Panduan Menulis dan Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate

Schoters ucapkan selamat bagi para Hunters yang sudah lulus kuliah tahun ini ya. Selanjutnya, waktunya Hunters untuk mempersiapkan diri di dunia kerja atau melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Berikut Schoters berikan panduan menulis dan tips membuat CV untuk fresh graduates yang ingin bekerja atau melanjutkan studinya!

 

Kenapa Fresh Graduates Butuh CV?

Sebagai seorang lulusan baru yang ingin masuk ke dunia kerja atau melanjutkan studinya, Hunters harus bersaing dengan banyak macam orang dengan pengalaman yang mungkin lebih banyak dari Hunters sendiri. Oleh karena itu, Hunters membutuhkan CV sebagai sarana untuk:

1. Menunjukkan kualifikasi

Melalui CV, Hunters bisa menyorot pencapaian akademik, gelar, sertifikasi, penghargaan dan kursus yang relevan yang akan menaikkan kualifikasi di mata recruiter.

2. Keterampilan dan kemampuan

Meskipun lulusan baru mungkin tidak memiliki pengalaman kerja yang luas, CV dapat menampilkan keterampilan Hunters, seperti komunikasi, kerja tim, pemecahan masalah, kepemimpinan, dan keterampilan teknis yang diperoleh melalui magang, pekerjaan paruh waktu, kegiatan relawan, atau kegiatan ekstrakurikuler.

3. Pembeda dengan pelamar lain

CV yang disusun dengan baik dapat membantu Hunters membedakan diri dari kandidat lain dengan kekuatan, prestasi, dan minat unik Hunters.

 

Bagian Apa yang Harus Ditulis di CV untuk Fresh Graduates?

Meski beberapa lulusan baru belum punya banyak pengalaman bekerja di bidang profesional ada beberapa bagian dan tips membuat CV untuk fresh graduates, berikut penjelasannya:

1. Informasi pribadi: Sertakan nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email yang dapat dihubungi.

2. Objective statement: Ringkasan singkat tentang tujuan karir. Jelaskan secara jelas dan singkat tentang apa yang diharapkan dari pekerjaan dan bagaimana Hunters berencana untuk berkontribusi dalam perusahaan tersebut.

3. Pendidikan: Daftar pendidikan formal Hunters di universitas. Jenjang SMA, SMP dan SD tidak perlu dituliskan.

4. Pengalaman kerja: Meskipun pengalaman kerja mungkin terbatas, sertakan informasi tentang magang, pekerjaan paruh waktu, atau pengalaman kerja lainnya yang relevan dengan posisi yang dilamar.

5. Keterampilan: Sebutkan keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar, baik itu keterampilan teknis maupun soft skills.

6. Kegiatan ekstrakurikuler: Sebutkan aktivitas dan tanggung jawab yang Hunters emban.

7. Penghargaan dan sertifikasi: Cantumkan penghargaan akademik atau sertifikasi yang relevan untuk menunjukkan pencapaian Anda yang luar biasa.

8. Referensi: Di bagian akhir CV, Hunters dapat menyebutkan bahwa referensi tersedia jika diminta. Namun, pastikan Hunters  telah meminta izin dari orang-orang yang akan Anda jadikan referensi sebelum mencantumkannya dalam CV ya.

Setelah mengetahui bagian apa saja yang harus ditulis dalam CV. Berikut beberapa panduan dan tips membuat CV untuk fresh graduates agar resume Hunters semakin bagus. 

 

Baca Juga: Tertarik Daftar Beasiswa? Ikuti Panduan Bikin CVnya!

 

Tips Membuat CV untuk Fresh Graduates

Selain beberapa bagian yang harus ada di atas, Hunters juga harus memperhatikan penulisan agar CV mudah dibaca oleh HRD atau recruiter perusahaan. Berikut tips membuat CV untuk fresh graduates.

1. Atur CV secara terstruktur

Pastikan CV Hunters memiliki tata letak yang rapi dan terorganisir dengan baik, ya. Gunakan paragraf singkat, poin-poin, dan judul yang jelas untuk setiap bagian. 

2. Sesuaikan dengan posisi yang dilamar

Selalu kustomisasi CV Hunters untuk setiap pekerjaan yang Hunters lamar. Tinjau persyaratan pekerjaan dan sorot kualifikasi, keterampilan, dan pengalaman yang relevan. Sesuaikan penekanan dan urutan informasi agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. Perhatikan tata bahasa dan ejaan

Pastikan CV Hunters bebas dari kesalahan tata bahasa, ejaan, dan tanda baca. Periksa dan perbaiki dengan cermat setiap detail untuk memastikan kesan yang profesional dan terorganisir.

 

Contoh CV untuk Fresh Graduates

Selain panduan penulisan dan tips membuat CV untuk fresh graduates di atas, Hunters bisa akses contoh-contohnya pada link berikut ini

 

Baca Juga: Tips Wawancara Beasiswa, Jika Ingin Melanjutkan Studi S2

 

Rekomendasi Bimbingan Panduan Menulis dan Tips Membuat CV untuk Fresh Graduate

Ingin dapat lebih banyak tips membuat cv untuk fresh graduate? Yuk konsultasi dengan konsultan expert Schoters agar persiapan daftar universitasmu lebih terarah.

Butuh program lain untuk persiapan dapat universitas luar negeri? Cek program terbaik dari Schoters untuk bimbingan persiapanmu, dijamin terlengkap.

tips membuat cv untuk fresh graduate