Sebagai salah satu perguruan tinggi yang membuka banyak peluang untuk mahasiswa internasional, ada beberapa beasiswa yang disediakan oleh Universiti Tun Abdul Razak untuk pelajar Indonesia. Berikut beberapa beasiswa pelajar Indonesia dari Universiti Tun Abdul Razak:

1. CIMB ASEAN Scholarship

Beasiswa ini disediakan untuk para mahasiswa yang berasal dari kawasan ASEAN, salah satunya Indonesia, yang berkuliah di Universiti Tun Abdul Razak. Beasiswa ini menyediakan program pengembangan diri secara karakter dan panduan karir profesional. Beberapa persyaratan dasar dari beasiswa ini adalah:

  1. Maksimal berusia 24 tahun.

  2. Pelajar dari kawasan ASEAN, salah satunya Indonesia.

  3. Sudah diterima atau sedang menjalani studi Sarjana di Universiti Tun Abdul Razak

  4. Memiliki prestasi akademik yang baik dan dapat dibuktikan.

  5. Tidak sedang menerima beasiswa dari pemerintah atau lembaga lainnya.

Cukup sederhana kan persyaratannya. 

2. UNIRAZAK Postgraduate Research Scholarships

Universiti Tun Abdul Razak sedang mencari para calon peneliti yang memenuhi syarat untuk mengejar gelar Master of Science atau Doctor of Philosophy di Sekolah Pascasarjana Bisnis, Universiti Tun Abdul Razak (UNIRAZAK). Beasiswa penelitian pascasarjana ini didanai oleh Pemerintah Malaysia melalui Fundamental Research Grant Scheme (FRGS) dan Exploratory Research Grant Scheme (ERGS). 

 

Baca Juga: Yuk Intip Tips Membuat Motivation Letter Beasiswa Luar Negeri

 

Setiap penerima beasiswa akan menjadi Asisten Peneliti untuk tingkat studi Pascasarjana untuk menjadi Penyelidik Utama dari salah satu proyek penelitian berikut: 

  1. Inovasi layanan.

  2. Rantai pasokan halal.

  3. Pengembangan jaringan sosial.

  4. Manajemen keberlanjutan.

  5. Indikator ekonomi dan sosial.

  6. Tenaga kerja emosional.

  7. Komersialisasi jasa.

  8. Kewirausahaan lintas generasi. 

Sedangkan penerima beasiswa ini diwajibkan untuk menjadi pengawas penelitian oleh Sekolah Pascasarjana Bisnis hingga akhir program beasiswa. Siswa penuh waktu diharapkan mencurahkan setengah dari 40 jam seminggu mereka untuk proyek penelitian yang ditugaskan dan setengah lainnya untuk mengejar penyelesaian gelar mereka, dan mengajar atau melaksanakan tugas administrasi yang sesuai. 

Semua mahasiswa Pascasarjana akan diminta untuk menghadiri serangkaian kursus terkait penelitian. Seorang siswa penuh waktu diharapkan untuk menyelesaikan studinya dalam jangka waktu minimal 1 tahun untuk mahasiswa Master of Science atau 2 tahun untuk Doctor of Philosophy. 

Sedangkan untuk manfaat beasiswa yang bisa kamu dapatkan adalah biaya kuliah sejumlah RM 16,200 untuk Master of Science atau RM 24,240 untuk Doctor of Philosophy. Selain itu, kamu bisa mendapatkan gaji selama kamu bekerja sebagai Asisten Penelitian.

 

Sudah terbayang bagaimana serunya kuliah di Universiti Tun Abdul Razak? Yuk persiapkan mimpi dan rencana studi  mu dengan konsultasi gratis bersama SchotersSee you!

 

Universiti Tun Abdul Razak