Biaya Kedokteran Jalur Mandiri dan Alternatif Beasiswa

Jurusan Kedokteran merupakan jurusan yang banyak diminati oleh para calon mahasiswa. Meskipun terbilang Jurusan Kedokteran mencakup biaya kuliah yang mahal, tetapi hal tersebut tidak mengurangi peminatnya. Banyak universitas di dalam dan luar negeri yang memiliki Jurusan Kedokteran. Berikut lima perguruan tinggi (PTN) dalam negeri terbaik jurusan Kedokteran beserta info biaya kedokteran jalur mandiri.

Biaya Kedokteran jalur mandiri di 5 PTN Indonesia

1. Biaya kedokteran jalur mandiri di Universitas Indonesia (UI)

S1 Reguler di Universitas Indonesia Fakultas Kedokteran akan dikenakan biaya sesuai kemampuan penanggung biaya. Sistem ini dikenal dengan Biaya Operasional Pendidikan Berkeadilan (BOP-B) dan BOP Pilihan (BOP-P). Biaya yang dikenakan tergantung kelas BOP-B dan BOP-P. Mulai dari BOP-B kelas 1 sebesar Rp 500.000 hingga BOP-B kelas 6 Rp 6.000.000 – Rp 7.000.000. Sedangkan BOP-P kelas 1 sebesar Rp 10.000.000 hingga BOP-P kelas 5 Rp 20.000.000.

2. Biaya kedokteran jalur mandiri di Universitas Diponegoro (UNDIP)

Jalur mandiri di UNDIP terdiri dari Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). Jalur mandiri fakultas Kedokteran UNDIP terdiri dari 8 golongan UKT per semester dan 2 golongan SPI. SPI Golongan 1 sebesar Rp200.000.000 dan SPI Golongan 2 Rp250.000.000. Sedangkan UKT golongan 1 sebesar Rp1.000.000 hingga UKT golongan 8 Rp22.000.000.

3. Biaya kedokteran jalur mandiri di Universitas Airlangga (UNAIR)

Jalur mandiri reguler di UNAIR mengenakan biaya kuliah yang terdiri dari Uang Kuliah Semester (UKS) dan Uang Kuliah Awal (UKA). Uang Kuliah Semester dikenakan biaya sebesar Rp15.000.000 per semester. Sedangkan Uang Kuliah Awal minimal Rp99.000.000.

4. Biaya kedokteran jalur mandiri di Universitas Sebelas Maret (UNS)

Jalur mandiri di UNS terdiri atas Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester dan Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI). UKT per semester dibagi menjadi 8 golongan dan SPI terbagi menjadi 4 golongan. Mulai dari UKT golongan 1 sebesar Rp 475.000 hingga UKT golongan 8 sebesar Rp21.815.000. Sedangkan SPI golongan 1 sebesar Rp25.000.000 hingga SPI golongan 4 sebesar >Rp100.000.000.

5. Biaya kedokteran jalur mandiri di Universitas Gadjah Mada (UGM)

Perlu Hunters ketahui bahwa tidak ada biaya Kedokteran jalur mandiri di UGM. Sebab, UGM tidak memungut uang pangkal bagi mahasiswa yang lulus seleksi mandiri. Biaya kuliah jalur mandiri per semester di UGM terbagi menjadi 8 golongan yaitu UKT 1 sebesar Rp500.000 hingga UKT 8 sebesar Rp26.000.000.

 

Baca Juga: Simak Berbagai Jalur Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang Harus Kamu Tahu!

 

Fakultas Kedokteran terbaik di universitas luar negeri

Selain lima PTN favorit di Indonesia, terdapat alternatif universitas top di luar negeri yang memiliki fakultas Kedokteran, lho Hunters! Di antaranya ialah:

1. Harvard University

Harvard University merupakan Universitas terbaik yang ada di dunia. Universitas ini memiliki fakultas Kedokteran yang dikenal dengan Harvard Medical School.

2. University of Oxford

University of Oxford menawarkan program studi Kedokteran dimulai dari sarjana hingga magister. Pelatihan kedokteran di Universitas ini memakan waktu sekitar 6 (enam) tahun, dimana 3 (tiga) tahun pertama mendapatkan gelar BA ilmu medis sebelum akhirnya mendapatkan gelar sarjana kedokteran.

3. University of Cambridge

University Cambridge merupakan universitas terbaik di Inggris dan Eropa. Program Kedokteran di universitas ini pada tahun 2018 menduduki peringkat ke tiga. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan Kedokteran yaitu 6 (enam) tahun.

 

Beasiswa untuk Studi Kedokteran 

1. LPDP Dokter Spesialis dan Subspesialis

Program beasiswa Dokter Spesialis dan Subspesialis merupakan program beasiswa kerja sama antara LPDP dengan Kementerian Kesehatan yang dimaksudkan mendukung ketersediaan sumber daya manusia Dokter Spesialis dan Subspesialis dalam rangka pemenuhan dan pemerataan pelayanan spesialistik di Indonesia.

Program beasiswa ini diperuntukkan bagi warga negara Indonesia yang berprofesi aktif sebagai Dokter PNS atau non-PNS yang memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku.

2. Chevening Scholarship

Chevening bisa menjadi pilihan menarik. Beasiswa yang didanai pemerintah Inggris untuk kandidat internasional berprestasi, calon-calon pemimpin masa depan, orang-orang berpengaruh, dan lainnya. Beasiswa ini meliputi biaya kuliah di universitas Inggris, tunjangan hidup bulanan, biaya perjalanan pulang-pergi dari/ke Inggris, tunjangan kedatangan, tunjangan saat pulang, biaya tesis, biaya bahan studi, biaya visa, serta dana perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris.

3. Medical School John Hopkins University Scholarship

Beasiswa ini bisa kamu daftarkan saat telah mendaftar di John Hopkins University. Fakultas Kedokteran John Hopkins didirikan pada tahun 1893, dengan pencapaian yang diakui dunia (seperti pengembangan dialysis ginjal, pengembangan pengobatan biologis pertama, dan lainnya).

Sebagai salah satu kedokteran terbaik, JHU mengoperasikan 6 (enam) rumah sakit akademik dan komunitas. Lalu empat pusat perawatan  kesehatan dan bedah di pinggiran kota, serta 39 lokasi rawat jalan perawatan primer dan khusus.

 

Baca Juga: Kupas Tuntas Serba-Serbi Surat Rekomendasi Untuk Mendaftar Beasiswa Luar Negeri

 

Rekomendasi bimbingan persiapan lolos universitas luar negeri

Ingin lolos universitas luar negeri? Yuk, konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

biaya kedokteran jalur mandiri